Friday, November 2, 2012

Jemur Bayi Setelah Pukul 8 Pagi, Cukup Beresiko

Arfan dijemur-doc pribadi

Tadi pagi ketika saya membaca artikel ini ditabloid femme edisi 08 - Th IV, saya jadi ingin menuliskannya diblog ini. Saya pikir ini sangat bermanfaat untuk para ibu.

Awalnya saya berpikir bahwa matahari pagi sampai jam 10 itu baik untuk bayi, tapi nyatanya untuk bayi bagusnya sampai jam 8 pagi. Jadi, asumsi saya selama ini salah. Sebenarnya pihak RS tempat saya bersalin sudah menginformasikan hal tersebut, tapi ya saya terlalu sok tau. hehe. Supaya ibu-ibu tidak salah asumsi seperti saya, berikut adalah artikelnya :




Kebiasaan orang tua menjemur bayi di bawah sinar matahari di pagi hari sepertinya mulai ditinggalkan ibu-ibu muda. Padahal menjemur bayi selama 5-15 menit tiap hari menghindarkan bayi dari penyakit kulit kuning dan mengaktifkan vitamin D yang membuat tulang bayi lebih kuat. Namun dianjurkan menjemur bayi sebelum pukul 8 pagi, karena setelah itu sinar matahari kurang baik bagi kulit bayi dan bisa menyebabkan kulit bayi terbakar. 

Bagaimana cara tepat menjemur bayi, dan bolehkah bayi dijemur tiap pagi? 

Tradisi menjemur bayi di pagi hari rupanya sangat bermanfaat bagi bayi. Menurut Dr. Cynthia Rindang SpA, (dokter anak di RS Puri Indah Kembangan, Jakarta Barat) bahwa menjemur bayi di pagi hari di Indonesia masih direkomendasikan karena dapat mengurangi penyakit kuning pada bayi yang baru dilahirkan.  Selain itu, menjemur bayi di pagi hari juga bermanfaat mengaktivasi vitamin D yang terdapat pada kulit bayi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sel tulang bayi sehingga makin kuat.

Hal senada juga dikatakan dr. Margareta Komalasari SpA (dokter anak di RSPP), sinar matahari pagi membantu penyerapan vitamin D sehingga kalsium yang dibutuhkan tulang terserap lebih optimal. Selain itu juga bisa mencegah penyakit kuning pada bayi. "Sinar matahari juga dapat mengurangi bilirubin atau jaundice dimana bilirubin larut saat terkena sinar matahari dan keluar melalui buang air seni atau kotoran bayi yang membuat bayi terbebas dari penyakit kuning", jelas dr.Margareta.

Cara Menjemur
Menurut dr. Margareta menjemur bayi harus melihat kondisi cuaca. Jangan menjemur bayi saat cuaca berangin, karena dapat membuat bayi kedinginan. "Jemur bayi membelakangi arah datangnya sinar matahari, hindari kontak mata bayi dengan sinar matahari langsung", tegasnya.  Bukan hanya itu, sebaiknya bayi dijemur sebelum dimandikan. "Kalau sudah dimandikan baru dijemur, bayi akan kembali berkeringat dan ini membuat bayi tidak nyaman sehingga rewel", tambahnya lagi.
Lebih lanjut dr.Cynthia mengatakan, ada baiknya pakaian bayi dibuka dan hanya menggunakan popok saja saat bayi dijemur agar seluruh kulit bayi terpapar sinar matahari. "Menjemur bayi ini nggak harus di luar rumah. Tapi bukan cahaya matahari yang dipantulkan atau melewati kaca/jendela karena kurang baik bagi bayi", tutur dr.Cynthia.

Waktu Menjemur
Pada prinsipnya bayi sudah boleh dijemur sejak bayi baru lahir.  Menurut dr.Margareta SpA, waktu yang tepat menjemur bayi adalah sebelum pukul 8 pagi. "Setelah pukul 8, sinar matahari sudah mulai terik ditakutkan dapat membahayakan kulit badan bayi seperti kulit terbakar", jelas dr. Margaretha. Ciri bayi kulitnya terbakar ditunjukkan dengan kulit berwarna merah, menimbulkan perih, nyeri, dan juga gatal pada kulit bayi.
Sementara itu lamanya waktu menjemur dikatakan cukup 5 sampai 15 menit per hari meski ada pula yang merekomendasikan hingga 30 menit seminggu (5 menit sehari). "Bayi yang kulitnya lebih putih memerlukan waktu menjemur lebih lama dari bayi berkulit lebih gelap. Tapi jika 5 menit kulit bayi memerah maka waktu berjemur bisa diakhiri," jelas dr. Cynthia.

Tips
Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan saat menjemur bayi:
  • Buka pakaian bayi agar seluruh kulit bayi terpapar matahari pagi
  • Jemur bayi di tempat yang tidak terlalu terbuka (di luar) yang  banyak angin.
  • Jangan menjemur bayi setelah pukul 8 pagi.
  • Jemur bayi 5-15 menit. Bagi bayi yang berusia lebih dari tiga bulan bisa dijemur 10 menit bagian punggung dan 10 menit bagian depan, tapi halangi agar mata bayi tidak terkena sinar matahari langsung
  • Berikan ASI pasca bayi dijemur.

Moral of this artikel :
  1. Ternyata menjemur bayi sebelum pukul 8 pagi itu sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kuning. Selain itu, sinar matahari juga dapat membantu pertumbuhan tulang bayi.
  2. Happy sunbathing kids... 

