Friday, January 3, 2014

Lanjut kuliah S1 di Universitas Terbuka (UT)/ Alih Kredit

Baca DISCLAIMER dulu sebelum lanjut baca keseluruhan :
  1. Saya bukan karyawan UT, saya ALUMNI UT Jurusan Akuntansi (Tahun kelulusan Januari 2014)
  2. Saya jadi mahasiswi UT sejak SEPTEMBER 2010 (kuliah di UT melewati fase pacaran, menikah 2011, memiliki anak di tahun 2012 dan 2014) 
  3. TULISAN ini dibuat berdasarkan PENGALAMAN PRIBADI 
  4. Sangat disarankan memBACA KESELURUHAN ARTIKEL ataupun KOMENTAR
  5. Jangan lupa DOWNLOAD KATALOG UT di WEBSITE UT Kalau sudah paham, mari mulai dibaca.

Mau lanjut kuliah S1 di UT dari D3 lain atau transfer dari Perguruan Tinggi (PT) lain?
Jawabnya "Bisa".

Meski proses pengajuan pembebasan mata kuliah yang ditempuh tidak langsung ketika mendaftar. Tapi kalian tetap bisa melanjutkan kuliah S1 ataupun meneruskan pindahan dari PT lain kok, caranya dengan mengajukan permohonan alih kredit. Di UT itu diibaratkan, semua mahasiswa yang registrasi pertama adalah mahasiswa baru yang benar-benar baru (dalam artian tidak ada mahasiswa ekstensi ataupun pindahan). Sehingga semester awal, statusnya sama-sama anak baru, yg membedakan adalah mata kuliah yang akan diambil. Kalau mahasiswa alih kredit bisa langsung registrasi mata kuliah lanjutan, contohnya mahasiswa alih kredit jurusan akuntansi bisa langsung meregistrasi mata kuliah Akuntansi Keuangan Lanjutan 1-AKL 1- (meski sudah ditempuh ketika D3 tapi mata kuliah ini belum dibebaskan di UT, jadi wajib ditempuh). Kalau mahasiswa baru selain alih kredit boleh saja meregistrasi AKL 1 tapi bisa bingung karena belum tahu dasarnya alias harus meregistrasi pengantar akuntansi dulu.

Permohonan alih kredit dapat dilakukan bila pemohon sudah menjadi mahasiswa UT. Permohonan ditujukan kepada Dekan Fakultas yang bersangkutan melalui Kepala BAAPM. Formulir alih kredit dapat diperoleh di UT Pusat c.q. Subbag. Pelayanan Mahasiswa (Subbag Pelma), atau UPBJJ-UT setempat, atau memfotokopi lampiran yang tercantum pada katalog UT. 

Dalam artikel pendaftaran di UT kemarin, saya menyarankan mahasiswa baru selain alih kredit mengambil SIPAS semi atau SIPAS non TTM agar mata kuliah yang akan diregistrasi lebih terarah alias tidak acak. Karena mahasiswa baru UT periode sebelumnya, seringkali mengambilnya acak, sehingga ketika tuton bingung dengan mata kuliah yang diambil karena belum mengambil mata kuliah pengantar.

Alih kredit di UT adalah proses pengajuan mata kuliah yang dibebaskan untuk ditempuh. Sehingga kita hanya menempuh mata kuliah yang tersisa dari alih kredit. Untuk mengajukan alih kredit persiapkan waktu yg cukup. Karena kita juga harus meluang waktu ke PT lama dan menunggu jawaban alih kredit dari UT.

Sebagai catatan, alih kredit di UT hanya membebaskan mata kuliahnya saja tapi tidak mengakui nilai ujiannya. Sehingga semua nilai mata kuliah yang dibebaskan tidak akan terlihat dalam transkrip nilai nantinya. Dalam transkrip nilai sementara yang pernah saya ajukan, nilai mata kuliah yang dibebaskan hanya berisi tanda (*) bintang saja.

Alih kredit di UT tidak hanya diperuntukkan untuk lulusan D3 ataupun pindahan, alih kredit juga bisa dilakukan oleh mahasiswa UT, seperti pindah jurusan. Formulir pengajuannya pastilah berbeda dan mungkin lebih cepat dibandingkan PT lain karena tidak perlu bolak balik ke PT lama.

Apa saja yang perlu disiapkan untuk alih kredit?

  1. Formulir alih kredit (lampiran 17 untuk permohonan alih kredit alumni UT, lampiran 18 untuk permohonan alih kredit pindah program studi/UT ke UT dan lampiran 19 untuk permohonan alih kredit dari perguruan tinggi lain)
  2. Daftar mata kuliah yang diajukan untuk dialihkreditkan dari PT lain (lampiran 21) atau Daftar mata kuliah yang diajukan untuk dialihkreditkan oleh mahasiswa dari UT ke UT (lampiran 20)
  3. Formulir deskripsi mata kuliah yang telah diisi serta ditandatangani (tandatangan oleh Dekan/Direktur/Ketua atau Pejabat setingkat yang berwenang di PT asal) dan distempel di tiap lembarnya. (lampiran 22)
  4. Fotokopi transkrip nilai yang telah dilegalisasi
  5. Daftar nilai hasil ujian negara (bila berasal dari PT swasta) dan dilegalisasi
  6. Surat keterangan konversi nilai yang sudah diubah ke sistem SKS dan nilai berupa huruf/abjad (bila nilai dalam sistem paket dan angka)
  7. Fotokopi kartu mahasiswa UT
  8. SK pengangkatan menjadi guru untuk yang masuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Berapa waktu yang dibutuhkan untuk alih kredit?
Kurang lebih 3 bulan, termasuk mengurus legalisir ijazah dan deskripsi mata kuliah di PT lama. Waktu saya mengajukan proses alih kredit. Surat saya kirimkan ke UT Pusat melalui Pos. Surat diterima oleh pihak UT tanggal 4 Februari 2011. Selesai diteliti oleh UT tanggal 24 Februari 2011 dan ditandatangani tanggal 16 Maret 2011.

Ketika saya mengajukan permohonan alih kredit, saya hanya melengkapai persyaratan nomor 1,2,3,4 dan 7 karena berasal dari PTN (Perguruan Tinggi Negeri). Kalau sekiranya formulir dalam lampiran tidak cukup ditulis tangan, bisa dibuat sendiri dengan menggunakan microsoft excel. Ketika saya mengajukan alih kredit, saya memang membuat sendiri lampiran 19, lampiran 21 dan lampiran 22 (jika berminat, bisa email ke noviaavmav@gmail.com). Khusus lampiran 22 dibuat oleh PT lama saya, saya hanya memberikan formatnya. Ohya, waktu mengajukan permohonan deskripsi mata kuliah, saya juga membuat surat permohonan ke PTN asal sebagai surat pengantar dilengkapi dengan ijazah dan transkrip nilai.

