Friday, June 21, 2013

Perempuan dan Musik

Kenapa judulnya perempuan dan musik? Yang pasti karena saya memang perempuan, tapi bukan hanya itu saja alasannya. Ada 3 (tiga) hal dalam diri perempuan yang tidak dialami oleh laki-laki, yaitu : menstruasi, kehamilan dan menyusui. Lantas apa hubungannya 3 hal tersebut dengan musik? Musik memiliki peran penting ketika perempuan mengalami 3 (tiga) hal tersebut, terutama dalam menyikapi emosi (mood) yang dipengaruhi oleh hormon reproduksi (Estrogen dan Progestoren). Dalam artikel ini saya akan menjelaskan hubungan antara mentruasi, kehamilan dan menyusui dengan musik yang asyik.

Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh perempuan yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Pada umumnya, perempuan akan mengalami menstruasi setiap bulan. Yang menjadi masalah dalam menstruasi adalah PMS (Premenstrual syndrome atau masa sebelum menstruasi). PMS adalah kumpulan gejala fisik, psikologis, dan emosi yang terkait dengan siklus menstruasi perempuan.



Ketika saya PMS, biasanya saya cenderung lebih peka terhadap sesuatu ataupun memiliki emosi yang berlebihan (lebih sensitif). Masalah kecil bisa menjadi masalah besar ketika saya PMS. PMS menyebabkan saya kesulitan mengontrol emosi. Pastinya saya akan lebih sering cemberut dibandingkan tersenyum, hehe. PMS umumnya terjadi 1 (satu) minggu menjelang menstruasi. Sebagai antisipasi supaya saya menyadari bahwa saya PMS adalah dengan mencatat jadwal menstruasi di notes handphone. Ketika PMS datang, saya melakukan berbagai hal untuk menanggulanginya. Karena saya juga tidak mau orang yang tidak bersalah terkena dampak emosi berlebihan PMS.

Ada 2 (dua) hal yang sering saya lakukan untuk menanggulangi PMS, yaitu banyak minum air putih untuk mengurangi nyeri atau kram di perut dan mendengarkan musik untuk menstabilkan emosi. Musik memiliki peran penting dalam pengendalian emosi saya selama PMS. Musik menjadikan saya lebih tenang dan berusaha memahami kesensitifan saya.  Setidaknya dengan musik, saya bisa fokus melakukan aktifitas dan berusaha untuk lebih berhati-hati agar tidak menyikapi dengan emosi.  Saya suka sekali mendengarkan musik yang nge-beat untuk memompa semangat dan menetralkan emosi selama PMS. Musik yang menjadikan saya lupa dengan PMS. Lady Gaga - just dance selalu sukses membuat saya melewati PMS dengan baik. Berkat Musik, saya tidak lagi melewati PMS dengan cemberut.
 Kehamilan merupakan hal yang paling membahagiakan dalam hidup seorang perempuan. Banyak hal yang harus dilalui seorang perempuan bahkan tidak sedikit pengorbanannya selama hamil. Selama 9 (sembilan) bulan mengandung bayi dalam rahimnya. Saya pun merasakan perjuangan yang luar biasa selama kehamilan. Untungnya saya tidak mengalami morning sickness sehingga tetap dapat melakukan aktifitas seperti biasa. Ketika hamil, saya memiliki kebiasaan mendengarkan musik sebelum tidur. Dari beberapa artikel yang saya baca, jika ibu mendengarkan musik, maka janin dalam kandungan juga ikut mendengarkan. Dengan mendengarkan musik sebelum tidur, saya lebih cepat tertidur (umumnya wanita mengalami kesulitan tidur ketika hamil karena pengaruh hormon).

Musik klasik memiliki pengaruh positif untuk pertumbuhan janin dalam kandungan ibu. Musik jenis ini dapat merangsang janin sejak dalam kandungan. Jika jenis rangsangan dari musik klasik ini diberikan secara terus menerus dapat memacu kecerdasan janin. Musik klasik dapat merangsang kecerdasan dari otak kanan yang berhubungan dengan kreativitas, bahasa, seni sosialisasi dan kepribadian. Selain itu musik klasik juga merangsang sistem pendengaran yang bersifat baik bagi janin.

