Friday, April 12, 2013

JANGAN PAKAI ROK!!


my doc - Novotel Bangkok 29/09/10

Berangkat dan pulang kerja, saya selalu mengendarai motor. Tiap hari kerja pula saya harus melintasi lalu lintas yang ramai lancar bahkan macet dijam-jam tersebut. Sudah menjadi pemandangan yang umum banyaknya pengendara maupun penumpang motor yang menggunakan Rok (Baik rok mini maupun rok panjang). Awalnya sih saya merasa biasa saja karena itu memang sudah biasa terjadi. Tapi lama kelamaan saya jadi risih sendiri.

Beberapa kali melihat penumpang motor yang memakai rok mini selalu menutupi bagian pahanya dengan shawl/pashmina. Mungkin tujuannya supaya tidak terlihat paha dan bagian lainnya oleh pengguna jalan lain. Tapi celakanya shawl/pashmina tersebut bisa membahayakan si pemakai rok mini itu. Kenapa eh kenapa? karena si pemakai rok mini tidak dengan rapih menggunakan shawl/pashmina tersebut dan posisi shawl/pashmina tersebut menjuntai ke bawah. Saya sangat khawatir dengan kondisi tersebut karena ketika motor melaju kencang, maka kemungkinan besar shawl/pashmina tersebut bisa tertarik ke dalam jari-jari ban motor dan tidak seimbanglah motor yang berakibat jatuhnya pengendara ataupun penumpang. Kalau sudah kejadian seperti itu, bukan cuma bahaya si penumpang dan pengendara motor tetapi bisa membahayakan pengguna jalan yang lain. Sehingga saya sangat menyarankan untuk menggunakan legging ketika memakai rok mini atau lebih baik duduk miring (yang saya bahas disini pemakai rok mini dengan posisi duduk mengangkang).


Entah apa alasan mereka lebih memilih shawl/pashmina dibanding memakai legging. Mungkin juga alasannya ribet atau risih atau malu, saya tidak tahu alasan pastinya. Tapi waktu saya menjadi penumpang dan memakai rok mini, saya selalu menggunakan legging. Meskipun pernah sekali waktu teman-teman arisan mentertawai saya karena saya masih memakai legging ketika masuk ke ruangan arisan (menurut teman-teman, dandanan saya jadi aneh). Tapi saya sih cuek saja, malahan saya beruntung di arisan tersebut mendapatkan microwave gratis.. haha (lho kok malah curcol :P)...

IMHO, daripada celaka karena tidak aman berkendara.. Lebih baik diketawaian karena norak, yang penting aman berkendara. hohoho..


moral of this artikel :
  1. Pakailah pakaian sesuai dengan situasi dan kondisi, jangan terlalu memaksakan must have wear it jika kondisinya tidak memungkinkan..
  2. Jika tetap ingin memaksakan pakaian dengan kondisi tersebut, sebaiknya carilah alternatif yang lebih aman. misalnya : ganti penggunaan shawl/pashmina menjadi legging untuk dalaman rok mini selama berkendara
  3. Rok mini tidak dianjurkan dipakai ketika menumpang ataupun mengendarai motor. Alangkah baiknya menggunakan celana panjang. Itu lebih aman.
  4. Selalu berhati-hati dalam berkendara, jangan cuma memaksakan kehendak, tetap memikirkan pengendara lain

semoga artikelnya bermanfaat...
Safety riding, It a must ^_*

13 comments:

  1. Wah di sini juga sering liat gitu dan malah akunya yg ngeri ngeliatnya. Kalau dipakenya rapi sih mungkin masih gak apa ya.. aku pulang pergi kantor selama ini juga naik motor dan pake rok, karna emang seragamnya gitu. Untungnya jaraknya masih deket.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak,, aku juga ngeri liatnya, makanya nulis artikel ini,, supaya mereka lebih perhatikan keamanan..hehe..
      dulu aku ya juga pake rok buat ngantor, tapi selalu pake legging..hehe...
      selama aman buat mbak dan pengendara lainnya, ya ga masalah mbak.. Asal jangan kaya yang saya sering liat aja.. shawl/pashminanya ndak tentu arah.. :)

      Makasih mbak sudah komen diblogku.. ^^

      Delete
  2. sering ngeliat sih mbak-mbak pakai rok mini yg malah riweuh nutupin pahanya, khawatir malah motor jadi oleng....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bun..
      heboh sendiri nutupin paha, ye kalo mang tidak mau dilihat,,yo jangan pake rok pendek..hehe..

      iya bun..jadina bahayain diri sendiri dan pengendara lain ^^

      makasih udeh komen ya bun

      Delete
  3. Guru saya dulu pernah bilang, "sesuatu yang merepotkan terkadang lebih baik". Solusinya yang menurut saya paling aman adalah dengan berganti-ganti busana sesuai dengan situasi saat itu. Di kantor pakai seragam kerja, di jalan saat mengendarai motor pakai celana panjang+jaket+sarung tangan.

    Repot sih, tapi lebih aman kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,betul sekali mas..tak apalah repot,yang penting semua aman...
      yg berkendara aman aja bisa celaka, apalagi yg ga aman..hehe :v

      Delete
  4. Saya juga suka risih kalo ada cewek pake rok mini di motor (padahal saya juga cewek), gimana cowok yang liat ya? hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kata suami saya sih,,cowok juga risih kok ngeliatnya..hehe

      Delete
  5. sepakat dg Mba Novi, mending pake legging di bawah rok mininya, drpada pake syal gitu, kan membahayakan keselamatan perjalanan. :)

    Mbak, captcha ga bisa diremove aja? Bikin ribet wkt ngasih komennya. #baru main dua kali udh banyak permintaan yah? Hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udeh diremove mbak...
      Lupa kalo pake captcha...hehe
      Makasih mbak ^^

      Delete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...