Monday, April 29, 2013

Masuk gampang keluar susah - Universitas Terbuka (UT)



Baca DISCLAIMER dulu sebelum lanjut baca keseluruhan :
1. Saya bukan KARYAWAN UT, saya alumni UT jurusan Akuntansi lulusan Januari '14
2. Saya jadi mahasiswi UT sejak SEPTEMBER'10 (kuliah di UT melewati fase pacaran, menikah 2011, memiliki anak di tahun 2012 dan 2014)
3. TULISAN ini dibuat berdasarkan PENGALAMAN PRIBADI
4. Sangat disarankan membaca KESELURUHAN ARTIKEL ataupun KOMENTAR
Kalau sudah paham, mari mulai dibaca ;)

Untuk mahasiswa/i UT kalimat "Masuk gampang keluar susah" bukan hanya sebuah kiasan melainkan fakta adanya. Nah inilah kalimat pertama yang saya lontarkan ketika ada yang menanyai pendapat mengenai UT. Saya melontarkan kalimat tersebut bukan untuk menjelekkan UT atau niat buruk lainnya, melainkan saya ingin si penanya mengenal lebih dahulu UT sebelum menanyakan pendapat kepada saya. ada pepatah "tak kenal maka tak sayang". Dalam hal memilih universitas juga seperti itu, harus tahu betul seluk beluknya sebelum memutuskan mendaftar (eh,tapi saya kemarin langsung daftar, jadi tahunya belakangan, hoho)

Ada beberapa yang langsung mengurungkan niatnya untuk mendaftar tapi ada pula yang cari info melalui website UT atau langsung ke UPBJJ-UT Jakarta yang berlokasi di Rawamangun.


Dalam artikel ini, saya ingin menuliskan sedikit pengalaman selama kuliah di UT.

"Masuk gampang, keluar susah" di UT memang jadi hal yang umum. Kenapa eh kenapa? Salah satu faktor yang paling mempengaruhi adalah nilai. Di UT untuk mendapatkan nilai A tidaklah semudah diuniversitas atau sekolah tinggi lain. Buat saya, nilai A itu didapat dengan penuh perjuangan. Sejauh ini, saya baru sekali dapat nilai A di UT, itupun karena saya mengikuti Tutorial Tatap Muka (TTM-perkuliahan yang dilakukan di dalam kelas kalau dikampus lain). Waktu itu, saya pernah mengikuti TTM dalam kondisi hamil-perjuangan sekali-.(Jangan-jangan dapet nilai A karena tutornya kasian ma saya ya. Wong saat itu kelasnya dilantai 3 langsung pindah ke lantai 1 karena tutornya tidak tega lihat saya naek turun tangga..hohoho).

Nilai merupakan hal terpenting bagi seorang pelajar/mahasiswa. Karena nilai adalah prestasi belajar dari seseorang. Alhamdulillah ya IPK saya diatas 3 ketika saya menyelesaikan Diploma 3 Akuntansi di Politeknik Negeri Jakarta tapi tidak dengan di UT, susahnya minta ampun (ini sih karena efek males juga sih,hehe).

Seperti yang sudah sebutkan diatas, mendapat nilai bagus di UT tidak semudah di universitas/sekolah tinggi lain. UT tidak mengenal adanya Ujian tengah semester (UTS), UT hanya mengenal Ujian akhir semester (UAS). Jadi, untuk penilaian akhir didapat dari nilai tugas di tutorial online (tuton) ataupun TTM, keaktifan mengikuti tuton ataupun mengikuti TTM dan nilai UAS. Selama ini saya hanya mengikuti tuton dan jarang mengumpulkan tugas (itupun hanya sesekali mengakses tuton kalau lagi inget. Keseringan sih lupa dan baru inget menjelang UAS, haha). Selama itu pula nilai akhirnya berkisar antara nilai C dan D, jadi istilahnya nilai akhir pure dari UAS. Pernah sekali dapet nilai B (faktor keberuntungan kayanya, hohoho).

Kendala awal setelah mendaftar di UT, males ikutan tuton dan berakhir dengan nilai kurang memuaskan. Setelah itu, saya agak desperate sehingga saya tidak mengikuti tuton dan ujian di semester 2 (so, tidak ada nilai disemester ini dan uang semesteran terbuang begitu saja. Untungnya-Orang Indonesia neh, tetep aja bilang untung,hehe- uang semesteran tidak mahal ^^).

Saat itu, saya merasa tidak mampu mengikuti cara belajar di UT karena kemalasan tingkat akut dan pesimis bisa lulus dengan nilai bagus (maklumlah IPK 3 menjadi beban buat saya, dalam artian saya HARUS mendapatkan IPK lebih dari itu). Alhamdulillah punya pacar yang pengertian (waktu itu belum nikah sama si pacar ^^), jadilah dia terus menyemangati saya untuk terus melanjutkan perjuangan ini. Setelah berpikir cukup lama, akhirnya saya memutuskan untuk tetap melanjutkan di UT. Selain karena dukungan pacar, hasil alih kredit (penyetaraan mata kuliah dari D3 untuk melanjutkan ke S1) juga sudah saya terima. Sehingga saya bisa mengatur kembali mata kuliah apa saja yang akan diambil semester depan. Saya mulai menata kembali rencana kuliah di UT.

Kendala utama saya di UT adalah kesulitan mendapatkan nilai bagus. 

Solusi mendapatkan nilai bagus di UT
1. Rutin mengikuti tuton
Sebisanya mungkin saya harus mengakses tuton, minimal 1 minggu sekali. Aktif dalam forum diskusi dan jangan lupa mengirimkan tugas yang diberikan tutor ontime.

2. Wajib baca modul pembelajaran
Modul pembelajaran sangat diperlukan untuk mengerjakan tugas dan belajar untuk ujian. FYI, modul UT berbeda dengan buku kuliah ditempat lain. IMHO, modul UT sudah diringkas dan dipadatkan dari berbagai macam buku kuliah yang umum. Bahasanya juga lebih sederhana, karena buku di tempat lain biasanya terjemahan dan kalimatnya agak susah dipahami.

Kalau dulu, untuk memiliki modul pembelajaran, saya harus membelinya secara online di Toko Buku Online UT. Namun, jika tidak memiliki cukup dana untuk membeli, Anda bisa mengakses modul tersebut di Ruang Baca Virtual UT.

3. TTM
Kelebihan mengikuti TTM karena hal-hal yang kurang dipahami dapat ditanyakan ke tutor (sebutan lain dosen di UT). Setidaknya saya lebih memahami materi kuliah jika ikut TTM.

Kesimpulannya, untuk mendapatkan IPK 3 di UT perlu perjuangan yang luar biasa. Jadi, berapapun IPK yang didapat di UT, saya sangat bangga. Jadi, jangan takut dengan "masuk gampang keluar susah" karena dengan perencanaan yang matang, pasti bisa keluar dengan mudah. Yang terpenting manajemen waktu dan usaha keras melawan malas. Meski saya juga belum selesai S1 di UT. Tapi saya yakin bisa menyelesaikannya akhir tahun ini. Meski telat 1 tahun, tapi saya ingin mahasiswa/i UT tidak patah semangat. "Masuk gampang keluar susah" harus diganti dengan "masuk gampang keluar gampang".

Kelebihan UT adalah :
  1. Universitas negeri 
  2. Menggunakan sistem pembelajaran Jarak Jauh, Mahasiswa/i dituntut agar aktif mengakses "tutorial online". 
  3. Biaya Pendidikan terjangkau 
  4. Alih Kredit juga mudah
 
So, ada yang berminat di UT? Silakan baca informasinya di website ut.ac.id atau bisa juga bisa download katalog UT di link ini)

Daftar artikel saya mengenai UT :

  1. Gedung Baru UPBJJ Jakarta
  2. Mendongkrak nilai di UT
  3. Pendaftaran di UT
  4. Alih Kredit di UT
  5. Sistem Ujian Online di UT


Semoga bermanfaat.

300 comments:

  1. saya juga kuliah di UT mbak, malasnya bener mbak nggk ketolongan,masuk UT karna banyaknya Job manggung dan double kerjaan mbak, dan nggak bakalan bisa kongkow sama kegiatan lain kalau ambil kuliah malam.

    tapi keselnya Mbak TTM kenapa hari minggu, padahal hari minggu waktunya buat senang-senang, hahaha... ^^
    belom lagi hari minggu jadwal siaran merapat,MC padat, ya udah tinggalin deh tuh kelas, nitip absen.

