Tuesday, March 24, 2015

Beli atau sewa freezer ASI?

Time flies so fast, cuti sudah berakhir dan terpaksa harus meninggalkan #BabyAi di rumah dengan nenek. Alhamdulillah stok ASIP makin banyak dan sayangnya sewa pun segera berakhir. Bubun mendadak galau, bukan hanya galau meninggalkan #BabyAi tapi juga galau dengan tempat menyimpan ASIP. Galau antara lanjut sewa freezer atau beli kulkas/freezer?

Berhubung stok ASIP #BabyAi makin hari makin banyak. Alhasil itu freezer sudah hampir penuh. Mau tak mau, saya harus menggunakan freezer khusus buat ASIP. Kalau mau lanjut sewa freezer, saya belum bisa estimasi jangka waktu selanjutnya. Akhirnya kepikiran beli freezer. Tapi harga deep freezer ataupun freezer khusus lumayan juga, paling murah 2,3jutaan.


Setelah menimbang dan pikir masak-masak, akhirnya saya beli kulkas Toshiba mini glacio. Pas banget deh lagi ada promo di Lazada.co.id. Harga di tempat lain rata-rata IDR 1.550.000 belum termasuk ongkos kirim.


Biar ibu-ibu tidak ingin galau seperti saya, ini ada informasi sedikit mengenai sewa freezer dan beli kulkas/freezer, yaitu :

1. Saya sewa freezer selama 3 bulan dengan biaya sekitar IDR 450.000. Berhubung baru masuk kantor, saya tidak bisa prediksi berapa botol ASIP yang dihabiskan #BabyAi selama ditinggal kerja. Sehingga saya belum tau pasti apakah stok ASIP yang ada akan menurun atau tidak. Jadi, saya juga tidak bisa memutuskan berapa lama akan memperpanjang sewa freezer ASIP. Kalaupun perpanjang sewa 3 bulan, takutnya freezernya kosong. Tapi kalau sewa 1 bulan, nanti bulan berikutnya bakal galau lagi. Lagipula kalau masih mau tambah sewa, berarti saya harus bayar sekian ratus ribu lagi untuk sewa. 

2. Memutuskan untuk beli kulkas mini glacio seharga 1.390.000 di Lazada.co.id. Setelah bergalau ria antara mau lanjut sewa atau engga. Akhirnya saya memutuskan untuk beli kulkas mini glacio. Setelah dihitung-hitung, uang nya sayang juga kalau lanjut sewa. Meskipun si mini  glacio ini tidak bisa tahan lama menyimpan ASIP (katanya hanya bertahan kurang lebih 7 hari) tapi kan bisa saya tukar pakai dengan glacio dua pintu di Rumah. Jadi, nantinya saya menyimpan ASIP di freezer glacio dua pintu supaya bisa bertahan 3-6 bulan. Sedangkan mini glacio bisa digunakan untuk membuat es, menyimpan es krim ataupun makanan yang perlu dibekukan (Kalau makanan beku biasanya kan cepat habis, jadinya tidak perlu terlalu lama di kulkas juga).

Toshiba mini glacio



Freezernya kecil banget. kayanya ga bakal maksimal
kalau taruh disini

3. Kalau dari awal saya tidak menyewa freezer dan kemungkinan saya sudah membeli deep freezer. Karena tidak Ada rugi nya juga beli deep freezer seharga 2,3jutaan. Setelah masa menyusui berakhir, saya bisa jual second freezernya. Kalau tak laku atau tidak ingin dijual, saya bisa menggunakan untuk keperluan sendiri, misalnya untuk jualan es, hehe. Kalau tidak dipakai sendiri, dipakai untuk usaha sewa freezer juga bisa (sewa freezer ASIP masih agak jarang tapi peminatnya banyak).

Semoga Informasi saya ini tidak bikin galau Busui memilih sewa atau beli freezer ya.

Semangat ASI ^^

17 comments:

  1. Hihi.. akhirnya beli juga :D
    Semangat ngASI mak ;)
    Aku juga pake glacio yg 5 rak.. hampir penuh aja *_*
    Coba kemarin beli yg 6 rak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak. Tadinya juga mau beli yg 4 rak tapi kayanya ASIP juga tak Sebanyak itu. Meskipun ternyata banyak dan bingung lagi mau simpan dimana. Kayanya bakal donor ASIP, hehe

      Delete
  2. Kalau utuk pemakaian jangka lama, aku biasanya memilih beli produk. Jatuhnya lebih murah daripada sewa. Setelah masa pemakaian berakhir, bisa digunakan untuk yang lain.

    Wah, Baby Ai pasti sehat, ASI bundanya melimpah ^_^ *kiss kiss*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, MakTe. Kemarin tuh pikir nya ga Sebanyak itu krna pas abangnya kejar tayang, malah campur sufor, Makanya sewa. Eh ternyata malah banyak, Alhamdulillah.

      Aamiin.
      Makasih, MakTe

      Delete
  3. kalo niat punya bayi lagi mending beli aja kayaknya ya hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum niat nambah lagi, Mak. Masih repot, haha

      Delete
  4. Tetap semangat dengan pemberian ASI-nya. Semoga tetap istikomah. Demi tumbuh kembang bayi. Ibu hebat.

    @nuzululpunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insha Allah, Pak.

      Aamiin. Makasih, Pak

      Delete
  5. aku pake glacio ini juga. beli seken pas ngekos tahun 2012 cuma 500ribu hihihihi pas ngASI, ini bisa tahan beku kok. set aja temperatur paling rendah, asip tetep beku dan dingin banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah murah Kalo beli seken ya. Aku kemarin nyari ga Ada T,T

      Tahan brp lama, Mak? Dari artikel yg aku baca (lupa sumber), katanya Cuma 7 hari, Mak

      Delete
  6. Ayooo semangat trus menyusuinya ya mak, allhamdulillah aku dua anak menyusui khatam 2 tahun :)

    ReplyDelete
  7. kok, cuma bertahan 7 hari, Mak? Kurang dingin freezernya atau bagaimana?

    ReplyDelete
  8. klo untuk sewa kulkasa mini saya bisa hubungi kemana ya

    ReplyDelete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...