Deskripsi Mata Kuliah
Dekripsi mata kuliah dari kampus lama saya
Jika semua persyaratan sudah lengkap, barulah dikirim ke UT Pusat (alamatnya seperti yang terlampir dalam formulir permohonan pengajuan alih kredit).
Contoh :
Yth Dekan Fakultas Ekonomi
Melalui Kepala BAAPM Unlversitas Terbuka
u/p Kepala Bagian Administrasi Kelulusan BAAPM
JI. Cabe Raya Pondok Cabe, Telp. 7490941, Pes. 1340,1339, Faks. 021-7490 158
Pamulang – Tangerang - 15418

Berapa sks mata kuliah yang dibebaskan untuk ditempuh setelah proses alih kredit?
Dari sekian banyak mata kuliah yang saya ajukan, 92 sks dibebaskan untuk tidak menempuh mata kuliah. Sedangkan mata kuliah yang harus ditempuh untuk jurusan akuntansi S1 adalah 145 sks. Ini juga tergantung dari pihak UT ya.

Mata kuliah yang dibebaskan / alih kredit UT
Mata kuliah yang dibebaskan yang terdapat di surat persetujuan alih kredit saya
Berapa biaya untuk alih kredit di UT?
Alih kredit dikenakan biaya sebesar Rp. 350.000,00 (itu waktu saya mengajukan alih kredit). Kemarin memang ada yang info ke saya, biaya alih kredit masih sama. Tapi saya sudah baca di katalog dan tidak tercantum biayanya alias gratis. Untuk lebih jelasnya bisa tanya ke UPBJJ setempat.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di Katalog UT-Peraturan Akademik-Alih Kredit

Sumber : Katalog UT 2013 Edisi 2 Non pendas

Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf, saya jarang membuka kolom komentar. Untuk permintaan contoh formulir, bisa langsung melalui email saya di (Fastrespon)
noviaavmav@gmail.com

Info tambahan dari Mas *do stupid thing* / Anton Saputra didapat dari BKD PemProv DKI
"Kode bintang  (*) untuk lulusan alih kredit dari universitas lain sudah pasti diakui karena kode bintang hanya diberikan oleh universitas yg baru jika benar-benar lulus verifikasi dari UT. Yg menentukan lulus CPNS/PNS adalah IPK, UMUR, program studi yang diminta serta akreditasi program studi".

yang mau download contoh formulir ataupun surat permohonan alih kredit ke PTN asal, bisa download di Google Drive ataupun 4Shared Lampiran 20 - formulir alih kredit , lampiran 22-23 - deskripsi mata kuliah, dan surat permohonan ke PTN asal

277 comments:

  1. ini berarti UT mengerti dan memahami kebutuhan mahasiswa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ass. Mba saya telah mengajukan alih kredit ke bagian baapm tanggerang dari bulan januari . terus menghubungi bagian pelma dengan kirim email. Tapi sampai saat ini belum ada jawaban. Apakah mba novi punya kontal person dekan atau bagian admin baapm tanggerang. Deni mhs ut nim 021207287. Fkip kimia. No hp 087772375984 . terima kasih

      Delete
    2. Alamat emaik saya denih026@gmail.com

      Delete
  2. Wah jadi pengen nyambil d UT nih kalo gitu....

    Komentar ke http://j-samudra.blogspot.com/ juga y..
    Nanti saya sering2 mampir kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan saja ^^

      Terima kasih kunjungannya.

      Delete
    2. Mbak Novia, terima kasih penjelasannya hal alih kredit. Kalau lulusan D3 Akuntansi PTN melanjut ke Akuntansi S1 UT, apakah punya Tabel Mata Kuliah yg dapat ditransfer? Sy pernah hub ke UT, yang diberikan adalah Tabel lulusan D3 Manajemen dan STAN. Terima kasih. Lestari.

      Delete
    3. Bisa minta tolong email tabel lulusan d3 manajemen dan STAN nya ke aroshinbi109@gmail.com mb? Terima kasih sebelumnya..:)

      Delete
    4. sudah saya email ya, mas/mbak Aro

      Delete
    5. Mbak, tolong diemail ke alamat saya lestari2014aja@gmail.com . Terima kasih

      Delete
    6. mbak saya mau juga doong tabelnya.. bisa dikirim juga ke santisaanti@gmail.com? makasih mba :)

      Delete
    7. sudah dikirim ya emailnya, Mbak Santi

      Delete
    8. mbak, saya lulusan d3 akuntansi dari ptn juga, saya mau juga dong tabel mata kuliah yang bisa ditransfer emailnya di rebekkajoentax@yahoo.com.. thanks

      Delete
    9. mbak, saya lulusan d3 akuntansi dari ptn juga, saya mau juga dong tabel mata kuliah yang bisa ditransfer rencana mau ambil jurusan lain (sastra inggris) pengen tahu brp yg bisa dialihkan biar gak mulai dr nol. Ini email saya di hendrah07@gmail.com.. thanks

      Delete
  3. wahh saya tau nih UT, tapi lumayan jauh sekali dari tmpt saya :D

    XOXO
    http://leeviahan.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Assalamu'alaikum, saya Heru Adi,

    Mau tanya , saya lulusan S1 Manajemen Kehutanan ingin kuliah lagi S1 Fisip Adm. Negara. Apakah beberapa mata kuliah yang saya ambil di S1 seperti agama, bhs ind, bhs ingg, dll bisa di alih kreditkan ?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam, Pak Heru

      Mohon maaf, saya kurang paham kalau sudah lulus di PTN asal, Pak. Saya hanya tau kalau lulusan D3 ataupun yang pindah.

      Coba tanyakan ke UT Pusat Bagian Administrasi Kelulusan BAAPM
      JI. Cabe Raya Pondok Cabe, Telp. 7490941, Pes. 1340,1339, Faks. 021-7490 158

      sekali lagi mohon maaf tidak dapat membantu menjawab pertanyaan. :)

      Delete
    2. mba..aq minta contoh lampiran dan surat permohonan ke pt...saya alumni politeknik negeri jakarta lulus tahun 2010, dan sekarang saya meneruskan kuliah di ut surakarta

      Delete
    3. Boleh, Mbak.
      Cantumkan email saja. Nanti saya kirimkan via email. Thanks

      Delete
    4. email saya : dwimaryani22@gmail.com..
      terimakasih ya mba...salam kenal...dulu msk poltek tahun brapa mba?kalau saya tahun 2007 ambi adm.bisnis

      Delete
    5. Mbak dwi maryani. Bisa berbagi pngalaman alih kredit di Ut Surakarta gak? Saya jg dr adm bisnis politeknik mau lanjut juga nih. Makasi yaa

      Delete
    6. Mbak dwi maryani. Bisa berbagi pngalaman alih kredit di Ut Surakarta gak? Saya jg dr adm bisnis politeknik mau lanjut juga nih. Makasi yaa

      Delete
    7. Mbak Zahra, coba email Mbak dwi aja ;)

      Delete
    8. wahh, artikelnya pas banget mb sama yang saya butuhin, lagi ngurus alih kredit dari D3 Akuntansi ke S1 di UPBJJ Surakarta, bisa minta format surat yang permohonan ke PT lama mb, email saya aroshinbi109@gmail.com.

