Tuesday, December 31, 2013

Pendaftaran di Universitas Terbuka (UT)

Baca DISCLAIMER dulu sebelum lanjut baca keseluruhan :
  1. Saya bukan KARYAWAN UT, saya alumni UT jurusan Akuntansi lulusan Januari '14 
  2. Saya jadi mahasiswi UT sejak SEPTEMBER'10 (kuliah di UT melewati fase pacaran, menikah 2011, memiliki anak di tahun 2012 dan 2014) 
  3. TULISAN ini dibuat berdasarkan PENGALAMAN PRIBADI 
  4. Sangat disarankan membaca KESELURUHAN ARTIKEL ataupun KOMENTAR Kalau sudah paham, mari mulai dibaca 😐

Dalam artikel "Masuk gampang keluar susah (UT)" banyak sekali komentar yang menanyakan mengenai hal-hal teknis yang berhubungan dengan pendaftaran masuk di Universitas Terbuka (UT). Dari mulai kapan pendaftaran di buka, berapa biaya kuliah di UT ataupun pemilihan jurusan. Sebenarnya semua pertanyaan itu telah saya jawab di artikel tersebut. Namun, saya ingin membagi pengalaman ketika mendaftar pertama kali sebagai mahasiswa UT. Barangkali artikel ini bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai pendaftaran di UT sekaligus merangkum jawaban-jawaban saya.

UT mengenal 4 jenis registrasi, yaitu registrasi pertama, registrasi mata kuliah, registrasi ujian ulang  dan registrasi Tugas Akhir Program (TAP).

Apa itu registrasi pertama?
Registrasi pertama merupakan pendaftaran calon mahasiswa menjadi mahasiswa UT. Syarat untuk menjadi mahasiswa UT yaitu calon mahasiswa minimal berijazah SMA. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di website UT-Registrasi pertama.





Apakah untuk registrasi pertama harus datang ke kampus/UPBJJ-UT setempat?
Registrasi pertama dapat dilakukan dengan dua cara yaitu registrasi offline (datang ke UPBJJ-UT setempat) dan registrasi online. Untuk registrasi online, bisa masuk ke link Program Pendidikan Non Dasar/ Reguler (Non-Pendas) , Program Kursus Lanjutan, dan Program Pasca Sarjana , klik tabs pendaftaran. Sedangkan untuk Program Pendidikan Dasar, registrasi pertama harus datang ke UT. Ohya, Website registrasi online suka down, jadi harap bersabar jika mendaftar secara online.

Formulir registrasi bisa didownload disini

Saya sendiri melakukan registrasi pertama sebagai Mahasiswa UT tahun 2010.2 (FYI, angka 2 merupakan penanda masa ujian. UT memiliki dua masa ujisn selama 1 tahun ajaran, yaitu periode 1 dan periode 2. Tiap masa ujian memiliki waktu registrasi yang berbeda, bisa dilihat di kalender akademik (UT). Saat itu, belum ada registrasi secara online, sehingga saya diharuskan datang ke UPBJJ-UT Jakarta (karena saya berlokasi di Jakarta). Sepengetahuan saya, sistem registrasi online baru dimulai tahun 2012. Sejak saat itu, saya lebih suka melakukan registrasi online karena tidak perlu capek antri meminta print-out lembar tagihan. Tinggal klak klik di PC, langsung bisa print-out lembar tagihan dan capcus ke bank.

katalog yang saya beli ketika registrasi pertama

Ada ujian masuknya?
Sepengetahuan saya, UT tidak ada ujian masuk kecuali untuk Program Pasca Sarjana.

Apakah lulusan tahun jebot alias tahun lama bisa mendaftar di UT?
Sepengetahuan saya, tidak ada batasan umur di UT. Karena saya juga sering ujian dengan orang yang umurnya 50 tahun. Yang terpenting syarat pendaftaran dipenuhi.

