Tuesday, April 24, 2012

Batik dan Motif Batik, Apa Bedanya - by Iwet Ramadhan

Saya suka sekali dengan Batik, tapi baru hari ini mengetahui perbedaan Batik dan Motif Batik (kalau agak telat, ya maaf. tapi namanya pengetahuan, tidak ada yg namanya telat.hehe). Tulisan berikut merupakan hasil copy-paste dari Yahoo yang dituliskan oleh Iwet Ramadhan. mari kita baca bersama untuk menambah pengetahuan tentang Batik :)

 

Batik dan Motif Batik, Apa Bedanya?

here


Tulisan ini terinspirasi oleh obrolan seorang teman dengan maestro kain Indonesia Josephine "Obin" Komara.

Teman saya ini, seorang brand manager sebuah produk FMCG, ingin menempelkan batik pada promosi produknya yang sangat Indonesia. Maka bertemulah dia dengan Ibu Obin untuk menyampaikan maksudnya itu. Di luar dugaan, pertanyaan pertama Ibu Obin kepada teman saya adalah, "Jadi, kamu mau saya membuat batik atau motif batik?"

#kemudianHening



Mari saya coba tanyakan pertanyaan ini kepada Anda.. Apa perbedaan antara batik dan motif batik? Bisakah Anda menjawabnya?

#kemudianHening

Batik dan motif batik tentu saja sangat berbeda. Tetapi apa bedanya? Kenapa hal seperti ini harus dipermasalahkan?

Jelas saja penting, karena ini menyangkut proses kerja, hasil pemikiran, ungkapan perasaan hati dan teknik halus tingkat tinggi, serta sebuah pekerjaan tangan yang sangat rumit.

Batik adalah teknik
Motif batik adalah gambar-gambar yang bisa kita temukan pada kain-kain batik. Kalau kita membuat gambar Barack Obama dengan menggunakan malam yang dituliskan dengan canting kemudian dicelup kedalam cairan pewarna, bisakah dia disebut batik? Bisa!

Tetapi motif parang yang disablon di atas bahan kaos, bisakah dia disebut batik? Tidak bisa!

Jangan sampai dilupakan, batik adalah sebuah teknik merintang atau menahan warna di atas kain dengan menggunakan malam atau lilin yang dialirkan dengan menggunakan canting. Lewat canting inilah kemudian tercipta motif-motif indah sarat makna dengan jumlah yang amat banyak.

Mudah-mudahan tulisan singkat ini bisa sedikit memberikan gambaran mengenai warisan budaya yang diberikan nenek moyang kepada kita.

Terkesan memang remeh dan tidak penting, akan tetapi pengetahuan remeh ini bisa membuat kecintaan kita terhadap batik menjadi cinta yang beresensi, bukan sekedar cinta kosong yang penuh sensasi.


----
Setelah menbaca artikel diatas, saya berkesimpulan bahwa batik (dalam anggapan saya) yang selama ini saya pakai bukan merupakan batik (dalam arti sesungguhnya), melainkan sebuah motif batik (kemungkinan besar merupakan hasil sablonan dan produk Cina). Padahal saya selalu menggunakan Batik disetiap kesempatan (jika tidak sedang menggunakan seragam kantor). Ketika training di Bangkok tahun 2010, saya juga menggunakan Batik setiap hari, ternyata itu bukan Batik (miris banget ya, awalnya mau membanggakan Batik, ternyata malah menggunakan Motif Batik).

Mulai sekarang, saya harus benar-benar teliti dalam membeli Batik, jangan sampai salah lagi. Untunglah sekarang kita bisa menemukan Batik cap dan tulis di Thamrin City atau di Batik Indonesia (untuk belanja Online).

Alhamdulillah saya sudah memiliki beberapa Batik cap maupun tulis, meski jumlahnya belum banyak untuk dipakai rutin. Tapi setidaknya saya sudah bisa mengurangi penggunaan Motif Batik.

Para Batik'ers yang suka menggunakan Batik. Mahal sedikit tak apa, yang terpenting adalah melestarikan kebudayaan Indonesia. Karena Batik itu sesungguhnya merupakan sebuah karya seni yang tak ternilai harganya. Mari mulai menggunakan Batik cap maupun tulis sebagai penghargaan atas karya anak Bangsa dan warisan budaya dunia.

2 comments:

  1. Sis NF..
    Makasih buat komennya..huuh,begitulah ;)..

    Sis NF,,iri saya dgmu,,kamu bisa buat cerpen lucu..suka..hahay :)

    ReplyDelete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...