Selain untuk merangsang pertumbuhan janin, musik juga membuat saya menjadi lebih rileks dan tidak mudah tersulut emosi. Lagi-lagi hormon jugalah yang mempengaruhi wanita ketika hamil. Kalau mendengarkan musik klasik, tidak ada respon dari janin. Berbeda sekali ketika saya mendengarkan musik dangdut, janin meresponnya dengan tendangan halus. Sepertinya dia memiliki kesukaan tersendiri dengan musik ini. Di usia 17 bulan, anakku suka sekali berjoged ketika mendengarkan musik dangdut. Apa mungkin hal ini karena mendengarkan musik dangdut selama dia di kandungan? Entahlah. Yang pasti dengan musik masalah yang timbul karena hormon selama kehamilan dapat ditanggulangi dengan baik.

Menyusui adalah proses pemberian susu kepada bayi atau anak kecil dengan air susu ibu (ASI) dari payudara ibu. Bayi menggunakan refleks menghisap untuk mendapatkan dan menelan susu. Mulai dari bulan ketiga kehamilan, tubuh wanita memproduksi hormon yang menstimulasi munculnya ASI dalam sistem payudara. Sekali lagi hormon yang mempengaruhi wanita. Salah satu hormon yang sangat berpengaruh adalah hormon oksitosin. Hormon Oksitosin adalah hormon yang mengencangkan otot halus dalam rahim pada saat melahirkan dan setelahnya, seperti halnya juga dalam orgasme. Setelah melahirkan, oksitosin juga mengencangkan otot halus di sekitar alveoli untuk memeras ASI menuju saluran susu. Oksitosin berperan dalam proses turunnya susu let-down / milk ejection reflex
Refleks turunnya susu ini penting dalam menjaga kestabilan produksi ASI, tetapi dapat terhalangi apabila ibu mengalami stres. Oleh karena itu sebaiknya ibu tidak mengalami stress. Kalau sudah stress ketika menyusui, saya lebih memilih mendengarkan musik slow rock.  Saya suka sekali mendengarkan lagu Bon jovi-this ain't love song. Berkat lagu ini setidaknya saya berhasil ASIX (ASI Ekslusif selama 6 bulan).
Saya mendengarkan Lady Gaga yang nge-beat supaya bersemangat selama PMS. Musik klasik menjadi pilhan selama masa kehamilan meski sesekali tersisipi musik dangdut. Di saat menyusui, saya lebih memilih mendengarkan musik slow rock (It's my favorite music). Intinya sentuhan musik membuat diri saya bisa mengontrol emosi (mood) dan lebih rileks saat melewati masa menstruasi, kehamilan dan menyusui.
Sumber :
  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Menstruasi#Siklus_menstruasi
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Sindrom_pramenstruasi
  3. http://tipsibuhamil.com/tips-sehat-ibu-hamil/manfaat-musik-klasik-untuk-ibu-hamil
  4. http://id.wikipedia.org/wiki/Menyusui

19 comments:

  1. Replies
    1. yang keren apanya nih, Mak? hihi

      makasih kunjungannya, Mak

      Delete
  2. memang kalo lagi dapet atau ada kinerja hormonal, perempuan lebih sensitif, mending denger musik2 klasik atau relaksasi gitu biar tenang dan bawaannya enak. selamat buat kontesnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Mas.

      Ga harus klasik, yang penting bisa membuat emosi stabil ^^

      Makasih kunjungan & supportnya ^^

      Delete
  3. Perempuan dan musik memang klop ya, Mak. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul betul betul, Bun ^^

      Makasih kunjungannya, Bun

      Delete
  4. Replies
    1. Hadeh *tepok jidat* haha

      Iku maksute bersantai pake rok, Mbak. Hehe

      Delete
  5. sik sik musik saya juga suka musik hehe

    keren udah setor..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Musik emang bisa mencairkan hati, jadilah musik dicintai semua orang. Bukan begitu bukan? Hehe

      Kebetulan lagi dapet ide,hehe. Aku pikir dah banyak yang setor, Mak.

      Makasih kunjungannya, Mak ^^

      Delete
    2. Musik memang disukai semua orang. Apapun jenisnya, minumnya teh *eh

      Lagi dapet ide ini, Mak

      Makasih kunjungannya ^^

      Delete
  6. saya juga senang banget dengar musik. kalau lagi masak atau enggak bisa tidur dengar lagu mellow langsung lelap


    salam
    www.liza-fathia.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak.
      Musik memang asik :b

      Makasih kunjungannya, Mbak ^^

      Delete
  7. Kalau aku mah segala situasi pokoknya Bonjovi wkwkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, si Emak satu aliran ma suamiku nih.

      Aku aja dicekokin ma beliau, makanya jadi makin suka OM Bon Jovi. hehe

      Delete
  8. aku juga kalau PMS sukanya denger musik, biasanya jadi pengalih perhatian dan rilex aja gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, PMS yang penting santai kaya di pantai, say :P

      Delete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...