Kapan sih UT membuka pendaftaran mahasiswa baru?
Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, di UT ada 2 masa registrasi. Masa registrasi pertama biasanya dimulai bulan Januari dan masa registrasi kedua biasanya dimulai bulan Juli.

Berapa sih biaya masuk ke UT?
Untuk registrasi pertama, saya diwajibkan membeli berkas registrasi pertama seharga Rp.75.000,00. Tapi bersyukurlah yang mendaftarkan UT sekarang ini karena registrasi pertama tidak lagi diwajibkan membeli berkas registrasi pertama alias GRATIS. Formulir untuk pendaftaran di gratiskan, calon mahasiswa bisa mendownload disini ataupun mengambil di UPBJJ-UT setempat.

Berapa sih uang semesteran di UT?
Biaya kuliah di UT bisa dicek disini. Waktu saya pertama kali mendaftar di UT, registrasi mata kuliah pertama sebesar Rp.20.000,00/sks dan biaya layanan administrasi sebesar Rp.60.000,00. Semester lalu, saya registrasi mata kuliah sebesar Rp.38.000,00/sks dan biaya layanan administrasi sudah hilang alias dihapuskan. Jadi, untuk menghitung biaya kuliah satu semester tinggal dikalikan 24 sks (maksimum jumlah sks yang diambil tiap semester).

Contoh : saya mengambil 18 sks (6 mata kuliah, rata-rata 1 mata kuliah berjumlah 3 sks) untuk masa registrasi 2013.2. Saya berarti membayar biaya kuliah sebesar Rp.684.000,00 untuk periode 2013.2 (18 sks X Rp.38.000,00).

Biaya untuk TTM adalah Rp.150.000,00/ mata kuliah, TTM dapat dilaksanakan jika mahasiswa yang mendaftar minimal 20 orang per kelas. Jika tidak memenuhi kuota, maka uang akan dikembalikan.

Biaya ujian online adalah Rp. 40.000,00/mata kuliah.

Untuk mata kuliah/TAP yang tidak lulus semester lalu dan diregistrasikan lagi, maka biaya registrasi ujian ulang/TAP ulang dikenakan Rp.38.000,00/sks. Jika tidak lulus Praktikum, maka dikenakan biaya registrasi ujian ulang Rp.38.000,00/sks dan registrasi praktikum ulang Rp.190.000,00.  Sedangkan jika tidak lulus Karya Ilmiah dan diharuskan mengulang, maka dikenakan biaya sebesar Rp. 200.000,00. Jadi, jangan sampai deh tidak lulus, sayang duitnya, hehe. (Angka ini khusus untuk jurusan Akuntansi S1, lebih lengkapnya bisa dilihat disini)

Lalu ambil SIPAS atau Non-SIPAS?
SIPAS adalah sistem paket semester. SIPAS dikategorikan kedalam 3 jenis, yaiitu Full, Penuh dan Semi. SIPAS Full dikhususkan untuk mahasiswa Bidikmisi (saya kurang paham apa artinya), sedangkan SIPAS Penuh dikhususkan untuk mahasiswa program kerjasama. Kalau Anda kurang memahami pemilihan mata kuliah yang akan diambil, alangkah baiknya jika mengambil SIPAS semi atau SIPAS non TTM. Tapi jika Anda ingin melanjutkan kuliah S1 karena mahasiswa pindahan ataupun lulus D3, maka lebih baik mengambil non SIPAS.

Kenapa lulusan D3 atau pindahan mengambil Non-SIPAS?
Umumnya, ketika Anda mendaftar di suatu Perguruan Tinggi, Anda diminta untuk melampirkan transkrip nilai D3 atau transkrip nilai semester yang sudah ditempuh. Selain itu, Anda diminta untuk melakukan ujian martikulasi atau mata kuliah yang akan diakui. Jadi, pas Anda menjadi mahasiswa di perguruan tinggi tersebut, otomatis Anda dapat langsung memilih mata kuliah mana saja yang harus diambil. Mata kuliah yang lulus ujian martikulasi dan telah diakui oleh perguruan tinggi tersebut tidak perlu ditempuh lagi.