      Delete
    9. Pengalaman saya sih bisa mas heru. Saya juga alih kredit dari S2 Hukum Bisnis ke S1 Akuntansi di UT

      Delete
  5. klo transfer dr d3 akuntansi ke s1 akuntansi gt kuliahnya bs online ato harus dikampusny ya??
    trs gmn cara daftarnya. mksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pendaftaran bisa dibaca di link http://www.noviawahyudi.com/2013/12/pendaftaran-di-universitas-terbuka-ut.html ini ya, Mbak

      Delete
    2. Maaf saya mau tanya jika alih kredit dari D2 administrasi bisnis ke S1 manajemen apakah bisa di UT? Terimakasih atas jawabannya

      Delete
  6. saya mau tanya bu, saya sudah terdaftar sbagai mhsiswa ut, sebelumnya saya lulusan S1 Pendidikan Guru Bhs Inggris Universitas Negeri, dan ambil S1 Akutansi di UT karena bekerja ssebagai honorer pada dinas provinsi, ketika sya registrasi, ditawarkan blok transfer (alih kredit) non relevan dan dibebaskan 80 sks dan hanya menempuh 65 sks, setelah saya bertanya ke petugas UT, nanti nilai yang dibebaskan akan keluar pada transkrip nilai dengan kode bintang lima, pertanyaan saya, apakah ijazah dan transkrip saya diakui oleh BKN jika saya mengikuti tes CPNS, makasih sebelumnya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masalah diakui atau tidaknya oleh BKN, saya kurang paham, Pak. Karena kewenangan ada di BKN.

      Tapi moso ijazah dan transkrip ndak diakui, UT itu Negeri lho! Setahu saya, lulusan PTN itu lebih mudah masuk ke PNS dibandingkan PTS. Karena IPK yang diminta biasanya 2,75, sedangkan PTS diatas 3,00 (CMIIW)

      Kalau gitu, jawaban pastinya dipending sampai tahun depan ya, Pak. Menunggu saya ujian penyesuain ijazah S1 dulu, hehe

      Delete
    2. hahaha....lama ya bu, . klo ijaza dan traskrip UT sya yakin sangat diakui, yang msh membuat sya bingung, apa bisa tes CPNS dengan transkrip hasil alih kredit...

      Delete
    3. Nah, itu dia. Saya blm bisa kasih jawaban krna saya juga belom nyoba masukkan transkrip ke BKN, hehe.

      Menurut saya sih bisa diterima utk tesnya asalkan IPKnya memenuhi syarat. Sekarang kan penerimaan sudah komputerisasi, jadi yang paling utama dilihat ya IPK. Waktu saya pemberkasan pertama, cuma dibuka2 doang ijazahnya, ga sampai 10menit udah disuruh pulang, hehe.

      Wis kadung dadi mahasiswa UT, dijalani ae, Mas. Optimis aja. Yakinlah ga akan jadi masalah di kemudian hari.
      Kalo masih meragu, lebih baik mundur dari sekarang. :v

      Delete
    4. beberapa hari yang lalu saya iseng tanya ke BKD Pemprov, ternyata mereka bilang sah2 saja dan diakui, jawaban mereka "kode bintang untuk lulusan alih kredit dari universitas lain sudah pasti diakui karena kode bintang hanya diberikan uloh universitas yg baru jika benar-benar lulus verifikasi dari UT, yg menentukan kembali ke persyaratan IPK, UMUR, program studi yang diminta serta akreditasi program studi", smoga pembaca disini turut terbantu, trimaksih

      Delete
    5. Alhamdulillah...
      Makasih infonya, Mas.

      Ijin masukkan artikelnya ke postingan saya ya ^^

      Delete
    6. Boleh nibrung ? Kalau di Sum sel pengangkatan PNS tenaga guru dari alumni UT sudah banyak tuh dan samapai saat ini gak ada masalah. klw gak boleh (diakui) tentu dari awal sudah gak lulus verivikasi data khan ?

      Delete
    7. Betul banget tuh kata Mas Budi.

      Ijazah UT yang mengeluarkan juga dari pihak Kementerian Pendidikan

      Delete
  7. Mbak, makasih banyak infonya
    Kalo bisa saya minta juga lampiran alih kreditnya terutama yang lampiran 21, karena bingung ngisinya.
    Kebetulan saya juga sedang ambil S1 Akuntansi transfer dari D3 PTS.
    ini email saya
    ekamardiana11@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya kirim via email ya, Mbak

      Mohon maaf lama respon, :)

      Delete
  8. Hello mba novia aq mau nanya2.. Aq pernah kuliah di untirta tp karna sibuk kerja skripsiku jadi terbengkalai dan tidak terurus hingga kena do. Aq mau ngelanjutin lg di UT, apakah harus dari semester awal atau hanya mengulang beberapa semester? Tolong bantuannya ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. urus alih kredit aja, Mbak. Jadinya ga perlu dari semester awal.

      Mbak sudah punya transkrip nilai sampai semester terakhir yang ditempuh kan?

      Delete
  9. Assalamualaikum mba..
    Sy sedang mngurus alih kredit dr D3 PTN. Sy mau tanya. Wktu dl mba mengurus deskripsi matkul ke PTN itu ada surat pengantar ga? Karna sy dminta surat itu oleh pihak kampus. Padahal dr UT sendiri tdk menyertakn contoh lampiran suratnya. Mohon balasannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari UT memang tidak membuatkan surat pengantar.

      dalam lampiran UT, ada contoh surat permohonan deskripsi mata kuliah yang dibuat mahasiswa untuk kampus lamanya.

      Delete
    2. Mbak.. Boleh minta lampiran nya ga ?? Saya bingung ngisi nya gmn ?? Trus lampiran deskripsi mata kuliah yg pernah ditempuh itu wajib ya mbak.. Soalnya ngurusnya jauh mbak kampus yang dulu. Saya disumatera, kampus lamanya dibandung. Terima kasih

      Delete
    3. Mas Khotami, boleh minta emailnya, nanti saya kirim ke email.

      lampiran sebenarnya yang isi adalah kampus lama dan itu wajib, jadina memang harus ke kampus lama.

      Delete
  10. uang kuliah dibayarkan melalui bank yang sudah bekerjasama dengan UT.

    ReplyDelete
  11. saya lulusan D3 akuntansi UNAIR sedang melanjutkan di UT,
    saya boleh liat contoh pengajuan FORMAT DAFTAR MATA KULIAH YANG DIAJUKAN UNTUK DIALIHKREDITKAN DARI PERGURUAN TINGGI LAIN, saya bingung ada beberapa mata kuliah saya yang namanya berbeda tp pelajarannya sama contoh: di Unair Akuntansi Pemerintahan, di UT Akuntansi Sektor Publik
    thx
    icedipi@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. masukkan aja dulu, Mbak.

      Kemarin saya juga memasukkan mata kuliah yang menurut saya sama. Nanti keputusan kan ada di UT.

      Delete
  12. Mba, mau tanya pembayarannya itu dilakukan di awal atau di akhir setelah selesai pnyetaraan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembayaran di awal karena kan harus terdaftar sebagai mahasiswa UT.

