Monday, June 17, 2013

Mencoba resep donat kampung

Tiap kali liat postingan resep makanan dan cemilan Mbak Diah, pasti langsung nelen ludah dan ngiler. Semua postingan resepnya benar-benar menggugah selera dan bahan-bahan yang digunakan juga tidak terlalu sulit. Sehingga resep tersebut dapat dicoba di dapur oleh pemula seperti saya. 

Saya ingin mencoba sendiri di dapur, tapi kebanyakan acara sok sibuk  di akhir minggu. Jadilah   saya berulang kali batal masuk dapur (alibi banget, hehe).
Saya memang jarang sekali masak, karena kesibukan di kantor ataupun mengurus Arfan menjadikansaya males untuk masuk dapur. Belum lagi si mami suka komplain kalau saya masuk dapur, karena dapurnya pasti berantakan, haha. Kalau masuk ke dapur biasanya karena kepepet alias Mami lagi ga bisa masak (misalnya mami lagi ga enak badan ataupun lagi nginep di rumah kaka). Saya sempet rutin masuk dapur ketika Mami terbaring sakit. Itupun saya cuma masak nasi dan sayur sop/bening (bumbu yang paling gampang). 


Entah saya yang lama masaknya (alias kurang skill) atau memang membutuhkan waktu yang lama ketika di dapur? Karena seringkali saya menghabiskan waktu hampir 1/2 hari hanya berkutik di dapur, hehe. Maklumlah jarang ke dapur, jadi kurang paham berapa lama waktu yang dihabiskan untuk memasak di dapur.

Saya memang suka masak yang praktis dan tidak menggunakan bumbu berat. Dulu sih suka banget masak spaghetti bolognese atau fettuccine karena bisa menggunakan bumbu jadi (bolognese sauce) yang dibeli di supermarket. Meskipun menggunakan bumbu jadi, saya biasanya tetap menambahkan bumbu halus dan bahan pelengkap lain supaya lebih berselera.

Karena saya itu pelupa akut, seringkali melupakan bumbu ketika memasak (meski bumbu sederhana). Sehingga setiap kali mendapat resep baru, saya mencatatnya di notes HP. Jadi tinggal buka notes tiap kali mau masak.

Berhubung weekend kali ini tidak ada acara (bener-bener kegayaan, sok sibuk, hehe). Saya masuk dapur juga dan mencoba resep donat kampung ala Mbak Diah

Pagi-pagi sekali saya sudah ke pasar untuk membeli bahan yang diperlukan untuk membuat donat (ini sih sekalian mengajak Arfan jalan-jalan). Setelah semua bahan sudah dibeli, masuklah saya ke dapur untuk membuat adonan. Ternyata "ketika masuk dapur tak semudah membaca resep". hehe.

Semua langkah pengadonan sudah sesuai dengan guidance yang tertera di resep tapi kok masih lengket. Karena masih pemula dan belum paham banget membuat adonan. Jadilah, saya membuburi terigu sambil sesekali menguleni adonan. Selain malas masuk dapur, saya juga kurang telaten dan tidak sabar. Jadi, adonan yang masih lengket (alias belum kalis), langsung saja saya diamkan 15 menit. Adonannya mengembang, setidaknya saya berhasil bikin adonan (selama ini seringnya bantet kalau buat adonan, haha). Akhirnya saya paksakan dibentuk bola-bola dan dilubangi tengahnya (ketahuan banget tidak pernah buat adonan, haha). Saya diamkan selama 45 menit sebelum di goreng.

Ini dia hasil kreasi saya di dapur, overall not bad lah. Maklum masih pemula, hehe. Biarpun teksturnya kasar tapi tetep enak dimakan, wis ludes blas tak tersisa. Tidak kelihatan kan kalau teksturnya kasar, gula halus mengambil alih bentuknya, hehe.



Next time, saya mau coba resep yang lain, semoga berhasil. ^^…

Menurut  Mbak Diah, adonan yang belum kalis boleh sesekali ditaburi terigu. Tapi bagusnya dibanting, dipukul, diremas-remas selama 15 - 20 menit supaya adonannya kalis.

Special thanks to Mbak Diah for recipes and tips... ^^


Salam Memasak ^^






10 comments:

  1. Di Demak Jateng juga hujan ters Mak.
    Malah mau banjir nih.
    Tapi mau nih kalau dilemparin donatnya yang masih anget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jakarta baru mulai hujan ni, Mak.
      cuacanya makin ga menentu..harus jaga kesehatan keluarga ni, Mak..
      waspada banjir juga, Mak..

      donatnya sudah habis, Mak..

      Makasih kunjungannya... ^^

      Delete
  2. Sipp Mak..percobaaan pertama..wajar jika masih ada yang kurang sana sini..tapi sudah bagus lho bentuknya..:)..nanti kalau coba lagi dan sudah tau trik2nya..pasti hasilnya lebih bagus. kalau mau lebih lembut lagi ..cobain resep roti pisangnya itu Mak..super lembut membelai lidah..karena pakai kuning telur semua..kalau males mentuk kepang2..di betuk bulat saja..di isi coklat atau pisang..sama enaknya..:)..semangat ya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak..

      sisa terigu kemarin rencananya emang mau dibuat roti pisang. saya juga udeh beli pisangnya.. Eh, tapi pisangnya digoreng ma Nenek..

      Jadilah mo coba minggu depan saja, tapi kayanya mo coba ganti pisang pakai sosis dan abon..hehe...

      Makasih ya Mbak.^^

      Delete
  3. To be honest. My weight has increased because I munch this donat kampung everyday, everyime. I love the one that dusted with icing sugar. Wuih, melted, manis-manis enak gitu deh. Donat kampung ku yang pertama aku buat ama ibu, dulu waktu masih kecil. Sekarang udanh ngga sempet masak..hihi..ngiler...

    ReplyDelete
    Replies
    1. masak sampe begitu, Mbak?
      Eh, tapi adekku juga suka banget donat kampung, makanya dia lebih besar dari aku.. *eh*..

      Donat kampung memang tak ada duanya, Mbak...

      aku pertama kali nyoba buat donat pas pelajaran tata boga waktu SMP..Ini pertama kali buat donat semenjak nikah...

      Iya, ni juga mumpung sempat, karena ngadoninnya harus telaten..

      Hayuk di coba buat donatnya kalau sempet, Mbak.. ^^

      Delete
  4. Aku pernah bikin donat ini.. digoreng trus lobangnya diputer2 pake kayu abis itu ditumplek di wadah yang ada nesesnya :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,,ternyata aku yang telat bikin,, hehe

      aku ga begitu suka pake meses, Mbak. Enak pake gula halus,,hehe

      Delete
  5. saya bikin donat kok nggak bisa kenyal (apa istilahnya? bantet yah?) apa kurang tepung, kebanyakan air, atau kurang baking powder yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. donat ga pakai baking powder tapi ragi, Mas.

      Wah, saya juga masih belajar, Mas. Jadi kurang paham juga kenapa bantet. Bisa jadi karena pakai baking powder..CMIIW

      Kalau kebanyakan air bukannya bantet tapi lama kalisnya alias adonannya lengket. Bisa diantisipasi pakai sedikit terigu.

      Bisa juga tanya-tanya ke Mbak Diah Didi yang lebih ahli dibidang masak memasak (diahdidi.com). Saya juga belajar dari beliau ^^

      Delete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...