Sebenarnya hal itu juga berlaku di UT, tapi UT tidak ada ujian martikulasi. Tapi untuk dapat dibebaskan dari mata kuliah yang telah ditempuh di D3 atau kampus sebelumnya harus mengajukan permohonan terlebih dahulu dan mahasiswa harus terdaftar dulu sebagai mahasiswa UT. Jadi, UT itu ibaratnya belum mengakui nilai sebelumnya. Intinya sih beda proses. Perguruan Tinggi lain prosesnya ketika mendaftar, sedangkan UT prosesnya ketika jadi mahasiswa.

Nah, kalau ambil SIPAS, berarti kan tidak bisa memilih mana yang masih harus ditempuh. Berbeda kalau memilih non-SIPAS, bisa memilih mana dulu yang kira-kira bisa ditempuh di semester awal. Supaya tidak seperti saya waktu dulu, registrasi mata kuliah di semester awal, ternyata pas di alih kredit malah dibebaskan. Kalau sudah begitu kan sayang uangnya, hehe. Waktu saya alih kredit, mata kuliah kompetensi pendukung dibebaskan alias tidak perlu saya tempuh di UT.

TTM itu wajib ga?
TTM atau Tutorial Tatap Muka atau kuliah ketemu dosen wajib ga wajib. Kalau ambil SIPAS semi, ya wajiblah TTM karena biaya TTM sudah termasuk dalam biaya kuliah persemester. Kalau SIPAS non-TTM ataupun non-SIPAS, TTM ga wajib. Yang pasti, tiap registrasi mata kuliah otomatis bisa ikutan tuton alias tutorial online.

UT menerima mahasiswa hamil ga?
Saya pernah kok TTM dalam keadaan hamil besar. Sebenarnya sih tidak masalah, asalkan waktu ujian bisa hadir. Lahiran kan masih bisa diprediksi, jadi bisa kira-kira mampu hadir ujian atau tidak. Perhatikan HPL dan coba cocokkan ke kalender akademik.

Berapa lama TTM/Tuton?
TTM/Tuton biasanya berlangsung selama 8 minggu.

Website UT kok tidak bisa dibuka ya?
Harap maklum, menjelang pengumuman nilai biasanya suka down. Saya juga sering mengalami tidak bisa akses sama sekali. Maklumlah yang mengakses UT bukan hanya dari Indonesia saja, tapi dari luar negeri juga, ditambah lagi mahasiswa UT juga tersebar dimana-mana. Jadi, coba lagi hari berikutnya. ^^

Nah, bagi yang mau daftar, registrasi pertama periode 2014.1 akan dimulai tanggal 02 Januari 2014. Lebih lengkapnya bisa lihat Kalender Akademik.

Mau tau kelebihan UT apa aja? bisa baca di artikel Masuk gampang keluar susah (UT)

Buat yang mau alih kredit alias meneruskan kuliah sebelumnya, tunggu ya, masih saya draft artikelnya, hehe.

Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman saya. Selain itu, saya juga mengutip dari Website UT.