      Kalo yang dimaksud adalah biaya alih kredit, seharusnya memang di awal. Tapi kalo ndak salah, sekarang sudah ga ada biaya alih kredit. Lengkapnya bisa tanya ke UPBJJ setempat

      Delete
  13. Boleh minta tolong email format surat permohonan dan lampiran yg dibutuhkan untuk alih kreditnya mb novia? Email saya aroshinbi109@gmail.com. Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  14. Mbak, minta formulir2 yang dibutuhkan terkait alih kredit
    Shavahardi@gmail.com makasih

    ReplyDelete
  15. Mba boleh minta formulir2 yang dibutuhkan terkait Alih kredit di UT ? kalau boleh kirim ke twn0256@gmail.com terimakasih mba

    ReplyDelete
  16. dear All, yang minta formulir2, sudah saya kirimkan via email ya.

    mohon maaf kalau saya respon agak lama karena belakangan jarang cek blog. jika memang ingin cepat direspon, bisa mentioned saya di twitter.

    Terima kasih ^^

    ReplyDelete
  17. alhamdulillah nemu postingan ini, :D
    Mbak saya minta formulir2 yg dibutuhkan utk transfer D3 ke S1 UT doonk, malah kalo bisa yg udh contoh jadinya kalo ada.

    rahman_adante@rocketmail.com

    Makasih mbak :)

    ReplyDelete
  18. Mbaak novia, pengalamannya membantu sekali, saya minta tolong diemailkan form-form yang dibutuhkan untuk alih kredit. Terima kasih.
    oujosama@hotmail.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 ya. Berbagi pengalaman aja karena waktu itu saya juga buta banget, makanya saya pikir ada baiknya dituliskan supaya bisa membantu temans.

      sudah dikirim ya formnya ke email

      Delete
  19. Dear Mbak Novi, blh mnta tlg diemailkan ke d.myloshe@gmail.com form2 lampiran yg diperlukan utk alih kredit seperti form deskripsi mata kuliah, dll. beserta surat pengantar ke PT lama jg Mbak. makasih sblmnya

    ReplyDelete
  20. bu novi sangat membantu sekali infonya. kebetulan saya juga mau ngurus alih kredit, bisa minta tolong kirim ke email: kasak.kusuk77@gmail.com untuk contoh penulisan deskripsi mata kuliahnya bu?
    terima kasih

    ReplyDelete
  21. Mbak Novi, Apa masih harus berurusan dengan PT lama bila sudah punya transkrip nilai yang dilegalisir & surat keterangan pindah dari PT lama? mbak, boleh minta tolong diemailkan ke nandagirl1121@yahoo.com formulir-formulir yg diperlukan untuk alih kredit juga surat pengantar ke PT lama. Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  22. Dear Mbak Mimi, Mang cecep dan Anonim,, saya sudah buatkan link untuk download. Jadi, bisa didownload di link atas ya, terima kasih ^^

    ReplyDelete
  23. Mba novi, kalo yg di nilai nya sks kreditnya atau grade nilai nya? Saya msih bingung yg di lampiran 21 nya, kalo ada contoh, boleh kirim ke email saya mba bablamail@gmail.com thanks

    ReplyDelete
  24. Masalahku sama kaya mbak dewi ni mbak. Masa studi habis padahal tinggal skripsi aja. Kira2 bisa gak ya alih kredit dari ptn jur pendidikan teknik mesin ke ut. Transkip nilai awal sampai akhir ada. Tolong bantuanya ya mbak

    ReplyDelete
  25. assalamualaikum mba sya mau nanya sy mahasiswa s1 pendidikan bahasa inggris di uia smesterster 2 klo mau pindah ke ut gimana mba tp sya mau kuliah lewat sistem online mohon dijawab mba trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf sebelumnya, saya juga kurang paham mengenai hal seperti itu, Mbak. Karena saya alih kredit di jurusan yg sama dan bukan pendidikan dasar. untuk lebih jelasnya bisa bertanya ke UPBJJ-UT

      terima kasih

      Delete
  26. Salam Kenal,

    Saya mahasiswa jurusan Bahasa Inggris S1 Penerjemah
    Rencana mau alik kredit dari Luar UT, mohon berkenan kirim email contoh lampiran 19 sd 21
    Rangga Ekaprasetya
    email rgproperti@gmail.com. Terimakasih sebelumnya
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya email ya, Mas.

      sebenarnya juga bisa download di google drive ataupun 4shared lho, saya dah kasih linknya diatas :)

      Delete
  27. saya mohon form alih kredit beserta kelengkapannya mbak. Nama alifah dari jurusan bahasa inggris,dulu dari PTN. Ini alamat email saya : alifahtriana@gmail.com.
    Saya sudah coba download seperti saran mbak tapi semuanya kok gagal ya. Mohon di kirim via email ya mbak. Terima kasih sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin link downloadnya bermasalah ni, Mbak. nanti deh saya cek.

      btw, sudah saya kirim via email ya.

      Terima kasih :)

      Delete
    2. Mba saya juga minta dikirimkan ke rakh_4@yahoo.co.id. sy lulusan D3 inggris PTN mau ambil S1 inggris UT. Semester genap kapan pendaftaranya mba?

      Delete
    3. semester genap udah ditutup.

      saya sudah kirim via email ya. :D

      Delete
  28. Mba mau tanya sya fresh graduate d3 design dr poltek negeri, kalo mau lanjut s1 tp beda jurusan bisa ga ya?atau kalau di UT ada jurusan design jg?

    Sya minta form alih kreditnya jg mba ke francisca.suharyani@gmail.com, oya ini UT yg dijakarta bs kan?
    Makasih mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba deh tanya ke UPBJJnya, Mbak.

      sudah saya kirim formnya ya.

      trims ^^

      Delete
    2. Dear Mbak Novia, apakah saya boleh mendapat form alih kreditnya? Kl boleh, bisa tolong dikirim ke dendezati@ymail.com? Terima kasih banyak, mbak.

      Delete
    3. @mbak suharyani: alih kredit dari d3 design ke jurusan laen di ut bisa kok mbak. Yg penting memenuhi syarat alih kredit aja yg diminta pihak ut. Di ut belum ada jurusan design mbak. Yg ada planologi, itu ada mata kuliah designnya namanya mata kuliah studio.

      Delete
  29. mbak, saya lulusan d3 akuntansi universitas indonesia sangat ingin melanjutkan studi akuntansi di universitas terbuka, minta tolong banget di email lampiran 17 samapai dengan 22 ke email muthmainnah.irvani1710@gmail.com...btw sharing mbak sangat bermanfaat n membantu banyak orang..mudah2an Allah SWT membalas kebaikan mbak dengan mempermudah setiap urusan mbak juga...makasi banyak ya mbak...