    Pernah juga ikutan Online,astaga mbaaakkkk.. setengah mati keselnya servernya busy melulu, mana postingan dikejar deathline mbak..

    Nggak tau deh smester ini nilai gimana, pasti hancur lebur deh.. hahaha ^^
    smester depan kagak gini lagi dah.. *dah yakin E smua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayoo,,diubah pola belajarnya...
      ga perlu sering ikutan tuton, yang penting rutin...

      kalo TTM mending disempatkan datang, karena bisa bertanya hal yang tidak dipahami di modul...

      Saya awalnya juga malas, tapi saya termotivasi untuk menyelesaikan secepatnya.. Nilai penting tapi bukan prioritas.. Yang penting saat ini bisa selesai ontime ^^

      Delete
  2. wah bener, yg penting semangatnya ya, kalau udah niat dan semangat pasti bisa mbak
    salam kenal
    www.chameleonboys.com :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh..
      kuliah dimanapun yang penting niat..Kalau udah niat, insya Allah dikasih jalan...

      salam kenal juga bayu...
      makasih sudah berkunjung, maaf belum bisa kunjungan karena webnya masuk dalam kategori di *block* oleh kantor,,hihi

      Delete
  3. Dulu aku juga masuk UT ilmu pemerintahan *jaman masih gadis....eh, ujiannya ituuuh, susahnya minta diampuni *keluar KHS...alamak IPKnya semau gue banget daaach *belajarnya juga susah, eh Alhamdulillah diterima diuniversitas negeri yang bisa tatap muka ma dosennya *tapi UT keren, bapakku lulusan UT setelah 10 tahun kuliah, sambil nyambi kerja dan ngurus anak *eaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak,,susah banget untuk nilainya..
      apalagi kalo cuma modal nekad seperti saya waktu awal kuliah..saya cuma ikutan tuton tanpa beli modul..Alhasil pas ujian, jawabannya nalar...haha

      Alhamdulillah ya mbak bisa masuk universitas negeri lain yang tatap muka..

      kalau saya sudah memungkinkan melanjutkan di universitas negeri lain karena terkendala dengan waktu..hehe

      Delete
    2. Saya juga mahasiswa UT Prodi Ilmu Administrasi Negara registrasi awal 2012.1, emang menurut saya kuliah di UT emang susah gampang mengapa saya mengatakan begitu karena mencari nilainya emang susah. disemester 1 dan 2 saja IP saya hanya 2.62 dari 24 sks yang saya tempuh setiap semesternya namun dari situ saya pelajari sistem belajar di UT. Selanjutnya saya membuat rancangan dan strategi untuk kelanjutan sistem belajar saya dengan terlebih dahulu menyusun mata kuliah yang ada dikatalog menjadi susunan makul tiap persemesternya dengan maksimal 24 sks persemester. Strateginya yaitu dengan memaksimalkan waktu luang yang ada untuk membaca modul misalnya ketika dikantor tidak sibuk dari pada bergosip mending baca modul atau saat bersantai dirumah, dan selanjutnya aktif mengikuti Tutorial Online dan rutin mengerjakan tugas dan diskusi selama 8 minggu. Alhamdulillah semenjak hal itu saya lakukan IP saya meningkat menjadi 3 keatas sejak semester 3 hingga 5 dan sekarang saya baru registrasi untuk semester 6 periode 2014.2 dengan mengambil TAP dan KARYA ILMIAH karena disemester 5 saya telah menempuh 120 sks dan Insyaallah akan selesai tahun ini. Semoga dimudahkan jalan saya dalam menyelesaikan kuliah saya mohon doanya teman".

      Delete
  4. makasih mbak informasinya, sekarang jadi tahu tentang UT

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mbak..
      senang bisa berbagi informasi ^^
      makasih kunjungannya mak ^^

      Delete
  5. dulu nyaris kuliah di UT juga, secara dekat sama rumah Ciputat.

    Tapi akhirnya memilih kuliah extension yang kampusnya gak jauh dari kantor.

    masuknya gampang juga, keluarnya susah ... susah sebentar, karena disambi punya anak dan sakit parah.

    jadi lah mendapat gelar MAPALA alias mahasiswa paling lama.

    7 tahun baru lulus hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ni mak, jadi MAPALA...
      normalnya kan alih program dari D3 ke S1 paling lama 2 tahun.. Ini saya hampir 3 Tahun..

      Makasih kunjungannya Mak ^^

      Delete
    2. permisi, mbk mau nanya untuk program dkv ada nggak mbk?

      Delete
    3. dkv tuh apa ya, Mas? saya malah ga ngerti

      Delete
    4. Bantu jawab ya Mba Novi
      DKV / Desain Komunikasi Visual gak ada mas khoirul huda di kampus UT

      Delete
  6. Wah, makasih buat blognya mba. Saya sedang mencari di google dengan kata kunci "Universitas terbuka lulus susah?" & nemu blog mba ini.
    Tahun ini tepatnya Juli ini saya mau mendaftar di UT tapi ada keraguan karena banyak teman saya bilang UT itu susah lulusnya, malah ada yang ga tau UT itu apa..:p
    Memang suksesnya kuliah patokannya ketekunan & niat ya..
    Tapi selama ini ada gak kekurangan dari UT yang mba rasa?
    Thanks u/ infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Kendala di UT itu cuma malas & kurang perencanaan aja..
      Dituntut jadi org dewasa yang bijak mengatur waktu..hehe
      Kalo kekurangan sih tutorial online tutor/dosennya kurang berinteraksi. Jadi kalo ga tau sama sekali dasar ilmunya bisa keder jika hanya mengandalkan tuton.

      Makasih atas kunjungannya ^^

      Delete
  7. Mbak saya juga mau mendaftar di UT,tp apakah bisa kuliah di ut dalam keadaan hamil.maaf agak jauh dari topik.tapi mohon balasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru dibalas, Mbak.

      Bisa kok, Mbak. Yang penting bisa datang pas waktu ujian. Perhatikan HPL dan lihat di kalender akademis.

      ^^

      Delete
  8. assalamualaikum. saya sulis, saya mau daftar UT tapi masih bingung, sebenernya ada nggak untuk ujian masuk UT seperti UMB gitu? trus kalo ada susah nggak ya? saya dari jurusan ipa tapi saya pingin ambil jurusan komunikasi bisa nggak mba ya, makaasiihh mbak buat informasinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepengetahuan saya sih ga ada, Mbak.
      Utk pendaftaran hanya beli katalog di UPBJJ-UT..Info jelasnya bisa buka ut.ac.id ,Mbak
      Sama2, Mbak ^^

      Delete
  9. mbaak, nilai ujian pertama udah keluarr, daaan, di dominasi D sama C, zz, padahal udah rutin tuton dan slalu kirim tugass, :') gimana dong triknya :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti harus ikutan TTM, Mas. hihi

      Hasil TTM saya, Alhamdulillah bagus ^^

      Delete
    2. Wah, itu tandanya harus ikutan TTM supaya lebih mantabs. Tuton itu ga enaknya, tutornya ga semuanya aktif, jadina ya mending ikut TTM

      Sekarang prepare untuk semester baru aja ya, ulangnya nanti aja kalau semua mata kuliah sudah diambil atau ulangnya 1 mata kuliah tiap semester (dicicil gitu)

      Tetep semangat ya, Insya Allah nanti ada jalan. ^^

      Delete
  10. Pengen daftar online kok susahya di web nya. Apa mending langsung ke kampusnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini maksudnya registrasi pertama atau registrasi mata kuliah ya?

      kalau registrasi pertama alias mahasiswa baru, ya harus datang ke UPBJJnya.

      kalau registrasi mata kuliah, linknya emang suka down, jadi ya sabar-sabar aja ya. ^^

      Delete
  11. saya Juga Masuk UT gan,, baru mau masuk semester 2.. doain gan smoga saya bisa cepat selesai Kuliahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cemungud Cemungud eaa *alay mode on*.

      Yang penting harus menguatkan niat, Mas.
      Aamiin, smoga bisa lulus tepat waktu.

      Makasih kunjungannya, Mas ^^

      Delete
  12. bingung.... jd ragu.....apa susah y klo mo lulus UT????