Semoga bermanfaat ^^

Tambahan informasi dari Mas Anton
Melengkapi penjelasan Mba Novi ttg SIPAS. Kalo SIPAS penuh, maka kita ga perlu lagi ikut TUTON ( Tutorial Online), karena semua mat kul wajib ditempuh secara TTM (Tutorial Tatap Muka). Makanya kalo ambil SIPAS penuh ya kita seperti di kampus lain yg sistemnya Kuliahnya reguler di ruang kelas kampus dan biaya TTM sudah termasuk biaya SIPAS Penuh ini tiap semesternya. Sehingga kegiatan TTM ini menjadi WAJIB diikuti oleh setiap mahasiswa yg mengambil sitem SIPAS Penuh ini. Makanya untuk SIPAS penuh ini, baru diterapkan untuk Program Padca Sarjana UT dan beberapa Program Studi S1 tertentu saja, belum ke semua program studi di UT. Sedangkan untuk SIPAS Full sama dengan SIPAS Penuh tetapi hanya untuk Mahasiswa Terpilih yg lulus ujian saringan masuk oleh pihak UT serta mendapatkan beasiswa Bidik Misi saja dan jurusannya pun ditentukan oleh pihak UT. Jadi mahasiswa Bidik Misi ini harus berkuliah di jurusan tertentu tsb dan tidak bisa memilih kuliah di jurusan lainnya. Mahasiswa Bidik Misi juga mendapat beasiswa FULL dari kampus UT selama 4 tahun untuk menamatkan pendidikan S1 di kampus UT, dengan konsekuensi bila dlm 4 tahun mahasiswa tsb belum lulus, maka mahasiswa tsb wajib menyelesaikan studinya dengan biaya sendiri.

42 comments:

  1. selamat tahun baru bu, semoga yang daftar bener2 niat belajar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat tahun baru juga, Mas.
      Betul, segala sesuatu yang penting kan niat. ^^

      Delete
    2. Makasih Mbak Novy karena koment saya diangkat ke atas. Terima Kasih juga sama Mbak Novy, karena berkat baca sharing Mbak Novy, Saya termotivasi untuk kuliah di UT dan merasakan bangganya ikutan wisuda bersama wisudawan lain dari seluruh Indonesia dan dari luar negeri di Gedung UTCC Kampus UT Pusat Pondok Cabe Tanggerang Selatan. Semoga blog mbak novy bisa berguna buat mahasiswa dan calon mahasiswa UT yang lainnya ya.

      Delete
    3. INILAH KISAH NYATA SAYA . . . . . . .DENGAN SOLUSI CEPAT KAYA
      BAYAR HUTANG DENGAN CEPAT SUKSES DAN PUNYA USAHA SENDIRI
      MOMENT BERSEJARAH BUAT HIDUP SAYA DAN KELUARGA
      Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara indonesia saya di panggung ini, Tuhan telah benar-benar setia kepada saya dan seluruh rumah saya sejak bulan Mei 2017, kesaksian dan kabar baik saya berjalan seperti ini,
      Nama saya Y Sigit Wijatmaka, islam dalam agama dan saya berasal dari kota Serang indonesia, dengan alamat saya di bawah ini:
      Jl. Azalea 6 No. 65 Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang, RT 005 / RW 007 Serang, saya seorang pemasar dan juga seorang penasihat bisnis di perusahaan tempat saya bekerja, saya ingin menggunakan platform ini untuk menginformasikan semua hal di platform ini yang yang membutuhkan dan mencari dana dengan cepat yang tulus.
      Saya dan istri saya dapat Anda lihat di foto profil saya berada dalam hutang yang sangat besar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman secara cepat dan instan tanpa resiko untuk melunasi hutang dan kami menghubungi KI JAMBRONG untuk mengajukan pinjaman dari PENARIKAN DANA GAIB yang pada bulan MEI 2017 yang lalu,
      INILAH KISAH PAHIT SAYA . . . .ATAU BISA DIBILANG DALAM SEJARAH HIDUP SAYA YANG KELAM
      kami ditipu oleh pemilik PERUSAHAAN dengan meminta kami membayar banyak biaya yang kami bayar dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjamannya, kami kehilangan sekitar 55 juta ke perusahaan pinjaman palsu di syngapore karena kami mengajukan pinjaman sebesar 1 miliar dan dengan semua biaya yang kami bayar, kami tidak mendapat pinjaman dan saya dan istri saya sangat frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami bangkrut dan muak dengan kehidupan .