    ReplyDelete
  30. mbak ada teman saya yang akan menyeesaikan S1 PGSD di UT. dia berasal dari PTN. di blog yang lain. mbak bilang untuk mahasiswa alih kredit sebaiknya mengambil yang Non SIPAS, tetapi saya lihat di websitenya UT , kok tidak ada ya Non SIPAS untuk PGSD ? jadi bagaimana? saya butuh sarn untuk teman saya iini. makasih mbaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba langsung tanya ke UPBJJ ya. karena saya tidak memiliki pengalaman Pendas.
      thanks

      Delete
  31. hallo sis.. numpang tanya apakah d'UT bisa transfer jurusan? dan apakah bisa bisa ambil smt pendek? trimakasih :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo mbak nisa,

      bisa. perlakuannya sama dengan alih kredit.

      di UT tidak mengenal semester pendek.

      thanks

      Delete
  32. Salam kenal mbak, boleh ga ya mbak mnta tolong diemailkan form matkul alih kredit yg udah diisi punya mbak novia dl, masih bingung mata kuliah apa aja yg sesuai utk dialihkreditkan sama matkul UT. emailnya ke zaharanelyrosada@gmail.com. Makasiih banyak mbaak

    ReplyDelete
  33. Maaf mbak. Yang tandatngan deskripsi matkul apa harus dekan ya, ketua program studi bisa ndak ya ?
    Minta tolong kirimkan lampiran2nya dong mbak ke ibnu05@gmail.com
    Terima kasih banyak mbak.

    ReplyDelete
  34. mbak,saya mau minta surat permohonan ke pt lama juga dong..saya alumni poltek juga angkatan 2014 dan mau melanjutkan ke ut

    ReplyDelete
  35. emailnya wiboworadenhadi@gmail.com
    sebelumnya terima kasih

    ReplyDelete
  36. Assalamualaikum mba,
    Saya boleh minta tabel untuk lulusan d3 akuntansi dan formulir2 yg dibutuhkan untuk alih kredit kah? (Formulir untuk ke ut dan untuk ke pt lama)
    Saya baru daftar jd mahasiswa ut, tp msh bingung cara alih kredit nilainya.. email saya oktavia.parjuli@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya mba, klo boleh form matkul alihkredit yg sudah mba isi dulu juga ya mba, jd bisa lihat matkulnya apa saja yg bisa di alihkreditkan ke ut.. makasih banyak sebelumnya mba.. :)

      Delete
  37. Mbak Novi, saya juga mohon dikirimi form2 yg dibutuhkan untuk alih kredit ya Mba, Luckmanhackim87@gmail.com
    Sekalian tanya Mba, ini saya belum beli buku on line matkul yg saya ambil padahal tuton dah dimulai seminggu lagi, apa ut menyediakan bahan ajar on line juga. Terima kasih atas sharingnya Mba, semoga menjadi amal ibadah, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dikirim ya emailnya.

      biasanya di tuton cuma bentuk slide presentasi aja.

      Aamiin.

      makasih ya

      Delete
    2. Terima kasih mba, smoga sukses slalu

      Delete
  38. Salam kenal mba, boleh ga ya mbak mnta tolong diemailkan form2 yang dibutuhkan untuk alih kredit jurusan akuntansi dan matkul alih kredit yg udah diisi punya mbak novia dl, masih bingung mata kuliah apa aja yg sesuai utk dialihkreditkan sama matkul UT. emailnya ke defriyanti16@gmail.com. Makasih banyak mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga, Mbak

      sudah dikirim ya emailnya.

      sama2.

      Delete
    2. Assalamualaikum mba novi n mba defri, bolehkah saya juga minta diemailkan form2 alih kredit yg dibutuhkan seperti mba defri..
      Makasih banyak sebelumnya mba..

      Delete
    3. Oiya alamat email saya oktavia.parjuli@gmail.com
      Terima kasih atas bantuannya..

      Delete
  39. Terima Kasih Infonya Mbak. Pengalaman pribadi saya, proses konversi kemaren butuh waktu sekitar 6 bulan? Apa karena lokasi saya di luar Jakarta ya Mbak?

    ReplyDelete
  40. Assalamualaikum, salam kenal mba novi, boleh kah ya mba, saya mnta tolong diemailkan form2 yang dibutuhkan untuk alih kredit jurusan akuntansi dan matkul alih kredit yg udah diisi punya mbak novi dulu, masih bingung mata kuliah apa aja yg bisa utk dialihkreditkan dengan matkul UT. alamat email saya, oktavia.parjuli@gmail.com. Makasih banyak sebelumnya mba...

    ReplyDelete
  41. Assalamualaikum. Mbak novi salam kenal. Kalau boleh tau waktu itu matkul apa saja yg mbak ajukan dan lulus alih kredit ya mbak? Kalau boleh saya minta form2 yg dibutuhkan ke ctr.maharani@gmail.com terimakasih banyak sebelumnya mbak, blog mbak bermanfaat untuk banyak orang sekali. Barakallah. Wass

    ReplyDelete
  42. Mba saya mau juga ya lampirannya, kirim ke msdhiira@gmail.com

    Oiya mba saya mau nanya, kalo misalnga ke UT cuman buat nyelesein skripsi bisa ngga?
    Misalnya di PT lama udah tinggal skripsi nih, tapi brenti do tengah jalan, apakah bisa pas di UT cuman ngurusin dan lanjutin skripsi aja? Makasih mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bisa mbak dira. Di ut ga ada skripsi. Jadi mbak harus daftar dulu jadi mahasiswa ut dan mengajukan proses alih kredit. Kalo pun seluruh mata kuliah mbak diterima oleh pihak UT, mbak tetap harus ambil TAP dan KARIL untuk lulus kuliah dari kampus UT.

      Delete
  43. Mba saya mau dong lampirannya kirim ke msdhiira@gmail.com yaa makasih:)

    ReplyDelete
  44. D3 manajemen informatika bsa lnjut ke pendidikan gaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau lanjut ke pendidikan harus jadi guru dulu kak

      Delete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  46. Kalo dari pts bisa ngga pindah?

    ReplyDelete
  47. Mbak novia, saya mau alih kredit dr univ. Asal ke UT, apa alih kreditnya bisa d lakukan kapan saja? Soalnya keterbatasan waktu utk ke UT pusatnya, apakahh boleg via email? Mohon infonya mbak.. email saya : fanny.mulani111@gmail.com

    ReplyDelete
  48. mb sy mau alih kredit ke ut surabaya dari d3 agirbisnis unibraw cuman waktu tinggal 3 hari apa bisa dan syarat2 nya apa? mhn dibantu fajar_seno@yahoo.com

    ReplyDelete
  49. mb sy mau alih kredit ke ut surabaya dari d3 agirbisnis unibraw cuman waktu tinggal 3 hari apa bisa dan syarat2 nya apa? mhn dibantu fajar_seno@yahoo.com

    ReplyDelete
  50. Mbak saya baru saja selesai semester pertama di UT dan ngga tau gimana caranya buat alih kredit. Terus apa harus ke UT pudat? Kalau via online ataupun Email gimana ya? Mohon bantuannya ya Mbak ke email danti.wawa@gmail.com

    ReplyDelete
  51. salam kenal mba Novia

    bolehkah saya dikirimkan form 19,21,22

    kebetulan saya juga dri D3 Akuntansi mau lanjut di S1 UT

    ke email faisal.rachman@petrosea.com

    ReplyDelete
  52. Assalamualaikum mba.. maaf mau minta tolong.. untuk dikirim kan semua lampiran mengenai alih kredit. Kebetulan sy dari UNJ ingin pindah ke UT. Trimaksh sebelumnya. Alamat email : nettykurniati24@gmail.com atau antonnkhilman@gmail.com

    ReplyDelete
  53. Sangat membantu buat yang punya banyak kesibukan. :D Bisa pindah kuliah.