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung niatnya, kalau mau tekun. Pastinya bisa lulus kok. Saya juga sudah memposting bagaimana cara mendongkrak nilai di UT.

      Semoga diberikan keputusan yang terbaik ya, Mas ^^

      Makasih kunjungannya dan salam kenal ^^

      Delete
  13. saya mau tanya, klo lulusan smu '97 masih bisa ikut kuliah di UT ga?sekarang biaya beli katalog dan semesterannya kira2 berapa ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada batasan usia ataupun kelulusan di UT, Pak.

      Sekarang katalog sudah beli, bapak bisa download langsung di ut.ac.id.
      Untuk rincian biaya persemester, bapak bisa masuk ke website fakultas masing-masing. Nanti rencana mata kuliah yang diambil dikalikan dengan biaya kuliah per sks.

      Untuk pendaftaran bisa langsung datang ke UPBJJ, tapi untuk semester ini sudah tutup.

      Delete
  14. InshaAllah januari 2014 mau daftar, boleh di share kiat-kiat yang harus di persiapinnya apa aja?
    makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. persiapan mental, Mbak. Hehe *lebay*.

      Cara belajar di UT itu sedikit berbeda dengan universitas lain. di UT, kita dituntut belajar mandiri. Kalau mau nilai bagus dan lulus tepat waktu, harus meneguhkan niat dan konsisten ikut perkuliahan.

      Untuk pendaftaran sekarang bisa langsung download formulir di website ut.ac.id.

      Makasih kunjungannya, Mbak
      Mohon maaf kelamaan balesnya, lagi sibuk buat karya ilmiah. ^^

      Delete
    2. Hadeh, mohon maaf, Mas.

      ternyata matanya lagi siwer, kirain teh neneng ternyata nanang.

      punten yaks :D

      Delete
    3. wah si embak :D
      kalo modal awalnya kira2 berapa ya ? hehe

      Delete
    4. Kalo modal awal, sks yang diambil di kali IDR 36.000 (kalo ga salah, lupa biaya persks). Hehe

      Delete
  15. Ada pendaftaran maba baru lagi ga soalnya saya belum daftar, bulan januari katanya ada ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Baru buka januari. Biasanya 2 kali setahun, Mbak.
      Januari & July, Mbak ^^

      Delete
  16. Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  17. sore mbak, mau tanya nih.. saya mahasiswa baru di ut, tapi kendala di tuton, kadang inisiasi gak seimbang dengan pertanyaan di diskusi atau tugas, kadang cuma bisa bengong aja baca pertanyaan nya (lebih sulit dari conotoh di tuton atau di buku.) belum lagi gak pernah ttm karena minimal harus 20 orang, dan setiap pertanyaan atau tugas gak ada jawaban nya sebagai feed back, jadi ragu mau lanjut tin semester 2 nya atau pindah.. disana ada kayak les gak mbak? ttm agak sulit ngumpulin pesertanya..
    makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau aku sih ada yg namanya kelompok belajar. Tapi aku Belom pernah ikut. Hehe

      Jangankan tutor online, tutor TTM juga kadang ga responsif. Tapi emang kebanyakan tutor online kurang responsif sih. Mungkin krna pemahaman nya UT itu belajar mandiri.

      Terserah masnya aja. Kan yang tau masnya mampu ato bukan adanya dalam diri mas.

      Masnya jurusan apa? Kalo jurusan akuntansi, saya bisa bantu sedikit2. ^^

      Delete
    2. oh, kebetulan ambil akuntansi mbak

      Delete
    3. Kalau sekiranya ada kesulitan, atau ada yang ingin ditanyakan mengenai mata kuliah.

      Selagi saya bisa, Insya Allah saya bantu. Kalau mau lebih enaknya, bisa lewat email.

      Kita sama2 belajar dan diskusi yuk ^^

      Delete
    4. Assalamu'alaykum.. Salam kenal mba noviaaa.. Mauuuu mba. Email mba novia apa?

      Delete
  18. Saya berniat mendaftar di sana Januari 2014. Juli kemarin sebenernya saya udah sempet daftar, tp saya delay lagi karena masih belum siap, masih nyari2 info lengkapnya.
    Saya dapet katalog, buku panduan tuton dan kalender akademiknya gratis kok.
    Saya lulus SMA tahun ini (2013).
    Di UT, saya mau ambil prodi Ilmu Komunikasi. Menurut Mba, potensi saya lulus S1 dalam 8 semester ke depan seberapa besar?
    Modul belajarnya bisa dibeli di UT-nya langsung atau di luar?
    Terima kasih sebelumnya ya, Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sekarang formulir dan katalog gratis, malahan bisa download di UT kalo ga mau bolak/i ke UPBJJ Jaman saya masuk masih beli, Mbak. Hehe

      Saya mah ga bisa nilai potensi org, Mbak. Kan yang tau pasti potensi seseorang itu dirinya sendiri. Harus yakin dan teguhkan niat. ^^

      Modul cuma bisa beli di UT, tapi kalo di Jakarta, tiap TTM ada yg jual fotokopi. Kalo ga mau beli, sekarang kan bisa baca online di Ruang Baca Virtual (semacam perpustakaan online).

      UT itu sebenarnya enak kok. Yang penting konsisten dan sabar. ^^

      Delete
  19. Sebenernya kuliah UT gk susah2 amat kok guys.. Asal dijalanin sungguh2.. Yg pnting niat baca modul nya.. Aq skrg udh semester 5.. Alhmdllh IP diatas 3.. Klo di daerahku sistemnya gini.. Tutorial tiap hari minggu selama 8 pertemuan (kurleb 2 bln).. Lokasinya pinjem di salah satu sekolah dasar di kota ku (ngundang tutor/dosen dari luar kota).. Tapi gk semua makul di tutorkan guys.. Biasanya dari 5 makul,,ada 2 makul yg gk di bimbing atau di tutorialkan.. Jdi,, 2 makul itu kita hrus bner2 belajar sndiri.. Tugas tutorial diberi pas prtemuan 3,5,dan7.. Selama 5 semester ini aq ada 1 nilai C dan 2 nilai D.. Dan smster ini aq lagi prepare remidi salah satu makul yg dapet nilai D itu.. Mdh2an aj bisa brubah jadi A.. Hehehe.. "ngarep"..
    So,,gk usah bingung dan ragu msuk UT.. Modalnya cuma niat dan usaha se kencengnya aja kok.. Hehehehe.. Semangat! :D

    ReplyDelete
  20. halo mba saya sudah lulus kuliah sampai D3,, Gimana caranya kalau ingin masuk di UT mba untuk melanjutkan S1 nya,,, kira kira bisa atau tidak yah mba,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga, Mas Fiqri.

      Bisa banget kok kalau mau lanjut ke S1. Kalau jurusan yang diambil sama dengan jurusan D3. Saya menyarankan untuk mengambil mata kuliah keahlian langsung sambil menunggu permohonan alih kredit.

      Di UT, alih kredit baru diajukan setelah kita terdaftar sebagai mahasiswa UT. Untuk lebih lanjut bisa tinggalkan nomor kontaknya, agar bisa saya bantu menjelaskan prosedurnya. Thanks

      Delete
  21. ka' mo tanya brp biaya di ut? ada jurusan apa aja n brp mnggu ttm'a ma dosen?
    makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengenai biaya dan jurusan bisa dilihat di website UT.
      Kalau tidak ambil kuliah tatap muka, ga sampai 500rb kok.

      TTM itu biasanya 8 minggu

      Delete
  22. Mba mohon masukkanya.

    Saya baru akan mendaftar di UT 2014. Saya di Jakarta Timur. saya bingung ingin mengambil mata kuliah apa. ada 3 pilihan saya.
    1. administrasi negar
    2. akutansi
    3. ilmu komunikasi

    jika setelah lulus nanti, bekerja sbg apa ya ? saya masih sangat awam mba...

    oh ya, mengenai mata kuliah, dalam 1 semester kita bisa memilih mata kuliah / harus semuanya kita ikuti ya ? mohon masukkannya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilih jurusan sesuai dengan minatnya. Kalau saya pribadi ga bisa kasih pilihan *takut disalahkan* hehe

      1. Administrasi Negara = Belum pernah kuliah jurusan ini, tidak tahu lapangan kerjanya
      2. Akuntansi = bisa kerja dimana saja, administrator, teller, akunting, org finance ataupun auditor
      3. ilmu komunikasi = kurang paham juga.

