Friday, November 5, 2021

FRIDAY HOLIDAY - HIGHLAND CAMP MEGAMENDUNG

Highland Camp Megamendung
Highland Camp Megamendung - langit pagi

  

12-14 Maret 2021 

Setelah berhasil mengajak anak-anak berkemah dua pekan lalu di Bumi Perkemahan - Bukit Golf Cibodas. Kami mengajak anak-anak berkemah lagi di Highland Camping Megamendung. Lokasinya memang lumayan jauh dari jalan utama dan jalan yang dilalui sempit serta berbatu sehingga perjalanan memakan waktu lebih lama ke lokasi. Sesampainya di lokasi, kamipun sempat bingung karena area parkirnya memang tidak terlalu besar dan kami kesulitan untuk parkir mobil. 

Di lokasi ini ternyata ada 2 bumi perkemahan yaitu Highland Camping Megamendung dan Taman Wisata Matahari. Namun hanya Highland Camping Megamendung yang sudah buka, sedangkan Taman Wisata Matahari masih ditutup oleh pengelola.

 

Highland Camp Megamendung
Taman Wisata Matahari

 

Di Highland Camping Megamendung terdapat dua area perkemahan yaitu area Kendeng dan Ciputri. Kami berkemah di area Ciputri dan lokasinya paling ujung. Untuk menuju ke lokasi tenda kami, kami harus melalui jembatan dan tanah berundak. Sebenarnya agak kesulitan juga karena harus bawa banyak barang dan tidak ada porter, jadilah kami bolak/i untuk angkut barang bawaan.


Highland Camp Megamendung
Gambar atas : Area perkemahan Ciputri.
Gambar bawah : penunjuk arah area perkemahan


Alhamdulillah lokasi tenda kami tidak jauh dari sungai, anak-anak langsung turun ke sungai untuk main air. Sungainya juga bukan sungai besar, kurang lebih lebarnya 1-1.5meter dan arusnya tidak deras. Insya Allah aman untuk anak-anak. Karena dekat dengan sungai, saya juga jadi lebih mudah mencuci perabotan ketimbang harus bolak/i ke toilet. Sebenarnya jarak antara tenda ke toilet tidak terlalu jauh, hanya saja repot bolak/i karena jalannya memang tanahnya berundak-undak, beberapa kali saya kesandung karena kurang awas, hehehe. Toilet bersih dan terawat dengan baik. Namanya toilet umum, jam-jam tertentu pasti ramai dan penuh, hehehe. Jadi alasan buat tidak mandi selain air yang dingin, hahaha.

 

Bumi Perkemahan Highland Camp Megamendung
Belakang pohon itu adalah sungai.

 

Kondisi perkemahan lumayan ramai dan pengelola memberikan jarak 1 hamparan. Sayangnya, sulit sekali sinyal hp disini, infonya hanya bisa Indosat tapi tetap susah juga. Memang disuruh fokus kemping tanpa gadget dan menikmati pemandangan terutama langit senja. Langit senjanya bagus.

 

Bumi Perkemahan Highland Camp Megamendung
Tiap tenda berjarak 1 hamparan (3-5 meter)

 

Bumi Perkemahan Highland Camp Megamendung
Langit senja

Besok paginya, kami mengunjungi air terjun atau curug panjang. Meski anak-anak suka bermain di sungai tapi mengunjungi air terjun adalah salah satu kegiatan wajib kami ketika berkemah. Anak-anak memang suka sekali main air, Air terjun atau curug menjadi salah satu pertimbangan kami dalam memilih lokasi berkemah (sama halnya kalau memilih hotel, salah satu pertimbangannya adalah kolam renang). Lokasi air terjun tidak terlalu jauh dari area perkemahan. Hanya saja jalan yang dilalui menanjak dan berbatu.

 

Bumi Perkemahan Highland Camp Megamendung
Jalur menuju Air Terjun / Curug

 

Bumi Perkemahan Highland Camp Megamendung
kiri atas = kolam ikan untuk refleksi kaki
kanan atas = spot foto ala-ala ujung kapal
bawah = pintu masuk ke lokasi air terjun

 

Info dari pengelola, bagian bawah curug memiliki kedalaman air mencapai 7 meter. Pengelola juga memasang beberapa tanda untuk tidak berenang di area tersebut, bahkan ada semacam tali pembatas agar pengunjung tidak melintas di bagian tersebut. Meski begitu, namanya juga curug panjang, curug ini memiliki beberapa curug kecil-kecil yang bisa digunakan untuk berenang. Bahkan ada beberapa batu yang bisa digunakan untuk perosotan alami, hehehe. Anak-anak meluncur di batu-batu tersebut layaknya berseluncur di waterboom, mereka senang sekali main di curug. 

 

Bumi Perkemahan Highland Camp Megamendung
Curug Panjang

Secara keseluruhan, tempat ini cocok untuk berkemah bersama anak-anak. Ada sungai dan curug untuk bermain air. Mereka juga membersamai alam karena tidak bermain gadget selama berkemah. Kalau ditanya, maukah kemah di Highland Camping Megamendung? Jawabannya Insya Allah mau. Karena suka dengan tempatnya, curugnya, udaranya, pokoknya berkesan banget disini.

Berikut biaya yang diperlukan untuk berkemah disini : 

  1. Tarif Kemah Rp.65.000,00/orang/malam (berlaku untuk anak-anak juga) 
  2. Tarif listrik Rp.100.000,00 
  3. Tarif Glamping Rp.250.000,00/orang/malam (include breakfast)  
  4. HTM Curug Panjang kalau gak salah Rp.12.000,00/orang. Toilet di Curug Panjang berbayar Rp.2.000,00

 
Rating : 5/5 


1 comment:

  1. Wah tempatnya keren banget apalagi langitnya ini mah yang dicari sama pemburu senja, terlebih tempatnya keren banget pas buat pecinta alam.

    ReplyDelete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...