    ReplyDelete
  54. ibu, terimakasih sekali informasinya. semoga Gusti memberkahi ibu dan keluarga.

    ReplyDelete
  55. Mba kalo mahasiwa pindahan semisalnya blm mengajar.pgn ngambil jurusa pgpaud bisa..g..?terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bisa mba ilya. Pgpaud khusus yg udah jadi guru aja

      Delete
  56. Hi mbak, saya brkuliah di PTN dan tlah mnempuh 43 sks.. skrg saya mau pndah ke UT Medan mbak dgn jrusan yg brbda namun ttap 1 fakultas. Apakah bsa mbak sprti itu? dan prsyaratannya apa2 aj ya mbak kalau bsa? dan blh mnta tlg krimin contoh lampiran dan surat permohonan mbak ke email saya mbak harrykiswanto_situmorang@yahoo.com
    Trims mbak :)

    ReplyDelete
  57. Salam kenal, ... saya mohon bimbingan ... saya pernah kuliah Sastra Inggris di UNDIP, Universitas Diponegoro Semarang, karena waktu saya kuliah saya sudah bekerja dan berkeluarga, saya mengambil kuliah ekstensi bagi para pekerja, pendek cerita anak saya yang ke 2 lahir, sehingga kerepotan untuk terus berkuliah, alias mandeg, setelah sekian lama terpikir utk mengikuti kuliah di UT ... langkah pertama apa yang harus saya lakukan agar hasil kuliah saya dulu tidak mubazir? maaf sudah terlalu tua untuk pontang-panting ...

    ReplyDelete
  58. mohon petunjuk sy lulusan D3 minat penerjamahan bahasa inggris ingin melanjutkan ke S1 apakah sudah ada program paketnya ??terimakasih

    ReplyDelete
  59. Selamat siang mba, boleh ga ya mbak mnta tolong diemailkan form matkul alih kredit yg udah diisi punya mbak novia dl, masih bingung mata kuliah apa aja yg sesuai utk dialihkreditkan ke agunganugrah2@gmail.com sama matkul UT sekalian syarat" kelengkapan masuk UT apa saja mba. Tks

    ReplyDelete
  60. Assamualikum,
    mba boleh minta file/form ttg alih kredit ini, saya berencana ingin melanjutkan dari D3 ke S1 mba, ini alamat emailnya : sipasilva19@gmail.com
    terima kasih banyak mba sebelumnya :)

    ReplyDelete
  61. klo lulusan dari D-III MI ( Manajemen Informatika ) mau lanjut ke S1 Komputer Apa bisa ? dan tlg email caranya ke Imoetleo@yahoo.co.id terima kasih

    ReplyDelete
  62. boleh minta bantuannya. lampiran seperti apa yang dibuat dalam auan alih kredit dari D3 PTN ke Manajemen UT. ke email bisnismd@yahoo.com
    Makasih ya

    ReplyDelete
  63. Terima Kasih Mbak Novy, karena berkat baca sharing Mbak Novy, Saya lebih termotivasi untuk kuliah di UT dan merasakan bangganya ikutan wisuda bersama wisudawan lain dari seluruh Indonesia dan dari luar negeri di Gedung UTCC Kampus UT Pusat Pondok Cabe Tanggerang Selatan. Semoga blog mbak novy bisa berguna buat mahasiswa dan calon mahasiswa UT yang lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. proud of you, Mas.

      kece badai ah bisa wisuda di UT Pusat

      Delete
  64. ass.. untuk bisa melihat alih kredit kita sudah di terima cara lihatnya kaya gimanaya???

    ReplyDelete
  65. mba, boleh minta tlg kirim file/format mengenai program alih kredit ini ke vitiyawijayanti@gmail.com ? terimaksih

    ReplyDelete
  66. Mba novia, maaf saya bisa minta file form surat permohonan diskripsi makul ke PTN lama untuk alih kredit dan lampiran nya untuk UT, lagi ngurus alih kredit nih dari d3 ke s1 komunikasi UT, bisa di email ke retyapriliani@gmail.com mksh...

    ReplyDelete
  67. Halo mba novi baca blognya sangat membantu sekali. Saya boleh minta file form surat permohonan program utk alih kredit mba. Soalnya saya sedang ingin mengurus melanjutkan kuliah di ut mba :) kirim ke email saya ndayawliaa@yahoo.com terima kasih..

    ReplyDelete
  68. halo mba novi ,,, saya boleh minta form deskripsi mata kuliah yang mba ,kirim ke email auliasyahfitri88@yahoo.com ,, trima kasih mba

    ReplyDelete
  69. mb..boleh minta format permohonan ke pt asal? dwahyulatri@gmail.com. maksih sebelumnya..

    ReplyDelete
  70. Maaf saya ambil s1 pgsd bi dari s1 pendidikan matematika nanti dapatnya ijasah bi yg 56 sks itu apa digabung dengan nilai s1 yang dulu ya? Alih kreditnya bagaimana ya? Trimakasih

    ReplyDelete
  71. Halo Mba Novi, saya mau mengajukan alih kredit di UT, bisa tolong kirimkan form deskripsi mata kuliah yang sudah di acc kampus asal, bingung mau isikan uraiannya (soalnya saya mau ketik sendiri nanti tinggal minta ttd), tolong kirimkan ke alamat email roshady85@gmail.com, terimakasih banyak ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. form yang sudah diacc, saya tidak kopi jadina semua sudah dikirim ke UT.

      mohon maaf ya.

      Delete
  72. Pls kirim kan form alih kredit, daftar matkul, deskripsi matkul, yaa mba
    Pls kirimkan ke email fina.fitriana.ut12@gmail.com

    ReplyDelete
  73. Thx mba blog na mmbantu sangat ..bole kah bagi File form surat permohonan alih kredit?tlng kirimkan ke Email: miansitumorang 50gmail.com kampus sy illegal wisuda di tiadakan.mohon bantuannya pin 56C03B2E

    ReplyDelete
  74. Hallo mba saya jg ingin alih kredit di ut . tolong ya m a kirimkan form alih kredit ke email saya ndyawlia25@gmail.com terimakasih mba ada blog ini sangat membantu sekali bwt saya :) tks.

    ReplyDelete
  75. Ass....
    saya lulusan S1 Universitas Terbuka tahun 2014 dengan jurusan S1 PGSD dan saya sekarang mengajar di SMP. bagaimana caranya saya untuk mengikuti kuliah yang bisa untuk mengajar diSMP , mohon sarannya dan dibutuhkan berapa SKS /semester apakah di Universitas terbuka sudah ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, saya kurang paham, Pak. Coba cek di wek fakultas.