      Mata kuliah maksimal diambil 10 mata kuliah dan ada batas maksimal SKSnya (saya lupa).

      Semua mata kuliah harus diikuti selama 8 semester. Pemilihan mata kuliah biasanya ada di website Fakultas. Jadi, mahasiswa diarahkan untuk mengambil mata kuliah tertentu di tiap semester.

      Delete
  23. Maaf saya boleh tanya ga? Kalo kuliah TTM itu wajib di ikuti tidak? Misal nya kita tidak mengikuti TTM apa pengaruh nya? Berapa biaya nya jiga kita mngikuti ttm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepengetahuan saya, TTM tidak wajib. CMIIW

      Kalau pengaruhnya, itu tergantung orgnya ya. Kalau dia termasuk tipikal yang bisa menyerap hanya melalui baca buku, ya ga ikut TTM, nilai tetep bagus.

      Biaya TTM IDR 150.000/mata kuliah

      Delete
  24. untuk transfer dari D3 Manajemen ke S1 Manajemen Prosedurnya gimana ya? soalnya bingung ngambil mata kuliah apa aja. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya, langsung ambil mata kuliah yang belom pernah diambil ketika D3 ataupun ambil mata kuliah keahlian. Krna UT hanya mengakui mata kuliah dasar dan beberapa mata kuliah ke ahlian.
      Yang penting langsung mengajukan alih kredit, krna proses surat menyurat 3bulan.

      Delete
    2. berarti ambil paket SIPAS atau yang Non Sipas ya mbak? rencananya januari 2014 mau daftar sih mbak.. mbak kalau mata kuliah keahlian contohnya seperti apa ya mbak? maaf banyak tanya mbak. Thx

      Delete
    3. di S1 Manajemen UT kan ada :
      -Mata kuliah pengembangan kepribadian (MPK)
      -Mata kuliah keilmuan dan keterampilan (MKK)
      -Mata kuliah keahlian berkarya (MKB)
      -Mata kuliah perilaku berkarya (MPB)
      -Mata kuliah berkehidupan Bermasyarakat (MBB)

      lha itu ambil yang MKB berarti mbak? total sks yang dicapai klo transfer brapa ya mbak? soalnya klo d3 kan sks nya udah paketan mbak satu semester .

      Delete
    4. Kalau dari D3, sebaiknya ambil Non-SIPAS karena bisa pilih Mata kuliah apa yang akan diambil. SIPAS kan mata kuliahnya sudah dipaketkan, jadinya tidak bisa memilih.

      Waktu saya alih kredit, mata kuliah yang dibebaskan berjumlah 92 sks dari 145 sks mata kuliah yang harus ditempuh.

      eh, maaf salah informasi. mata kuliah yang dibebaskan waktu saya alih kredit itu adalah Mata Kuliah Kompetensi Pendukung dan beberapa Mata Kuliah Kompetensi Utama (umumnya sih yang pengantar pasti dibebaskan seperti pendidikan agama, kewarganegaraan ataupun bahasa).
      Pokoknya ambil mata kuliah yang sedikit expert seperti Audit SDM ataupun mata kuliah tingkat akhir waktu D3

      Delete
    5. Makasih mbak sarannya :) jadi sekitar 50an sks ya mbak yang hrus diambil untuk menyelesaikan ahli kredit?
      pastinya mbak yang berhubungan dengan akuntansi sama SDM pasti saya ambil.
      hari ini saya mau daftar mbak.

      Delete
    6. Sama2, Mas Tony.

      Iya, sekitar 50an mata kuliah yang masih harus ditempuh di UT.

      Bukan ahli tapi "alih", hehe

      Sip ^^

      Selamat mendaftar, Mas ^^

      Delete
    7. Mbak kalau syarat Mata kuliah yang harus di alih kredit itu mata kuliahnya harus gimana tow mbak? masih belum paham hehehe.. oh ya untuk mata kuliah yg didaftarkan itu dari PTN asal semuanya apa hanya beberapa aja mbak?

      Delete
    8. kalau syarat mutlaknya sih ga ada, Mas.
      Kemarin saya sudah menuliskan artikel tentang alih kredit di blog ini, semoga bisa membantu ya.

      Kalau saya sih kemarin mendaftarkan mata kuliah yang mirip2 (menurut saya). Ya kalau bisa semua aja didaftarkan kalau memang mirip, hehe

      Delete
  25. mbak, daftar nya harus ke kampunya? itu kalo ga ikut TTM bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari yang saya baca, registrasi pertama bisa online (bisa lihat di website UT). Saya sendiri dulu registrasinya offline alias datang ke kampusnya, supaya bisa nanya2. hehe

      Ga baca komen2 sebelumnya ya? Hehe. Sepengetahuan saya, TTM itu ga wajib.

      Delete
  26. Slm kenal mbk, mau tanya ttg jadwal TTM, siapa yg menentukan jadawal TTM...apakah pihak kampus ato bisa disepakati antara dosen makul ybs dgn mahasiswa? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, Mas. Terima kasih sudah mampir di blog saya.

      TTM itu ditentukan oleh pihak kampus.
      Kalau diluar ketentuan pihak kampus, ada yang namanya kelompok belajar (PokJar), tapi saya belum pernah mengikuti, jadi kurang tahu teknisnya, maaf ya, Mas ^^

      Delete
  27. 6 Januari 2014 (2 hr yg lalu) saya daftar di UT (isi data pribadi, upload foto dan hasil scan ijazah) sekarang masuk tahap verifikasi data pribadi tapi sy belum terima email selanjutnya dr UT...
    Yg mau sy tanya :
    1. Berapa lama tahap verifikasi data pribadi nya?
    2. Khusus scan ijazah yang sy upload itu Ijazah D3 Manajemen untuk pilihan S1 Manajemen (Pendas), apa sudah betul seperti itu, atau harusnya Ijazah SMU?

    ReplyDelete
  28. Saya kurang paham mengenai berapa lama verifikasi karena waktu saya mendaftar datang langsung ke UPBJJ setempat. Coba telepon langsung ke UTnya.

    FYI, manajemen itu masuknya FEKON non pendas karena pendas hanya untuk FKIP PGSD/PGPAU. Krna pendas adalah pendidikan dasar.

    Ijazah tidak harus SMU, SMU itu minimal. Saya juga menggunakan ijazah D3 ketika mendaftar

    ReplyDelete
  29. Iya betul Non Pendas utk Fekon..
    Kalo begitu coba saya ke UPBJJ nya krn sampai hari ini belum ada email balasannya..
    Terima kasih infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, langsung ditanyakan kesana aja, Mas.

      Semoga mendapatkan jawaban dan selamat bergabung di keluarga UT

      ^^

      Delete
  30. Mbak saya angkatan 2014, saya kebetulan ambil yg non paket, jadi TTM bakalan susah terwujud, jadi saya kuliahnya bakal full di TUTON.
    kira-kira TUTON nya harus ikut tiap hari nggak atau jadwalnya sudah diatur sama UT atau kita sendiri yg atur maunya kapan?
    Ujian bagi yg non sipas itu biasanya sama dengan yang sipas ya lokasi sama jadwalnya ..hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya UT itu kan Belajar mandiri. Tuton itu sudah dijadwalkan oleh UT, tapi utk partisipasi atau keaktifan diatur sendiri oleh mahasiswa.
      Jadwal ujian sama kok.

      Delete
  31. pagi Mba.., mau tanya mengenai keterlambatan registrasi mata kuliah.., di semester ini saya telat registrasi mata kuliah, apakah masih bisa menyusul karena saya ingin ikut di semester ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi, Mas
      Setahu saya sih ndak bisa kalau sudah telat.
      Lebih jelasnya coba tanyakan ke UPBJJ Setempat

      Delete
  32. mm sy ug kuliah di ut & musuh trbsar di UT malas bca modul,,ska lpa pasword TUTON,, & NILAI lom kluar jg nee ampe krang.
    intix lo' mw sukses di UT hrus rajin bca modul,,aktif di TTM & TUTON, bila prlu ikut ATPEM sekalian ,,yg pling pnting jgn smpe tlat registrasi.

