Friday, November 2, 2012

Jemur Bayi Setelah Pukul 8 Pagi, Cukup Beresiko

Arfan dijemur-doc pribadi

Tadi pagi ketika saya membaca artikel ini ditabloid femme edisi 08 - Th IV, saya jadi ingin menuliskannya diblog ini. Saya pikir ini sangat bermanfaat untuk para ibu.

Awalnya saya berpikir bahwa matahari pagi sampai jam 10 itu baik untuk bayi, tapi nyatanya untuk bayi bagusnya sampai jam 8 pagi. Jadi, asumsi saya selama ini salah. Sebenarnya pihak RS tempat saya bersalin sudah menginformasikan hal tersebut, tapi ya saya terlalu sok tau. hehe. Supaya ibu-ibu tidak salah asumsi seperti saya, berikut adalah artikelnya :




Kebiasaan orang tua menjemur bayi di bawah sinar matahari di pagi hari sepertinya mulai ditinggalkan ibu-ibu muda. Padahal menjemur bayi selama 5-15 menit tiap hari menghindarkan bayi dari penyakit kulit kuning dan mengaktifkan vitamin D yang membuat tulang bayi lebih kuat. Namun dianjurkan menjemur bayi sebelum pukul 8 pagi, karena setelah itu sinar matahari kurang baik bagi kulit bayi dan bisa menyebabkan kulit bayi terbakar. 

Bagaimana cara tepat menjemur bayi, dan bolehkah bayi dijemur tiap pagi? 

Tradisi menjemur bayi di pagi hari rupanya sangat bermanfaat bagi bayi. Menurut Dr. Cynthia Rindang SpA, (dokter anak di RS Puri Indah Kembangan, Jakarta Barat) bahwa menjemur bayi di pagi hari di Indonesia masih direkomendasikan karena dapat mengurangi penyakit kuning pada bayi yang baru dilahirkan.  Selain itu, menjemur bayi di pagi hari juga bermanfaat mengaktivasi vitamin D yang terdapat pada kulit bayi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sel tulang bayi sehingga makin kuat.

Hal senada juga dikatakan dr. Margareta Komalasari SpA (dokter anak di RSPP), sinar matahari pagi membantu penyerapan vitamin D sehingga kalsium yang dibutuhkan tulang terserap lebih optimal. Selain itu juga bisa mencegah penyakit kuning pada bayi. "Sinar matahari juga dapat mengurangi bilirubin atau jaundice dimana bilirubin larut saat terkena sinar matahari dan keluar melalui buang air seni atau kotoran bayi yang membuat bayi terbebas dari penyakit kuning", jelas dr.Margareta.

Cara Menjemur
Menurut dr. Margareta menjemur bayi harus melihat kondisi cuaca. Jangan menjemur bayi saat cuaca berangin, karena dapat membuat bayi kedinginan. "Jemur bayi membelakangi arah datangnya sinar matahari, hindari kontak mata bayi dengan sinar matahari langsung", tegasnya.  Bukan hanya itu, sebaiknya bayi dijemur sebelum dimandikan. "Kalau sudah dimandikan baru dijemur, bayi akan kembali berkeringat dan ini membuat bayi tidak nyaman sehingga rewel", tambahnya lagi.
Lebih lanjut dr.Cynthia mengatakan, ada baiknya pakaian bayi dibuka dan hanya menggunakan popok saja saat bayi dijemur agar seluruh kulit bayi terpapar sinar matahari. "Menjemur bayi ini nggak harus di luar rumah. Tapi bukan cahaya matahari yang dipantulkan atau melewati kaca/jendela karena kurang baik bagi bayi", tutur dr.Cynthia.