      Delete
  76. aslmkm.. slmat siang mba, boleh minta tolong di emailkan mba formulir alih kredit ke email saya : hamidahsrg.2255@gmail.com. terima kasih sebelumnya mba, blog ini sangat membantu saya..

    ReplyDelete
  77. Salam kenal mbak, boleh ga ya mbak mnta tolong diemailkan form2 yang dibutuhkan untuk alih kredit jurusan akuntansi dan matkul alih kredit yg udah diisi punya mbak novia,emailnya ke sagaladia@gmail.com
    Makasih banyak mbak.

    ReplyDelete
  78. Hallo mbak Novi,sy pernah kuliah di PT swasta Jurusan Akuntansi..rencana sy mau kuliah lagi di UT jurusan Ilmu Komunikasi..sekiranya ada mata kuliah yang sdh pernah saya ikutin,berarti bisa alih kredit ya mbak..tks

    ReplyDelete
  79. salam kenal mbak, boleh saya tanyakan bagaimana memperbaiki mata kulia TAP PGSD yang eror?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba telp ke UPBJJ atau UT PUSat ya. saya kurang paham karena itu teknis di UTnya

      Delete
  80. Hai mba novi baca artikelnya sangat membantu sekali. Saya boleh minta file form surat permohonan program utk alih kredit mba? Sy ada rencana ingin melanjutkan kuliah di ut mba, sblmnya sy lulusan S1 adm niaga PTS mau ambil S1 akuntansi di UT, apa bs alih kredit yah mba? Boleh kirim tabelnya mba ke email saya desi_savitri_boerman@yahoo.com terima kasih bnyk..

    ReplyDelete
  81. mat pagi, saya dari kepulauan aru - provinsi maluku. saya tertarik dengan UT dan soal alih kredit. apakah boleh saya yng D3 Perpajakan melanjutkan kuliah saya ke S1 Akuntansi.??? mohon penjelasan ke myseribu1@gmail.com

    ReplyDelete
  82. Siang Mbak Novi,

    Saya sudah pernah lihat sekilas mengenai UT melalui websitenya tetapi saya masih bingung, bedanya PENDAS dan PBB (Program Pendidikan Berkelanjutan) apa ya mbak?
    Saya berkeinginan melanjutkan D3 Akuntansi saya ke jenjang S1 melalui UT, jadi program apa yang sesuai dengan latar belakang pendidikan saya mbak? Mohon infonya. Makasih mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo soreee

      PENDAS = Pendidikan Dasar (ini khusus FKIP, sedangkan PPB itu program sertifikasi dan bisa diikutsertakan ke dalam alih kredit S1.

      Kalo lanjut S1 AKuntansi, ya ambil Non-Pendas.

      Delete
  83. Hai mbk novi, sya bsa mnta bntuany ne mbak, sya trtarik untuk nymbung ahli kredit dri d3 ke s1, bsa mnta bntuany form untuk ahli kredit k email sya mbak rudiharianto46@yahoo.co.id,sblmny mksih bnyk mbk..

    ReplyDelete
  84. Hai mbak, mau nanya nih itu berkas deskripsi mata kuliahnya harus ditanda tangan dan distempel di tiap lembarnya ya?

    ReplyDelete
  85. Salam kenal mb,
    bisa minta tolong email kan lampiran 19, 21 , 22 serta contoh surat permohonan ke PTN asal ke uthe.amy2@gmail.com
    terima kasih banyak sebelumnya..

    ReplyDelete
  86. tks infonya ya....mhn minta form tersebut diatas ke email sy ke bunkobar05@yahoo.com maksih banyak...

    ReplyDelete
  87. Bu Novi...tolong dibantu formulir2 untuk pendaftaran ke UT untuk alih jenjang D3 ke S1 Penyuluhan Pertanian....emai saya : raylabunua009@gmail.com. Makasih bu atas bantuannya...

    ReplyDelete
  88. Mbak saya lulusan d3 manajemen informatika dan komputer di amik pontianak, kepengen lanjut ke s1 di UT ada gak jurusan yg sama untuk wilayah singkawang?mohon bantuannya bu email saya fitri87amik@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  89. minta kirim email untuk alih kreditnya, kok bisa sampe 92 sks yg dibebaskan.sy cb bikin cuma dapat 80 sks.apa bisa diterima semua?sy dr D3 akuntansi mau lanjut ke S1 akuntansi..trims.emailku d2.nurwati@gmail.com

    ReplyDelete
  90. Hallo mbak
    Saya mau tanya nih klo di UT itu untuk karyawan bisa gak dan untuk kehadiran nya apakah harus di dlm kelas atau terus online saja.
    Trima kasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas/mbak

      UT bisa untuk siapa saja, tua muda, freshgraduate ataupun lulusan jadul.
      UT itu sebenarnya dikhususkan untuk online. sedangkan tatap muka atau kelas itu pilihan, kalau mau ikut, ya tinggal daftar dan bayar lagi karena biayanya diluar biaya semester (kalau ambilnya NOn-sipas).

      Delete
  91. Mbak Novi, terimakasih sudah sharing tentang alih kredit di UT. Insya Allah tahun ini berencana ingin alih kredit sks D3 saya. Mohon izin untuk mengunduh contoh lampiran alih kreditnya ya mbak. Terimakasih.

    ReplyDelete
  92. Mbak novia, sy lulusan d3 kehutanan rencana mau lanjutkan s1.sy bs diemailkan contoh permohonan alih kredit dan mata kuliahx mba...email.candrak583@gmail.com

    ReplyDelete
  93. Saya mahasiswa DO jurusan FKIP bhs Inggris salah satu Universitas, apakah boleh lanjut ke UT, apakah transkrip nilai dan KHS di universitas lama bisa di terima di UT untuk kuliah lanjut? Thanks for your response.Alex

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tanya ke UPBJJ setempat ya, Pak.

      sepengetahuan saya, bisa saja lanjut di UT karena pertama kali daftar di UT kan semua dianggap mahasiswa baru bukan pindahan. Bedanya ketika kita mengajukan alih kredit, disitu baru deh ketauan berapa mata kuliah yg dibebaskan.

      Delete
  94. Saya lulusan D2 administrasi bisnis dari salah satu sekolah tinggi apakah bisa mengajukan alih kredit ke S1 di UT? Terimakasih atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja, tapi untuk diingat. Alih kredit di UT biasanya hanya membebaskan 50-80% mata kuliah dari PT lama (dengan jurusan yg sama). Kalau bukan dari jurusan yg sama bisa lebih sedikit lagi.

      jumlah mata kuliah yang dibebaskan akan mempengaruhi waktu tempuh di UT. semakin banyak diakui, makin cepat selesainya.

      Delete
  95. Bu Novi...tolong dibantu formulir2 transfer nilai ke UT untuk alih jenjang D1 ke S1 ....email saya : dangruspendi@gmail.com. Makasih bu atas bantuannya...