    ReplyDelete
  33. bak saya mau tanya,, kalo yang di maksud dengan uang kuliah itu uang sksnya saja ataukah ada yang lain lain nya juga ya ba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak. uang kuliah ya uang sks. yang diwajibkan bayar ketika registrasi, ya cuma itu.

      kalau biaya Tatap Muka, itu cuma pilihan. (Tapi ada beberapa mata kuliah yang mewajibkan Tatap muka seperti lab akuntansi untuk jurusan akuntansi)

      kalau biaya TAP/karil itu sekali di akhir program (kalau di tempat lain ibaratnya registrasi buat skripsi)

      Delete
  34. hai mak Novia ^^
    semua pasti ada kurang dan lebihnya ya mak, termasuk kuliah UT, tinggal kita pilih cocoknya yg mana utk dijalani..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga, Mak
      Betul banget, Mak.
      Makasih sudah berkunjung ^^

      Delete
  35. Mba saya rencana masuk ut, tapi pendaptaran udah di tutup.tapi kaqanya bakalan ada pendaftaran lagi. Kira kira bulan apa ya mba? Oh iya kalo masuk ut ada ujian masuk nya atau nga?
    terus katanya kalo kita ketinggalan nilai atau harus remedial harus ke ut jakarta ya, soalnya saya ada di bandung

    Terimakasih ya mba sebelum nya. Maaf banyak tanya, maklum orangnya kepo kkkkk.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendaftaran berikutnya dari tanggal 02 - 16 Juli 2014.

      Setahu saya, yang ada ujian tertulis adalah calon mahasiswa yang masuk UT melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara. Lewat jalur ini, mahasiswa mendapatkan full beasiswa. Info lengkapnya silakan bertanya ke UPBJJ setempat.

      Sedangkan saya, dulu masuknya tidak melalui jalur seleksi tersebut alias jalur biasa. kalau jalur biasa, tidak ada ujian tertulis. Yang terpenting Mas datang ke UPBJJ setempat untuk registrasi pertama.

      Delete
  36. Mba saya rencana masuk ut, tapi pendaptaran udah di tutup.tapi kaqanya bakalan ada pendaftaran lagi. Kira kira bulan apa ya mba? Oh iya kalo masuk ut ada ujian masuk nya atau nga?
    terus katanya kalo kita ketinggalan nilai atau harus remedial harus ke ut jakarta ya, soalnya saya ada di bandung

    Terimakasih ya mba sebelum nya. Maaf banyak tanya, maklum orangnya kepo kkkkk.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba lagi, Mas. cek kalender akademik di web UT supaya ga ketinggalan.

      ada yg pakai ujian masuk, ada pula yg engga. Nah, yg remedial itu yg masuknya pakai ujian. Nah, kalo itu saya kurang paham harus ke jakarta atau engga.

      Delete
  37. salam kenal mba saya rino, baca blognya mba menarik sekali agak jiper juga pas denger soal UT dari mba pasalnya saya termasuk orang yang paling malas (semoga mindset ini bisa di ubah pas masuk UT). bokap nyokap nge rekomendasiin UT untuk saya, tapi hati agk kurang srek tapi di lain sisi UT bagus untuk masa depan. agak bimbang sebenernya -- alias udah takut duluan sebelum mencoba heheh.
    anyway mau coba dan tekuni nih pendaftaran bulan januari kan udah di tutup kira2 ada lagi ga ya pendaptaran UT untuk tahun ini selain bulan januari??

    terima kasih mba sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal jua, Mba/mas.

      tanggal 02-16 Juli akan ada pendaftaran. Info lengkapnya bisa dilihat di website UT.

      Delete
  38. maaak ... jangan mengingatkanku akan susahnya keluar maaak.... ToT ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan semalem udeh dikasih kiat sukses TAP dan Karil. hehe

      semangat ^^

      Delete
  39. assalamualaikum,..mbak aku udah lama jadi sailenreadr di web'y emba loh,aku juga mau daftar di UT kususnya di kotaku di Tegal.yang bikin saya binggung,dari konfirmasi tulisan emba katanya UT pendaftaranya biasanya kisaran bulan januari atau juli.tapi saya sudah menghubungi sekertariat UT di kotaku di tegal dia menginfokan kepada saya bahwa bulan maret ini saya sudah bisa langsung mendaftar dan dia mengatakan paling lambat bulan mei,..apakah info dari dia benar mba bisa melakukan pendaftaran maba sekarang? rencananya baru akhir bulan ini saya akan mendaftar dikarenakan saya pekerja perantauan di jakarta.trus jika saya kuliah nanti,apakah waktu kuliah ples tatap muka ( rencana saya ) hanya di lakukan sabtu minggu saja? berhubung dikarenakan masalah ekonomi saya juga harus bekerja mba,jadi apakah kuliah saya kiranya juga bisa sambil bekerja dan ingin fokus kuliah agar dapat nilai baik. maaf yah mba jika komentar saya terlalu panjang,mohon mba sudi kiranya menjawab dari saya ini.saya ambil s1 pgsd mba,trims

    ReplyDelete
  40. maaf mba satu lagi yang ingin saya tanyakan,apakah lulusan smk dan belom ada pengalaman mengajar/ngehonor samasekali bisakah saya daftar di keguruan s1 pgsd mba sesuai rencana saya? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya menulis informasi mengenai pendaftaran berdasarkan kalender akademik yang tercantum dalam website UT. Tapi kalau dari pihak UPBJJ setempat berbicara seperti, silakan dikonfirmasikan kembali.

      TTM memang hanya sabtu minggu, Pak.

      Untuk lebih jelasnya tanya ke pihak UPBJJ setempat saja, Pak. Karena saya bukan orang UT dan artikel yang saya tulis adalah saya sebagai mahasiswa non pendas. Kalau pgsd itu masuknya Pendas. Jadi, mohon maaf saya tidak bisa memberikan informasi lengkap.

      terima kasih sudah menjadi silent reader blog saya, Pak ^^

      Delete
  41. Iya,mba..saya sudah mengkonfirmasi,dan ternyata yang untuk umum hanya yang pendas.jadi saya batalkan niat daftar di pgsd.dan selanjutnya saya pilih fak ekonomi di ut kususnya eko menejemen, kalo menurut mba ,perbedaan yang kentara antara akutansi sama menejemen itu apa? aku lemah dalam skill hitung-menghitung,apakah bisa mba sepertinya saya apply ke menejemen, setahu mba eko menejemen di ut itu gimana? apakah banyak hitung-hitunganya seperti di akutansi kebanyakan, trimakasih ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya yg umum itu NonPendas kali ya, hehe.
      Coba liat di website FEKON aja, Pak. Dibandingkan antara manajemen dg akuntansi.
      Kalo saya beropini khawatir malah salah karena yg tau kemampuan Bpk adalah diri Bpk sendiri. Mohon maaf ya ndak bisa banyak bantu.
      Terima kasih

      Delete
  42. trims mba jawabanya,..
    kalo mba sendiri di fak ekonomi bagaimana?
    yg ingin saya tanyakan apakah di fekon menejmen/akutnsi UT ada kehiatan magangnya/pkl ? apakah TTM di fekon itu wajib mba ? bagaimana kalau mahsiswa fekon hanya mengandalkan tuton/online apakah memungkinkan? kira2 bisa tidak saya lihat contoh matkul di ekon menejemen ut,kira2 di mana?

    ReplyDelete
  43. maaf itu salah nulis, kehiatan maksudnya kegiatan. apakah ada magang/pkl di fekon ut? ada kegiatan praktek tidak ? bagaimana jika hanya mengandalkan tuton/online ? contok matkul fekon apakah bisa di lihat ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya ndak ada magang, Mas. Karena dalam daftar mata kuliah juga ndak ada mata kuliah "kuliah kerja nyata" alias magang. Saya sendiri magang di kampus lama karena saya di UT itu masuk dari D3. Selama di UT blm pernah magang.

      Daftar mata kuliah ada di katalog UT ataupun di website FEKON UT. Malahan yang di FEKON UT, sudah ada rencana studi per semester. Info di website UT/Fekon jelas bgt kok, sering berkunjung kesana aja ;)

      TTM cuma diwajibkan utk beberapa mata kuliah. Kalau serius belajar, bisa kok hanya mengandalkan tuton.

      Untuk lebih jelasnya lebih baik datang langsung ke UPBJJ setempat ;)

      Delete
  44. trims ya Mba infonya,Sangat membantu saya,..maklum Mba,baru pertama mengenal UT. sekarang sih sudah lebih paham. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2, Mas.