Waktu Menjemur
Pada prinsipnya bayi sudah boleh dijemur sejak bayi baru lahir.  Menurut dr.Margareta SpA, waktu yang tepat menjemur bayi adalah sebelum pukul 8 pagi. "Setelah pukul 8, sinar matahari sudah mulai terik ditakutkan dapat membahayakan kulit badan bayi seperti kulit terbakar", jelas dr. Margaretha. Ciri bayi kulitnya terbakar ditunjukkan dengan kulit berwarna merah, menimbulkan perih, nyeri, dan juga gatal pada kulit bayi.
Sementara itu lamanya waktu menjemur dikatakan cukup 5 sampai 15 menit per hari meski ada pula yang merekomendasikan hingga 30 menit seminggu (5 menit sehari). "Bayi yang kulitnya lebih putih memerlukan waktu menjemur lebih lama dari bayi berkulit lebih gelap. Tapi jika 5 menit kulit bayi memerah maka waktu berjemur bisa diakhiri," jelas dr. Cynthia.

Tips
Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan saat menjemur bayi:
  • Buka pakaian bayi agar seluruh kulit bayi terpapar matahari pagi
  • Jemur bayi di tempat yang tidak terlalu terbuka (di luar) yang  banyak angin.
  • Jangan menjemur bayi setelah pukul 8 pagi.
  • Jemur bayi 5-15 menit. Bagi bayi yang berusia lebih dari tiga bulan bisa dijemur 10 menit bagian punggung dan 10 menit bagian depan, tapi halangi agar mata bayi tidak terkena sinar matahari langsung
  • Berikan ASI pasca bayi dijemur.

Moral of this artikel :
  1. Ternyata menjemur bayi sebelum pukul 8 pagi itu sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kuning. Selain itu, sinar matahari juga dapat membantu pertumbuhan tulang bayi.
  2. Happy sunbathing kids... 

Sumber : Tabloid Femme Edisi 08 - Th IV, penulis Kiki Yuli Arindah


13 comments:

  1. Sip dah, terimakasih infonya Mak Novi.. ^^ sekali nyebur ke blog ini,, eh jadi ngendon deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah,,senangnya ada yang betah ngubek2 blog saya..hehe

      sama2 Mak..Smoga bermanfaat ya ^^

      Delete
  2. tapi kenapa ya para bule-bule malah jemuran sore hari bukannya pagi hari
    saya perhatikan begitu menjelang sore selalau saja mereka mulai jemuran

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena cepat terbakar kulitnya, jadinya proses penghitaman lebih cepat.

      Kan mereka sangat mengidamkan kulit gelap, Mbak.
      Lucu juga ya, yang gelap mau putih, yang putih mau gelap, hehe.

      Delete
    2. alhamdulillah bu, setelah dijemur anak saya gemuk, Pas berkeringat, mik susunya jadi lahap sekali

      Jadi bonyok pula Bapaknya gak bisa beli rokok..:D

      Delete
    3. yah, itu sih derita si bapak, hehe.

      gapapalah, Pak. merokok itu kan tidak bagus untuk kesehatan. Anak sehat, bapaknya juga sehat kan ;)

      Delete
  3. jaman anakku masih bayi, aku jarang jemur bayi mak :p sesekali aja soalnya di depan rumah ga kena matahari, padahal bermanfaat bgt ya mak.. alhamdulillaah anakku sehat meskipun jarang di jemur waktu bayi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mak. Arfan juga ga terlalu sering di jemur karena musim hujan pas lahirnya, hehe.

      Iya, yang penting sehat, Mak ^^

      Delete
  4. Baru tahu neh ilmu baru... Makasih dan salam dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
  5. betul tuh mak mending jemur bayi jangan sampai lebih dari jam 8... jam 8 sekarang uda kyk jam 10 waktu dulu hiks :( semakin panas

    ReplyDelete
  6. ada yang sampe gosong juga y bun, kyknya jadwal sunbathing nya terlalu siang

    ReplyDelete
  7. Uaaaah bobok dulu besok pagi pagi bangun mau jemur a

    ReplyDelete
  8. Knp mata bayi ga boleh kena sinar matahari pagi bun?

    ReplyDelete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...