    ReplyDelete
  96. mbak novi,saya mahasiswa jrusan pend.matematika. karena suatu hal saya ambil cuti dan ingin melanjutkan di UT. apakah bisa mbak? saya mau melanjukan semester 5. dimohon jawabannya mbak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Mbak Masyita,
      setau saya, cuti di UT itu hanya bisa 1 tahun aka 2 semester. Nah, kalo setelah 1 tahun, baru ndak bisa.
      untuk kembali setelah cuti, tinggal registrasi aja, mbak

      mohon maaf ya terlambat membalas.
      terima kasih

      Delete
  97. Assalammuallaikum...
    Karena bca blok mbk , sy juga jd berniat kuliah d UT, sy lulusan PTN di lampung , skrg sy sudah kerja d perusahaan penjualan alat berat , sy akan d promosikan untk naik jabatan dgn syarat sy mau ambl s1 , karn sy cuma lulusan D3 , nah kira2 kalo alih program D3 SEKRETARI KE S1 ADM. NIAGA BID.MINAT ADM DAN KEPEGAWAIAN berapa lama ya masa studynya ? Dan mohon d bantu donk mbk untk d krm formulir2 yg berkaitan dgn alih kredit ke email sy, fenny.diah.irawanti1215@gmail.com

    Terimakasih dan salam kenal mbk...😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oops ralat mksd sy adm.negara bid.minat adm dan kepegawaian hehe 😊

      Delete
  98. Enter your comment...
    Ass. Mbx trimakasih banyak atas infonya lebihsedikit sudah membantu saya,
    Oya mbx rencananya saya mau ambil s1 di UPBJJ sedangkan saya lulusan D3 komputer akuntansi, kira-kira bisa kirim pormat Formulirnya tidak mbx karna saya bingung, thanks

    ReplyDelete
  99. Assalamualaikum, mohon ijin mbak, boleh minta tolong di emailkan surat permohonan deskripsi mata kulia dari ptn asal, karena saya download tidak bisa,, jika berkenan mohon tolong di email ke : pewangga@gmail.com terima kasih mbak blogny sangat bermanfaat. bisa berkunjung juga ke blog saya : pewangga.wordpress.com

    ReplyDelete
  100. Assalamualaikum, mbak Novi, saya Mahasiswa smester Akhir, jurusn Pendidikan matematika,, krna saya sibuk ngerjakan skripsi, membuat bebrapa nilai saya tdk tuntas... nah, saya ingin melanjutkn di UT , bisa gak mbak ? Dan kalau bisa prosedurnya gimana mbak ?

    Terima Kasih Mbak Novi...Blognya sangat membantu....

    ReplyDelete
  101. Assalamualaikum, mbak Novi, saya Mahasiswa smester Akhir, jurusn Pendidikan matematika,, krna saya sibuk ngerjakan skripsi, membuat bebrapa nilai saya tdk tuntas... nah, saya ingin melanjutkn di UT , bisa gak mbak ? Dan kalau bisa prosedurnya gimana mbak ?

    Terima Kasih Mbak Novi...Blognya sangat membantu....

    ReplyDelete
  102. Assalamualaikum, mbak Novi, saya Mahasiswa smester Akhir, jurusn Pendidikan matematika,, krna saya sibuk ngerjakan skripsi, membuat bebrapa nilai saya tdk tuntas... nah, saya ingin melanjutkn di UT , bisa gak mbak ? Dan kalau bisa prosedurnya gimana mbak ?

    Terima Kasih Mbak Novi...Blognya sangat membantu....

    ReplyDelete
  103. Halo,
    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi hari ini kami melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan persyaratan pinjaman dan kondisi di: (saintloanss@gmail.com)

    ReplyDelete
  104. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    ReplyDelete
  105. Mbak mau tanya nih saya sedang melanjutkan studi di UT jurusan akuntansi semester 2. Kalo seandainya saya mau pindah jurusan manajemen apa perlu mengulang dari semester awal? Mohon infonya

    ReplyDelete
  106. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    ReplyDelete
  107. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  108. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, karena kami menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan bisnis pinjaman, dan segala macam suku bunga kredit dari 2% .HURRY, hampir akhir tahun ini, dan kami brenda connolly Perusahaan, kami menjamin semua pelanggan berharga kami bahwa mereka akan menerima semua setiap pinjaman dan di tahun baru dengan sebuah senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui e-mail: brendaconnollyloanfirm@gmail.com


    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Jenis kelamin: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah pinjaman yang diperlukan: _______
    Panjang Pinjaman: ____________
    Pinjaman Tujuan: _____________
    Nomor ponsel: ________
    Mengerti bahasa Inggris: ________

    brendaconnollycompany

    ReplyDelete
  109. Mbak Novi sy mau tanya nih, sy sudah selesai kuliah di PTS Fak.Ilmu Ekonomi Study Pembangunan dg akreditasi C kalau sy mau kuliah lg di UT dg Fak yg sama, apa sy harus memulai dr awal atau bisa ikut disemester akhirnya atau harus disesuaikan ulang dulu dr transkrip yg ijazah yg ada, mohon infonya Terima Kasih Mbak Novi...Blognya sangat membantu....

    ReplyDelete
  110. halo mba novi. saya mau nanya. saya kan lulusan d3 akuntansi dan berencana ingin melanjutkan kuliah s1 di ut. klo di UT yg melanjutkan dari D3 ke S1 itu biasanya berapa tahun ya mba kuliahnya. klo yg saya tahu kan klo sistem melanjutkan dr d3 ke s1 sekitar 1,5 tahun selesai. klo di ut bagaimana. terimakasih

    ReplyDelete
  111. Kalo misalnya kt pindahan dr univ swasta dan jg mau pindah jurusan lain bisa ? Jd ngga usah ngulang dr sem 1 ?

    ReplyDelete
  112. Dear, mba' Novi...

    Saya lulusan D1 Akuntansi tahun 2012. Dan InsyaAllah bulan Desember tahun ini saya akan mendaftar di UT. Jadi, saya ingin meminta saran sekaligus bertanya pada mba' Novi...
    1.) Kira-kira apakah saya sebaiknya mengajukan alih kredit setelah saya diterima masuk UT? Mengingat sudah bertahun-tahun saya sudah tidak mempelajari akuntansi dan tidak pula melanjutkan kuliah dalam kurun waktu tersebut, jadi sudah pasti banyak sekali pelajaran akuntansi yg saya sudah lupa...

    2.) Terkait pertanyaan point 1, apakah sebaiknya saya mendaftar di UT dengan data lulusan terakhir saya SMA (bukan mendaftar dengan pendidikan D1)? Dan apakah boleh saya mendaftar dengan memakai ijazah terakhir SMA saja?

    3.)Jika saya mendaftar pakai ijazah D1, apakah saya boleh tidak mengajukan alih kredit? Sebab saya ingin benar-benar mempelajari akuntansi dari awal...

    4.) Dan jika diharuskan mengajukan alih kredit, apakah saya bisa dengan background lulusan D1 akuntansi mengambil Jurusan Manajemen Bisnis di UT?

    Mohon saran dan penjelasannya...
    Terimakasih, mba' Novi... :)

    ReplyDelete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...