Monday, September 10, 2012

Perekrutan PNS Pemprov DKI Jakarta 2010

Bagi teman-temin yang ingin melamar sebagai PNS, periode Agustus - Oktober merupakan bulan yang sangat ditunggu setiap tahunnya. Dalam periode ini, Kementrian, BUMN maupun Pemerintah Daerah umumnya membuka lowongan PNS di media massa maupun elektronik.

2 tahun lalu ketika saya merasakan 'desperate' dengan situasi dan kondisi diperusahaan lama. Iseng-iseng berhadiah (kata kiasan yang saya ciptakan sendiri, yang artinya "niat tapi ragu-ragu"), saya mulai googling lowongan CPNS. Saat itu, Lowongan CPNS dibeberapa kementrian dan BUMN sudah banyak yang ditutup. Untunglah masih ada 3 lowongan yang baru buka atau hampir ditutup, yaitu Kominfo, Sekretariat Negara dan PemProv DKI. Saya mendapatkan informasi lowongan tersebut melalui internet. Saya langsung mengecek ketiga lowongan tersebut ke website resmi instansi yang bersangkutan.

Keti
ga lowongan tersebut membuat website khusus untuk proses registrasi secara online. Jadi, saya menginput dokumen-dokumen yang diperlukan kedalam website tersebut. Setelah saya melakukan pendaftaran secara online, lalu bukti "registrasi online" diprint-out dan dilampirkan bersamaan dengan dokumen lain. Fotokopi maupun dokumen asli yang diperlukan dikirim via pos (khusus untuk Sekretariat Negara, dokumen dibawa langsung ke lokasi pendaftaran). Pengumuman hasil seleksi administrasi diumumkan di website tersebut. Setelah lolos seleksi administrasi, saya diharuskan print-out "kartu ujian" atau bukti lulus seleksi administrasi (yang kemudian bisa ditukarkan dengan “kartu ujian”.

Berhubung saya tidak lolos ujian tertulis di Kominfo dan Sekretariat Negara maka dalam artikel kali ini, saya ingin membagi pengalaman ketika mengikuti "perekrutan PNS dilingkungan PemProv DKI Jakarta tahun 2010". (maklumlah peminat di Kominfo dan Sekretaria Negara banyak sekali-hampir 1000 orang- tapi formasi untuk jurusan saya Cuma 2 orang-alibi- hehe).

 Link ini merupakan website khusus yang dibuat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov DKI Jakarta untuk perekrutan CPNS 2010 : http://www.rekrutmen.jakarta.go.id/Default.aspx (e-Recruitment CPNS DKI 2010) . Dalam website tersebut, informasi yang diberikan sangat jelas (dari formasi, persyaratan, diagram alur, dll).

 Diagram alur perekrutan CPNS DKI 2010 (menggunakan bahasa saya, hehe) :

1.      Melakukan pendaftaran secara online (persiapkan dokumen terkait disamping keyboard anda, untuk memudahkan penginputan daftar riwayat hidup. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan ulang terhadap inputan anda untuk meminimalisir terjadinya kesalahan)

2.      Melakukan print-out registrasi online dan melampirkannya kedalam amplop yang telah diisi dokumen lain. Kemudian dokumen tersebut dikirimkan melalui pos.

3.      Melakukan print-out bukti “lulus seleksi administrasi” dan menukarkannya dengan “kartu ujian” ditempat yang telah ditentukan (tempatnya dibagi menjadi 5 wilayah dan disesuaikan dengan KTP yang bersangkutan. KTP luar daerah umumnya disesuaikan.). Kalau tidak salah ingat, untuk pengumuman seleksi administrasi ± 1 bulan setelah penutupan registrasi online. –maaf neh,saya orangnya pelupa,hehe-)

4.      Ujian tertulis dilakukan di GBK. Ujian tertulis untuk SLTA & D3 tidak ada ujian bahasa inggris. Kalau tidak salah ingat, untuk pengumuman ujian tertulis ± 15 hari setelah ujian.

5.      Melakukan penginputan diwebsite lalu print-out  surat lamaran beserta surat pernyataan diatas Materai 6000. Pemberkasan dokumen di Gedung Menza (depan RS. St. Carolus). Supaya tidak kelamaan nunggu, datangnya harus pagi (ini juga berlaku ketika menukarkan kartu ujian). Jangan lupa untuk memfotokopi semua dokumen yang akan dikirimkan.

6.      Setelah pemberkasan, saatnya menguji kesabaran dengan menunggu SK pengangkatan CPNS. Hehe. (maklumlah lumayan lama sekitar 4bulanan, adanya 7bulan, so, must be patient :D). –untuk link mengenai SK pengangkatan bisa diklik sini

Sekian pengalaman saya, untuk info selanjutnya bisa dilihat diklik langsung diwebsitenya.

2 comments:

  1. klo NIP itu dberikan sebelum/sesudah SK CPNS ??? atau barengan ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. NIP itu tercantum dalam SK CPNS. NIP itu sudah distandarkan menjadi 18 angka, terdiri dari :
      4 digit angka tahun kelahiran
      2 digit angka bulan kelahiran
      2 digit angka hari kelahiran
      4 digit angka tahun pengangkatan
      2 digit angka bulan pengangkatan
      1 digit angka kode jenis kelamin ( angka 1 untuk jenis kelamin pria, angka 2 untuk jenis kelamin perempuan)
      3 digit angka no urut pegawai..

      nah, beberapa bulan setelah itu biasanya ada NRK (fungsinya untuk absensi, umumnya 6 digit angka. Tapi kalo kementrian,saya juga kurang tau apakah ada atau tidak)

      Semoga Bermanfaat ya ^_^

      Delete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...