      Terima kasih sudah baca artikel pengalaman saya kuliah di UT. ^^

      Delete
  45. numpang nanya mbak.
    kalau saya pindah dari universitas lain ke UT bisa nggak? lalu syaratnya apa aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ko, langsung hubungi UPBJJnya ajah :)

      Delete
    2. betul tuh kata mbak sumiyati.

      yang terpenting daftar dulu jadi mahasiswa UT, nanti juga diinformasikan oleh petugas UPBJJ.

      atau bisa juga buka artikel saya mengenai alih kredit

      Delete
  46. Maaf mba, itu kalo tiap mau registrasi matakuliah harus di UPBJJ'y langsung yah? trus apakah modul beli dan baru terus setiap semesternya? kalau UAS bayar tidak dan kapan biasanya untuk maba yang gelombang 2 mulai UAS? TRIMS

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa lewat registrasi online. yang harus ke UPBJJ adalah registrasi pertama alias mahasiswa baru.
      kalau sudah registrasi online, paling ke UPBJJ hanya ketika pengambilan kartu ujian.

      kalau punya temen di UT, bisa pinjam modul temen. kalau ga beli juga bisa baca di perpustakaan digital UT.

      UAS sudah termasuk dalam biaya kuliah. yang bayar adalah ujian online, itupun jika ada mata kuliah yang bentrok dan ditawarkan ujian online oleh UT

      Delete
  47. malam mbak, saya mahasiswa ut jurusan ilmu pemerintahan, saya skarang semester 2, yang mau sya tnyakan adalah tentang nilai, waktu semester 1 kmren saya ada dapat 2 nilai D, apakah bisa di perbaiki? kpan waktu ny?
    wktu smester 1 kmren sya aktif sekali mengikuti tuton.dan alhamdulillah ad dpat nilai A..tp enth knpa semester 2 ini saya agak malas aktif di tuton..karna sangat susah di akses..
    terima kasih mbak.
    salam kenal y..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini ikut sipas atu non sipas ya?

      kalo non sipas, langsung aja registrasi ulang mata kuliah yang bernilai D di semester berikutnya.

      kalo menurut saya, tuton ga aktif ga terlalu berdampak di nilai. yang menurut saya punya andil besar adalah nilai UAS :)

      Delete
  48. malam mb,, maw tnya ,,, saya rencananya mau dftar UT untuk blan juli ini,,, tp sya msi bgung mlih sks... lbih baik paketan ato plih sndri ya,,, trus itu slesenya brapa semester ??
    thankz for reply ya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak fau UPBJJ Mana ??? aku juga pengen daftar nih, kalo menurut aku sih mending pilih sendiri jadi kita bisa ngukur kemampuan kita sendiri, trus kalo kita ngambil sks agak banyak dan nilainya jelek di awal-awal semester kita masih punya waktu ngulang,, karena sks akhir kita tinggal sedikit :) selesainya pun bisa kita prediksi dengan kemampuan kita, salam :)

      Delete
    2. kalo mahasiswa baru (bukan pindahan atau ekstensi), saya menyarankan paketan. Karena mata kuliah bisa lebih terarah. ^^

      Delete
  49. sukses buat UT,maju terus pendididkan di indonesia.smg UT menjadi inspirasi pendidikan indonesia spy tidak ada lagi tawuran antar siswa sekolah

    ReplyDelete
  50. Mbak, ada homor hape atau pin bb? Saya mau nanya2 tentang ut.. Makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ndak pernah ngasih hape ato bb di sini, Mas

      coba message FB saya aja ya. Thanks ;)

      Delete
  51. untuk jurusan akuntansi ada berapa total keseluruhan mata kuliahnya mbak,dari awal sampai lulus

    ReplyDelete
  52. Mba, kalau saya mau ikut TTM itu cara daftar dan bayar nya bgmn ya? Saya sdh lakukan registrasi untuk semester depan via online mba. Mohon pencerahannya.. soalnya saya mau kebut nih banyak keteteran nilai di 2 semester awal krn ga pernah ikut TTM kayaknya. makasih banyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. TTM harus daftar dan bayar di UPBJJ setempat.

      Delete
  53. mba kalo mata kuliah itu harus dipilih semua ya setiap semester dan sksnya juga kita pilih sesuai mata kuliah atau boleh kurang dari 3

    ReplyDelete
  54. kita yg nentuin pilih paket sipas atau non sipas kan ya mba? atau dari pihak UTnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilih sendiri.

      maksimal 24 sks yang didaftarkan di setiap semester.

      Delete
  55. Mbaaak...salam kenal...saya mahasiswa baru UT program pendas S1 BI,mau tanya nih mbak..saya lagi galauuu segalau2nya..
    Baru aja gagal ikut UAS salah satu matkul di semester ini karna dtg terlambat lebih dari 30 menit pd saat ujian T_T
    Kalau tdk lulus pd matkul yg bersangkutan,apakah ada program di UT yg memfasilitasi utk ikut ujian ulang? Karena sejujurnya saya sangat desperado kalau harus ikut TTM lagi di semester berikutnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya, untuk program pendas itu ada namanya ujian ulang deh. Coba tanya UPBJJ-UT aja ya.

      ato coba cek di mata kuliah yang ditawarkan SUO, kalo memang ada, bisa ikutan SUO.

      Delete
  56. mba, kalo dari jurusan Managemen informatika ngelanjutin S1 keguruan di UT bisa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya, kalau S1 keguruan di UT itu harus sudah mengajar jadi guru deh. tapi coba tanyakan ke UPBJJ setempat ya. Saya kurang paham kalau untuk guru.

      Delete
  57. mbak, numpang tanya nih. saya dulu sempet kuliah sampai tingkat akhir (banget) di sebuah universitas. udah sempat nempuh 140 sks.skripsi saya wktu itu jg sdh jadi...dan siap sidang tugas akhir.tapi nasib berkata lain.sy berencana ingin kuliah lg. apa masih bisa ikut alih kredit ya...??soale udah 10 thn lebih sih kejadiannya. mohon pencerahannya dech mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba aja, Mbak.

      Meski belum lulus, setidaknya mas/mbak kan bisa minta transkrip sementara di kampus lama. nanti dicoba alih kredit di UT aja. Jadi, seperti D3 lanjut S1 gitu.

      Delete
  58. mbak mau nanya TUTON nya bisa di download gak?
    trus jam buat TUTON nya mengganggu jam kerja gak mbak? takutnya saya lagi sibuk trus gak bisa liat tutonnya, bisa gak mbak bagi pngalaman saat lagi berdiskusi di tuton dll??? mksih sblumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. materi di TUTON memang bisa didownload.

      Tiap sesi kuliah biasanya dikasih jangka waktu seminggu. TUTON bisa diakses kapan saja. Jadi ga perlu takut menganggu jam kerja.

      seringnya sih diskusi dengan teman mahasiswa, kalo TUTOR alias dosen jarang nimbrung, hehe. Makanya saya seringnya cuma ngerjain tugas tanpa diskusi karena percuma juga, ga dapet solusi, hehe. Yg enak tuh, tutor yg namanya Ibu Ratna Dewi, soalnya dia selalu merespon diskusi ataupun menjawab soal2.

      Delete
  59. Assalammu'alaikum...
    Siang mba, Mba mau tanya untuk batas pendaftaran mahasiswa baru di UT tahun 2014 sampai kapan ya mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah tutup, Mbak.

      Kalo Non-Pendas biasanya bulan Januari dan Juli, Kalo Pendas biasanya bulan Maret dan September.