      AWAL TITIK BALIK KEHIDUPAN SAYA. . . .BISA DIBILANG INILAH KISAH HIDUP SUKSES SAYA

      Jadi, Tuhan sangat baik hati, kami berdoa agar Tuhan mengarahkan kami ke seorang yang bisa membantu keadaan dan ke uangan kami,pada hari yang bersejarah dalam hidup saya tepatnya pada hari sabtu tanggal 20 Mei 2017, saya sedang browsing internet ketika saya bisa menemukan kesaksian seorang wanita indonesia dengan nama Novi Setyaningsih dengan alamat facebook/email setyaningsihnovi@yahoo.com
      yang berasal dari kota megalang, bagaimana Tuhan mengubah kehidupan finansialnya melalui KI JAMBRONG dengan pinjaman DANA GAIB dia meminta saya untuk menghubungi KI JAMBRONG dan dia mengenalkan saya kepada KI JAMBRONG dan dia memberi saya keberanian UNTUK mengajukan pinjaman dari KI JAMBRONG dan saya pun menghubungi beliau dengan NOMOR 0853-1712-1219
      dan SAYA mendapat pinjaman dari KI JAMBRONG sebesar 5 MILYAR yang merupakan pemilik PADEPOKAN . PENARIKAN DANA GAIB yang kemudian mengubah hidup saya sebelumnya yang di hina dan tidak dihargai oleh orang ,sekarang saya sudah berkecukupan dan mapan sebagai 1 keluarga punya usaha sendiri dan MOBIL PRIBADI kemudian untuk informasi lebih lanjut tentang KI JAMBRONG bisa MENGHUBUNGI = 0853-1712-1219 BELIAU benar-benar membantu kehidupan saya pinjaman dari DANA GAIB benar-benar mengubah hidup saya TERIMA KASIH KI JAMBRONG SEMOGA SEHAT SELALU
      akhirnya 5 Milyar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN SILAHKAN HUB AKI JAMBRONG DI 0853-1712-1219.)

      ANDA JUGA BISA BERKONSULTASI MASALAH LAIN SEPERTI : TOGEL,PELARIS,SANTET,TUYUL,PERCINTAAN/ASMARA ATAU MASALAH GAIB LAINNYA.
      INI TIDAK AKAN BERHASIL TANPA ADA KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN DALAM DIRI ANDA SENDIRI

      Catatan: satu kata sudah cukup untuk orang bijak dan terima kasih banyak atas bacaan kesaksian dan kabar baik saya
      Tuhan memberkati kalian semua!

      Delete
    4. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 2.000.000
      • SMA = Rp. 3.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Delete
  2. Makasih infonya, mak, :)
    Met tahun baru 2014 ya...

    ReplyDelete
  3. informasina bisa jadi referensi ibuna masuk pascasarjana nya nih kayana...nuhun ah.

    ReplyDelete
  4. Wah, kebetulan nemu ini. Mau lanjutin dari D3 tapi terkendala biaya. Mudah-mudahan ini bisa jadi solusi :)
    Makasih banyak sharingnya mbak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak. Biayanya terjangkau kok di UT.

      Aamiin.

      Sama2, Mbak

      Delete
  5. wah informasi berguna ni Mak.. sayang websitenya lagi ga bisa dibuka. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Mak.

      Sepertinya lagi persiapan untuk pengumuman nilai semester lalu, Mbak. Bisa juga karena banyak yg akses jadina down (menjelang pengumuman nilai, kadang emang suka begini, hehe).

      Delete
  6. Selamat tahun baru mbak. Menarik nih aku mau lihat2 UTnya ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat tahun baru, Mbak Lid.

      Webnya kayanya lagi down, Mbak. :D

      Delete
  7. Wah, cocok utk ibu2 nih. Jadi pengin ikut yg pasca. Lha tp kalau pindah2 gini gimana tatap mukanya dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, emang cocok banget, Mak. Bisa kuliah online.

      Hmmm, kalau ga salah yang pasca sedikit berbeda dengan s1 karena wajib tatap muka. CMIIW.