Sumber : Tabloid Femme Edisi 08 - Th IV, penulis Kiki Yuli Arindah


18 comments:

  1. Sip dah, terimakasih infonya Mak Novi.. ^^ sekali nyebur ke blog ini,, eh jadi ngendon deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah,,senangnya ada yang betah ngubek2 blog saya..hehe

      sama2 Mak..Smoga bermanfaat ya ^^

      Delete
  2. tapi kenapa ya para bule-bule malah jemuran sore hari bukannya pagi hari
    saya perhatikan begitu menjelang sore selalau saja mereka mulai jemuran

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena cepat terbakar kulitnya, jadinya proses penghitaman lebih cepat.

      Kan mereka sangat mengidamkan kulit gelap, Mbak.
      Lucu juga ya, yang gelap mau putih, yang putih mau gelap, hehe.

      Delete
    2. alhamdulillah bu, setelah dijemur anak saya gemuk, Pas berkeringat, mik susunya jadi lahap sekali

      Jadi bonyok pula Bapaknya gak bisa beli rokok..:D

      Delete
    3. yah, itu sih derita si bapak, hehe.

      gapapalah, Pak. merokok itu kan tidak bagus untuk kesehatan. Anak sehat, bapaknya juga sehat kan ;)

      Delete
  3. jaman anakku masih bayi, aku jarang jemur bayi mak :p sesekali aja soalnya di depan rumah ga kena matahari, padahal bermanfaat bgt ya mak.. alhamdulillaah anakku sehat meskipun jarang di jemur waktu bayi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mak. Arfan juga ga terlalu sering di jemur karena musim hujan pas lahirnya, hehe.

      Iya, yang penting sehat, Mak ^^

      Delete
  4. Baru tahu neh ilmu baru... Makasih dan salam dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
  5. betul tuh mak mending jemur bayi jangan sampai lebih dari jam 8... jam 8 sekarang uda kyk jam 10 waktu dulu hiks :( semakin panas

    ReplyDelete
  6. ada yang sampe gosong juga y bun, kyknya jadwal sunbathing nya terlalu siang

    ReplyDelete
  7. Uaaaah bobok dulu besok pagi pagi bangun mau jemur a

    ReplyDelete
  8. Knp mata bayi ga boleh kena sinar matahari pagi bun?

    ReplyDelete
  9. Ehm baru tahu. Padahal kemarin kemarin jemurnya setelah jam 8 dan matahari tembus kaca

    ReplyDelete
  10. Halo semuanya

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua yang sebenarnya, semua orang yang Anda lihat posting mereka di blog dan situs web ini adalah pencuri (PENCURI), saya telah menjadi korban cerita mereka dan mereka telah menghancurkan hidupku.
    Saya di sini bukan untuk bercerita tentang bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak uang karena mereka.

    Saya di sini untuk memberitahu Anda PERUSAHAAN PINJAMAN yang benar dan satu-satunya yang dikirim ALLAH untuk mengubah hidup saya, mereka SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL, mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli yang diakui dan didanai oleh BANK DUNIA.

    Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli, mereka memiliki syarat dan ketentuan pinjaman yang cukup besar, untuk memahkotai semua pinjaman mereka terjangkau dan cepat dicairkan tidak seperti perusahaan palsu lain yang Anda lihat di sini secara online yang akan mengambil uang Anda tanpa mencairkan pinjaman Anda,
    Tolong jangan tertipu oleh penguji yang memiliki nomor indonesia dan whatsapp, mereka semua scammer, bagaimana bisa perusahaan perseorangan memberikan pinjaman ?, itu pertanyaan pertamamu orang-orangku.

    Rekan-rekan saya di Asia, saya mohon Anda untuk mendengarkan saya karena saya bersumpah kepada Anda dalam nama Allah, bahwa saya mengatakan kepada Anda semua yang sebenarnya, PINJAMAN HIBAH SEMUA GLOBAL, perusahaan adalah satu-satunya perusahaan yang dapat diandalkan dan mereka akan memastikan Anda menerima pinjaman Anda setelah Anda menyelesaikan proses pinjaman sesuai kebutuhan.
    Mengapa Anda tidak berada di antara kabar baik ini dengan menghubungi mereka segera jika Anda SANGAT TERTARIK untuk meninggalkan perjuangan finansial Anda dan untuk meningkatkan taraf hidup Anda, berikut adalah EMAIL mereka allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda sangat bebas untuk menghubungi saya di email saya fradesyriritia12@gmail.com untuk informasi lebih lanjut, saya akan senang mendengar Anda berbagi cerita kebahagiaan Anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL karena telah memberikan saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL EMAIL Perusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com. Whatsapp Perusahaan: +1 (301) 971-4445 Email Saya: fradesyriritia12@gmail.com

    ReplyDelete
  11. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete
  12. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya Yeyes Ristintares tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini agar semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar mendukung saya melalui kebaikan Ibu Ny. Helen Wilson. Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan lebih dari 32 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar beberapa biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Helen Wilson, pemberi pinjaman di perusahaan, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Helen, jadi saya memanggil keberanian dan menghubungi Ibu Helen.

    Saya mengajukan pinjaman 900 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dibuat pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa Allah akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga ALLAH memberkati Ny. Helen Wilson untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ny. Helen melalui email: (helenwilson719@gmail.com) untuk Anda pinjaman

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini. Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Allah akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya Yeyes Ristintares, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: yristintares@gmail.com

    ReplyDelete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...