      Delete
  60. mba saya mau nanya klo misalnya pindahan apa matkul yg saya tempuh di perguruan tinggi sebelumnya apa di akui gk ya di UT atau harus kuliah dri awal lg,dan apakah syarat utk pindah ke UT harus dri universitas negeri dan swasta atau bebas dari perguruan tinggi swasta mana saja dan universitas negeri dan juga swasta mana saja

    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba baca artikel "lanjut S1 / alih kredit di UT ya"

      Delete
  61. mbak klo D3 akuntansi lanjut ke S1nya berapa tahun kuliahnya,dan brapa sks semua mata kuliahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. normalnya sih 2 tahun, Mbak.
      waktu saya sih 56 sks yang harus ditempuh

      Delete
  62. universitas terbuka tidak kalah dengna universitas negeri lainnya salah salah satu alumni s1 manajemen UT dan tanggal 6 september kemarin baru menyelesaikan magister managemen Universitas Terbuka yang alhamdulillah bisa lulus dengan IPK 4.0, saya bisa menyelesaikan s1 dengan tepat waktu dan alhadulillah s2 tetap waktu 2 tahun, tidak ada alasan bahwa ut ITU MASUK GAMPANG KELUAR SUSAH. saya rasa meskipun kita kuliah di universitas konvensional (dengan tatap muka setiap hari belum tentu kita bisa lebih baik, kalau kita tidak bisa me-menage waktu dan disiplin waktu kita.......
    Dimanapun kita kuliah semua tergantung dari individunya mau di Ilonois pun lkalau tidak ada komitmen belum tentu bisa sukses. malah UT banyak keunggulan dari pada universitas konvensional lain, kita bisa belajar didepan komputer, dengan Tab, maupun Smartphone, kapan saja sambil makan, di bis, dikereta , ditempat kerja, maupoun di kamar mandi.

    Tetap semangat
    Hendra Saputra
    UPBJJ Batam/018879xxx

    ReplyDelete
  63. Mbak mau tanya saya udah baca di web nya ut tapi kok ngga ngerti ya..hehe mohon penjelasannya

    saya kan lulusan SMA rencananya mau ambil S1 pendidikan bahasa inggris bisa apa tidak??
    Soalnya ada program yang tidak bisa nerima mahasiswa yang belum jadi guru, alias harus ada sk pengangkatan jadi guru
    itu pendas apa non pendas ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas/Mbak.

      pendas = pendidikan dasar, emang harus jadi guru baru bisa daftar
      non-pendas = non-pendidikan dasar, ini umum

      Delete
  64. mba.....mau tanya nih.....masih punya modul ga? komplit ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. modul sih cuma punya beberapa karena ga semua mata kuliah saya ambil di UT :)

      Delete
  65. owh iya, kita sama mba, jurusannya, akuntansi....

    ReplyDelete
  66. mba saya mau tanya klao di UT apakah setiap semester harus ada mata kuliah yang TTM mba..
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang wajib TTM itu hanya mata kuliah tertentu seperti Lab Akuntansi / Lab Auditing di Jurusan Akuntansi.

      Kalau lainnya itu biasanya terserah mahasiswa, mau ambil atau tidak.

      Tapi yang TTM juga tidak semua mata kuliah, informasinya bisa didapat di UPBJJ setempat

      Delete
  67. Halo Mbak Novia, saya itu orang yang sama sekali buta ttg UT, dulu saya pernah kuliah tapi stop ditengah jalan karena masalah ekonomi. Kalau saya mau gabung di UT terutama di FEKON yang jurusan Managemen itu daftarnya paket bisa ga yah Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih, yg paketan itu masuknya lewat jalur SPMB. Jadi pakai ujian gitu. Tapi untuk lebih jelasnya coba tanya ke UPBJJ setempat aja.

      Mohon maaf ndak bisa kasih info jelasnya. Terima kasih

      Delete
  68. Halo mba Novi,salam kenal.saya ingin tanya.Saat ada niat masuk UT PGSD tapi kendalanya harus ada surat keterangan mengajar minimal 1th.Sedangkan saya ni lulusan sma,mau cari syarat itu susah,Soalnya mau nglamar jadi guru sd harus sudah S1 minimal.Jadi gimana ya solusinya bisa masuk UT PGSD.Makasih mb,mohon infonya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf ga bisa kasih solusi, Mbak. Karena saya juga bukan orang UT, jadi kurang paham juga, hehe. Maaf ya.

      Mungkin itu kalo ngelamar guru PNS kali ya, coba kalo ngelamar jadi honorer dulu. Barangkali bisa.
      Soalnya temen saya juga ada yg jadi guru honorer, ijazahnya cuma SMA

      Delete
  69. salam kenal mb novia,sy lulusan sma 2002 berniat mau kuliah d ut krn setau sy masuk d ut tdk memandang usia atau pun lulusan thn brp.dan bs kuliah sistem online atau jarak jauh.sy tdk bs melnjutkan k perguruan tggi saat itu krn terbentur masalah ekonomi.sy lulusan ipa,bs kah memberi sy sdkit masukan jurusan ap yg harus sy ambil?basic pekerjaan sy saat ini admin d skincare.trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya kalau pemilihan jurusan itu tergantung minat Mbaknya.

      Tapi kalo misalnya ditanya jurusan apa yg pasti ada di semua aspek pekerjaan. ya Manajemen, Akuntansi atau Ilmu Administrasi Niaga bisa jadi pilihan.
      Kalo pekerjaan yg sekarang sbg admin, lebih baik sih memilih Akuntansi.

      Tapi kembali ke minat Mbaknya ya. ^^

      Delete
    2. Salam kenal mba novi.
      Klo mau daftar kuliah di ut gmana caranya & ada pndaftaran lg kapan?

      Delete
    3. bantu jawab ya , kapan hari saya hubungi contact person ut pusat . pendaftaran dimulai 15 januari 2015

      Delete
  70. Assalamualaikum mbak , sy mau tanya nih klo mahasiswa daerah (bukan pusat) apa juga ada upacara wisuda? setau saya wisudanya di jakarta . Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ditanya ke UPBJJ setempat aja, Mbak.

      karena kemarin saya juga ga ikut wisuda di UT pusat tapi ikutnya UPI (upacara Penyerahan Ijazah) yg diadakan oleh UPBJJ Jakarta

      Delete
    2. Bantu jawab ya Mba Novi
      Kalo wisuda hanya ada di UT Pusat saja. Kalo di luar UT Pusat namanya UPI yg diadakan di setiap UPBJJ.

      Delete
  71. mbak saya mau tanaya di tempay saya ada UT tatap muka tpi aday jurusan menejemen saya maunya jurusan administrasi negara ,, solusinya gmna mbak thnk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalo gitu coba tanya ke UPBJJ aja, Mbak.

      karena setau saya, tatap muka itu hanya mata kuliah tertentu yang ditawarkan. Kalo tidak ada, biasanya bisa diadakan dg catatan 20 orang per kelas.

      Delete
  72. salam kenal mbak,
    Saya rencananya mo ngambil jurusan manajemen, tp D3 sebelumnya itu Jurusan Teknologi Informatika, krn di daerah saya tdk ada S1 IT UT, yg ada manajemen dan komunikasi, bs ksh saran ga mbak bagusnya yg mana? trus apa bisa dari D3 TI ke S1 Manajemen or Komunikasi? mksh bnyk mbak atas sarannya, ditunggu ya balasannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua2nya pindah jalur ya.

      tergantung minat dan bakat dirimu, Mbak.

      Kalo saya lebih suka komunikasi ketimbang manajemen, karena saya ga suka manajemen, hehe

      Delete
  73. Selamat malam Ibu Novia, maaf mengganggu Anda. Saya mengucapkan selamat terlebih dahulu apabila Anda mungkin sudah melahirkan anak kedua Anda :)
    Anyway saya punya pertanyaan nih, apakah buku bahan ajar yang dijual UT di tbo karunika itu SAMA dengan modul yang anda maksudkan di blog anda? Ataukah berbeda? Kemudian harga dari modul itu sendiri kisarannya berapa ya? Saya ingin mendaftarkan diri masuk ke jurusan akuntansi s1, mohon informasinya ya Bu kira2 berapa kisaran biayanya.
    Thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya bu ini masih dengan org yg sama nih dgn yg diatas :D saya mau tanya, apakah boleh membeli modul saja tanpa buku bahan ajar? krn saya lihat buku bahan ajarnya mahal sekali huaa... dan bagaimana proses pembelian modul? krn yg saya ketahui hanyalah cara pembelian buku bahan ajar dr web UT... thanks before bu :)

      Delete
    2. selamat sore, Mbak Michelia. Maaf ya baru bisa reply. makasih ucapannya.

      buku bahan ajar = modul. Iya, yg jual hanya TBO Karunika aja.
      Kalau di Jakarta sih, tiap kali TTM ada yg jual bajakannya, hrganya lebih murah, hehe.

      btw, kalo mau buku bahan ajar akuntansi, saya bisa pinjamkan beberapa buku saya, tapi ongkir ditanggung sendiri atau main ke rumah juga boleh. kontak saya by email aja ya. thanks

      Delete
  74. assalamualaikum .. salam kenal mba .. saya dari sumedang , saya dpt tawaran kuliah sama atasan saya , saya d suruh ngambil jurusan hukum karna saya sdg bkerja d kantor notaris juga , melihat dri komentar yang lain kuliah d UT susah dpt nilai bgus yah , sesusah apa si mba ? kalau tatap muka tiap haru minggu aja ? hari lainnya kita kuliah mandiri gitu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya sih ga susah banget, Mbak.

      itu karena saya tipikal harus ada penjelasan dari dosen, jadina agak susah untuk dapat nilai bagus.

      kalau mbak yang tipikal dengan baca buku bisa langsung masuk, ye bisa kok dapat nilai bagus.