      Setau saya sih bisa pindah UPBJJ juga. Waktu itu temenku ada yang daftarnya di UPBJJ Palembang, tapi ujiannya di UPBJJ Jakarta karena kebetulan dinas di Jakarta. Secara teknis aku kurang paham juga gimana caranya, hehe. Tapi sih di kolom registrasi emang bisa pilih lokasi ujian, mungkin milih disitu. CMIIW

      Delete
  8. selamat tahun baru, Mak.

    Walopun belum ada niat untuk kuliah lagi. Saya tetep baca2, ah. Sapa tau bisa saya bagi lagi infonya. Thx, ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat tahun baru juga, Mak.

      Iya, Mak. Mudah2an infonya bermanfaat ya ^^

      Delete
  9. wih hebat, masih semangat kuliah euy :) Saya mah udah males hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah masih semangat. Demi masa depan anak juga ini ^^

      Delete
  10. Mbak Novia tau informasi UT di Surabaya? baca postingan Mbak ini saya jadi pengen daftar juga.. murah sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa langsung menghubungi UPBJJ-UT Surabaya
      Kampus C Universitas Airlangga,
      Jl. Mulyorejo, Surabaya 60115
      Telp. 031-5961861, 5961862
      Faks. 031-5961860
      E-mail: ut-surabaya@ut.ac.id
      http://www.surabaya.ut.ac.id/

      Delete
  11. salam kenal mba novi. saya baru saja selesai registrasi 205.1 di UT Jakarta, sudah lulus d3 sebelumnya, di UT saya ambil S1 Inggris Penerjemahan. Mau tanya, di alih kredit ada form yang mengharuskan saya kembali ke PT lama. Posisi saya skrg tinggal di Jakarta,sementara dulu saya kuliah di Purwokerto. Apakah harus kembali lagi ke sana, atau ada pengecualian? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada pengecualian, Mas. ketentuannya memang seperti itu.

      info jelasnya bisa ditanya ke UPBJJ setempat.

      Delete
  12. Melengkapi penjelasan Mba Novi ttg SIPAS. Kalo SIPAS penuh, maka kita ga perlu lagi ikut TUTON ( Tutorial Online), karena semua mat kul wajib ditempuh secara TTM (Tutorial Tatap Muka). Makanya kalo ambil SIPAS penuh ya kita seperti di kampus lain yg sistemnya Kuliahnya reguler di ruang kelas kampus dan biaya TTM sudah termasuk biaya SIPAS Penuh ini tiap semesternya. Sehingga kegiatan TTM ini menjadi WAJIB diikuti oleh setiap mahasiswa yg mengambil sitem SIPAS Penuh ini. Makanya untuk SIPAS penuh ini, baru diterapkan untuk Program Padca Sarjana UT dan beberapa Program Studi S1 tertentu saja, belum ke semua program studi di UT. Sedangkan untuk SIPAS Full sama dengan SIPAS Penuh tetapi hanya untuk Mahasiswa Terpilih yg lulus ujian saringan masuk oleh pihak UT serta mendapatkan beasiswa Bidik Misi saja dan jurusannya pun ditentukan oleh pihak UT. Jadi mahasiswa Bidik Misi ini harus berkuliah di jurusan tertentu tsb dan tidak bisa memilih kuliah di jurusan lainnya. Mahasiswa Bidik Misi juga mendapat beasiswa FULL dari kampus UT selama 4 tahun untuk menamatkan pendidikan S1 di kampus UT, dengan konsekuensi bila dlm 4 tahun mahasiswa tsb belum lulus, maka mahasiswa tsb wajib menyelesaikan studinya dengan biaya sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, infonya jelas bgt neh..

      ijin tak naikkan ke atas ya.

      makasih banyak, Mas

      Delete
  13. Assalamualaikum wr wb, salam kenal mba :) aku miranda dari bogor baru lulus SMA tahun ini, dan aku berniat untuk berkuliah diUT, aku mau tanya jalur masuk UT itu lewat tes atau apa? soalnya setau aku kalo universitas negeri yang lain kan jalur masuknya melalui jalur snmptn/sbmptn/jalurmandiri. Mohon jawaban nya mba :) wallaikumsalam wr wb.

