Saturday, May 19, 2012

Kapan memulai stok ASIP?

Kapan memulai stock ASIP?

Berhubung artikel ini tentang ASI. Jadilah ada kata-kata yang tidak dapat disensor. Harap maklum buat yang baca.hihi

ASIP merupakan Air Susu Ibu Perahan. Umumnya ASIP diberikan kepada bayi yang ditinggal ibunya bekerja. Bagi Ibu-Ibu yang baru saja melahirkan bayinya dan hanya memiliki waktu 2-3bulan untuk benar-benar menyusui bayi, ASIP memiliki peranan penting agar asupan ASI cukup untuk bayi.

Lalu, kapan saat ideal untuk memulai stok ASIP? Sesegera mungkin setelah ASI keluar dari payudara Ibu atau ketika tubuh Ibu sudah pulih/fit setelah melahirkan. Umumnya setelah melahirkan ASI langsung keluar, saat ini disegerakan diminum oleh bayi karena ASI awal itu mengandung kolostrum yang baik untuk imunitas bayi (pengertian kolostrum dapat dilihat di link ini : Wikipedia - Colostrum ).


Kenapa saya menyarankan untuk sesegera mungkin memerah ASI? Karena saya sendiri banyak kehilangan waktu memerah, yang akhirnya menyebabkan stok ASIP saat ini kejar tayang. Maklum #BabyArfan miminya udah banyak,jadinya perah ASInya udah mulai keteteran,hehe). Umumnya kebutuhan mimi bayi terus meningkat seiring bertambahnya usia dan produksi ASI kadang menurun. Oleh karena itu, disarankan memerah sesegera mungkin agar memiliki stok ASIP yang cukup.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, bayi lelaki memiliki tingkat kebutuhan yang tinggi. Jadi, bagi BuSui yang memiliki bayi lelaki harus memerah sesegera mungkin. Jangan sampai kaya saya nih, baru 3 ½ bulan udeh keteteran pumping.hehe.

Intinya, BuSui harus pintar mengatur waktu untuk memerah dan menyusui agar kebutuhan ASI bayi terpenuhi.

Selamat Menyusui & Memerah BuSui ^_^
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...