      TTM sabtu-minggu. UT itu yang pasti adalah tutorial online dan belajar mandiri karena memang dari awal acuannya adalah kuliah jarak jauh alias online

      Delete
    2. ijin sharing pengalaman juga Mba Novi. Pengalaman Saya kalo kita kuliah disertai TTM atau TUTON ( salah satu saja) memang peluang mendapat Nilai A itu lebih besar dibanding tidak mengikuti keduanya. Ketika kita berhalangan untuk ikut TTM ya aktiflah kita di TUTON terutama dalam mengerjakan TUGAS di TUTON . Pengalaman pribadi saya ketika saya tidak ikut TTM dan tidak aktif di TUTON, saya tidak pernah mendapat nilai A, paling tinggi nilai saya adalah B dan Mayoritas adalah C serta ada satu mata kuliah yg nilainya D. Begitu saya aktif di TUTON walaupun saya tidak ikut TTM karena kendala jarak dan waktu (ilustrasinya saya harus berkendara selama 16 Jam bolak-balik setiap minggunya kalau mau ikut TTM di lokasi UPBJJ terdekat dari Kelompok Belajar / Pokjar saya), Alhamdullillah perolehan nilai saya meningkat menjadi mayoritas A dan minoritas B. Jadi teman-teman tidak perlu takut untuk tidak mengikuti TTM asalkan teman-teman aktif mengikuti TUTON, walaupun saya menyarankan kalau lokasi teman-teman dengan UPBJJ tidak sejauh saya dan ada waktu luang, lebih baik lagi kalo teman-teman aktif mengikuti TTM agar teman-teman bisa lebih mengerti tentang materi mata kuliah yang teman-teman ambil ketika kuliah di UT .

      Delete
    3. memang segalanya itu tergantung niatnya ya, Pak Anton.

      Pak Anton hebat euy bisa dapet nilai B padahal hanya aktif di salah satu tutorial.

      Makasih sharingnya, Pak ;)

      Delete
  75. mba saya baru masuk ut semester awal, saya mau tanya, saya kemaren aktivasi tuton, tapi belum dibales ke email saya, mau daftar lagi gak bisa karena NIM saya uda aktif katanya. gimana mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Novi, msh ada soal TAP akuntansi dan pembahasannya gak? Kalo ada minta tolong dikirim ke email saya mbak di : anton.eka.saputra@gmail.com. Kebetulan Saya junior Mbak Novi di jurusan Akuntansi UT dan sedang mengambil TAP.
      Terima Kasih Mba Novi.

      Delete
  76. Bantu jawab ya Mba Novi.
    Berarti mas danu dah aktif tutonnya, tuton dimulai tanggal 2 maret 2015

    ReplyDelete
  77. mba, kisaran biaya persemester untuk jurusan akuntansinya sampe gak 3 jt/semester? saya mau kuliah di ut pake biaya sendiri tapi, kalo biayanyanya segitu mikir-mikir. saya juga mau alih kredit mba di ut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. RP. 38.000 /sks. Maks 20 SKS. 1 semester sekitar 760.000 (diluar TTM)

      Delete
  78. Hehe..senyum2 sendiri baca tulisan mbak..oia mbak..gmn yaa sy baru masuk di ut ini Mbak..nah kendala nya jurusan yg saya ambil gk ada ttm nya..padahal kan lumayan tu nilainya..jadi sejauh ini sy cm ngandelin dr tuton aja mbak..uda gtu di tuton juga ada beberapa mata kulia yg gk ada inisiasinya..jd otomatis sy gk bisa ikut diskusi n jawab pertanyaan yg di kasi sm tutor..menurut mbak gmn yaa?
    Thanx mba...salam kenal yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba baca modul di ruang baca virtual UT, Mas.

      sama2, Mas. Salam kenal juga ya.

      Delete
  79. Hallo mba novia.. Salam kenal :)
    Saya masih sangat muda nih dan masih sangat labil hehe, minta sarannya ya.
    Saya skrg masih kuliah semester 6 teknik (kelas regular bkn ekstensi) tapi rencananya mei tahun ini mau daftar managemen UT. Tapi setelah baca komentar-komentar diatas saya jadi merod huhu Karena awalnya saya fikir mendapatkan IPK 3 di UT cukup mudah. Sedangkan tugas di kuliah regular ini saja udah cukup membuat pusing.
    Mohon sarannya yaaa mba :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Chiva.

      yg penting niatnya, Neng. Insyaa Allah mah bisa dapet IPK 3.

      Delete
  80. mau tanya ni, kalo ikut TTM emang wajib 20 org ya minimal? trs kalo kurang dari 20 org gmn untuk bisa ikut TTM?

    ReplyDelete
  81. crita di atas.
    penulis bilang saat kuliah sedang hamil dan kmudian bilang saat kuliah punya pacar(msh pcran) !!!
    saya kurang paham, Coba di klarifikasi !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini komen paling kocak dan OOT banget deh.

      Bacanya "SpeedRead" ya?

      dalam tulisan itu kan, saya juga memberikan penjelasan "waktu itu belum nikah dengan pacar"- It's me kalimat past tenses.

      Kalo kalimat "TTM lagi hamil"-itu kalimat present tense. dan artikel ini kan ditulis 2013, saat saya sudah menikah (saya kuliah dari 2010, jadi saya kuliah dari pacaran sampai punya anak 1)

      Please deh, kalau komen jangan OOT dan BACA yang bener!!!

      Delete
    2. eh ada yang ketikannya kurang, entar salah dibaca lagi kalau ga diklarifikasi, :P

      dalam tulisan itu kan, saya juga memberikan penjelasan "waktu itu belum nikah dengan pacar"- It's me kalimat past tenses.

      harusnya

      dalam tulisan itu kan, saya juga memberikan penjelasan "waktu itu belum nikah dengan pacar"- It's mean kalimat past tenses.

      Delete
  82. Mf mw tnya nh, agustus mw wisuda D3 manajemen administrasi farmasi trs rncna mau lnjut S1 manjmn ,di UT bsa g ea,mksj

    ReplyDelete
    Replies
    1. daftar dulu aja, Mbak.

      Nanti tinggal melakukan alih kredit.

      Delete
  83. mba apakah ada soal soal yang bisa dipelajari agar lebih mudah masuk ut? misal dari buku atau website. terimakasih, mohon jawabannya

    ReplyDelete
  84. Mbak.. Aku mau nanya dong. Hihi. InnsyaAllah aku mau daftar UT ngambil perpajakan. Aku bingunng samaa sistem SIPAS & NONSIPAS. soalnya kalo aku liat katalog sistem pennyelenggaraannya itu kalo sipas ada sipas plus dan semi. Dan udh ada total biaya yg harus di bayar. Bedanya itu sebenrnya apa sih? Aku milih sipas apa non sipas ya?? Hihi makasih mbaaak

    ReplyDelete
  85. Informasi yang menarik dan sangat bermanfaat, Semoga Sukses selalu, salam hangat dari kami yang masih magang di Tempat Magang Di Jogja :D

    ReplyDelete
  86. klo buat lulusan tahun ini mau ambil jurusan pendidikan bisa gak

    ReplyDelete
  87. Kalo buat lulusan tahun ini yg ijazah nya belum keluar gimana, bisa daftar gak

    ReplyDelete
  88. Mau tny min. Nilai semester 1 sy kmrin ko tdk keluar ya.Trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tanya ke bagian akademiknya, Mas

      saya bukan orang UT, saya alumni UT.

      Delete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...