    ReplyDelete
  14. mbak lama perkuliahan di UT brp tahun ya? saya rencana ingin ambil ilmu komunikasi. saya dari semarang. bs invite pin saya mba? 758136C2. thx ya mba, blognya membantu bgt.

    ReplyDelete
  15. Gimana caranya untuk kuliah di UT? Ko' aku bingung bnget, sdngkan posisiku ada di jeddah.?

    ReplyDelete
  16. bang ut bisa bidikmisi ya?
    lewat mana?

    ReplyDelete
  17. Makasih Mbak Novy karena koment saya diangkat ke atas. Terima Kasih juga sama Mbak Novy, karena berkat baca sharing Mbak Novy, Saya termotivasi untuk kuliah di UT dan merasakan bangganya ikutan wisuda bersama wisudawan lain dari seluruh Indonesia dan dari luar negeri di Gedung UTCC Kampus UT Pusat Pondok Cabe Tanggerang Selatan. Semoga blog mbak novy bisa berguna buat mahasiswa dan calon mahasiswa UT yang lainnya ya.

    ReplyDelete
  18. Mau nanya nih.. Kalau saya cuma tamat sma tapi mau ambil PGSD bisa gak? Soalnya aku ada baca di web lain katanya PGSD itu khusus untuk guru saja.. Tolong di jawab ya makasih 😊

    ReplyDelete
  19. di UT khusus pascasarjana atau ngga ya?
    lulusan smk bisa?

    ReplyDelete
  20. Mohon maaf, saya lulusan S1 Pend.B.Jerman, karena suatu hal saya diharuskan untuk mengambil S1 PGSD. Apakah bisa saya mengambil kredit matakuliah alih jur. Dari S1 Pend. BHS jerman ke S1 Pgsd di UT? Mohon bantuannya..

    ReplyDelete
  21. Mau nanya nih mba kalau karyawan yg bekerja shift bisa kuliah di UT tidak ya??

    ReplyDelete
  22. Assalamu alaikum mbak novi, mau nanya nih mbak singkat saja kalau Non sipas maksimal 24 sks persemester, kalau minimalnya berapa sks mbak? Mohon balasannya

    ReplyDelete
  23. mba novi mau tanya dong kalau di UT itu bisa sambil kerja ga ya ?

    ReplyDelete
  24. Terima kasih informasinya. In sya Allah tahun 2017 ini aku mendaftar.

    ReplyDelete
  25. Aslkum , maaf mbak mau tanya kalo sambil kerja berarti enaknya ambil yg SIPAS yg apa ? Soalnya kerjanya sift2an.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  26. Mbak Novia, terima kasih penjelasannya hal alih kredit. Kalau lulusan D3 Akuntansi PTN melanjut ke Akuntansi S1 UT, apakah punya Tabel Mata Kuliah yg dapat ditransfer? tolong kirimi ke email saya ravendrailham@gmail.com
    terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  27. Saya juga lagi gualai nih mbak Novia. Saya lulusan D3 Akuntansi di salah satu PTS jakarta. Berhubung untuk dapat mengikuti sertifikasi Perpajakan harus minimal S1. Untuk itu skrg nih saya mengambil S1 di PTS Depok semester I. Namun jumlah semester yg harus diselesaikan adalah 3 tahun atau 6 semester.

    Kalau di UT jika memang traskrip nilai diakui semua, berarti sisanya apakah benar2 bisa diselesaikan dalam 1 atau maksimal 1,5 tahun?

    Moon pencerahannya Mbak. tks

    ReplyDelete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...