Friday, September 21, 2012

Kenapa wanita harus bisa menghasilkan uang sendiri?

Di era modern seperti ini, kebutuhan wanita juga semakin beragam. Bahkan wanita cenderung memiliki pola kehidupan yang konsumtif. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan wanita harus bisa menghasilkan uang sendiri.
Menghasilkan uang sendiri bukan berarti harus kerja dikantor full-time tapi bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Di mulai dari bisnis online, kerja part-time, freelance ataupun asisten rumah tangga (Semua pekerjaan itu baik, yang terpenting niat dan ikhlas).
Beberapa faktor yang menyebabkan wanita harus bisa menghasilkan uang sendiri, diantaranya :
  1. Membantu mencukupi kebutuhan hidup orang tua ataupun saudara kandung
  2. Umumnya wanita memiliki hobi berbelanja, baik barang bermerek ataupun barang konsumtif lainnya
  3. Investasi
  4. Faktor-faktor lainnya

Ad. 1. Membantu mencukupi kebutuhan hidup orang tua ataupun saudara kandung.
Meskipun dalam hakikatnya wanita bukan kepala rumah tangga ataupun memiliki kewajiban terhadap orangtua atau saudara kandungnya setelah menikah. Tapi namanya anak, ya pasti haruslah membantu orangtuanya, meskipun orangtuanya dari golongan mampu dan mumpuni (misal).
Menurut saya, membantu orangtua itu merupakan salah satu ungkapan syukur atas apa yang didapat dan diraih. Dalam hal ini, diharapkan wanita mampu membantu orangtua/saudara kandungnya dengan uangnya sendiri bukan uang dari suaminya. Kenapa harus begitu? Karena membantu keuangan keluarga bukan merupakan konteks "pemenuhan kebutuhan keluarga".  Lagipula wajarlah jika seorang anak memberikan sebagian uangnya untuk orang tuanya ataupun untuk menyekolahkan saudara kandungnya. Dalam bermasyarakat, terkadang jika seorang wanita terlalu banyak menuntut uang kepada suaminya (istri tidak memiliki penghasilan sendiri), maka masyarkat menyebutnya sebagai wanita matre (jangan sampe deh begitu, amit-amit, (⌣́_⌣̀) )
Buat saya, pemenuhan kebutuhan keluarga merupakan tanggungjawab suami sepenuhnya. Yang dimaksud dengan kebutuhan keluarga dalam konteks ini adalah semua biaya kebutuhan hidup deemi kelangsungan hidup keluarganya (dalam hal ini suami, istri dan anak).
Ad. 2. Umumnya wanita memiliki hobi berbelanja, baik barang bermerek ataupun barang konsumtif lainnya.
my fashion item ^_*
Pada hakikatnya, wanita memang senang berbelanja. Umumnya wanita menghabiskan 70% gajinya untuk membeli barang konsumtif (seperti : make-up, tas, sepatu, dll). Nah, hobi berbelanja ini kalau tidak diimbangi dengan keuangan yang cukupi, bisa-bisa bangkrut. Hehe
Maka dari itu, disarankan untuk hobi ini, wanita tidak meminta uang kepada suaminya. Karena kalau kemampuan suami tidak memadai, bisa-bisa dapur tidak ngebul,hehe. Nah, disinilah arti penting sebuah penghasilan sendiri. Jadi, pas lagi kepengen belanja, pas ada uang buat beli sendiri. hehe.
Umumnya sih suami bukannya tidak mampu membelikan tapi semua barang yang diinginkan istri bukan kebutuhan pokok. Jadinya belum tentu dikasih uang. Enaknya punya uang hasil sendiri, ya bisa menyalurkan hobi tanpa menganggu kebutuhan dapur.hohoho --(ˆ▿ˆ)/ \(ˆ▿ˆ)--
Istri juga harus belajar mandiri dung, jangan selalu mengandalkan suami. hehe.. Jangan sampai dicap sebagai istri pengeretan.. hehehe.
Ad. 3. Investasi
Wah, kalau ini sih fungsinya buat jaga-jaga aja. Bisa berupa emas ataupun deposito, bisa juga saham (yang penting tau resiko). Namanya kehidupan, kadang di atas, kadang di bawah, tidak ada salahnya "sedia payung sebelum hujan". Jadi, seandainya kondisi keuangan tidak memungkinkan, kan bisa dijual (tapi jangan sampai deh). Nah, untuk investasi ini, bisa juga dijadikan sebagai tambahan tabungan untuk pendidikan anak / kebutuhan masa depan anak.
Ad. 4. Faktor-faktor lainnya
Yang dimaksud faktor-faktor lain ini merupakan faktor yang dapat menghambat arus perputaran uang dirumah. Contohnya : jika suami tidak lagi bekerja, selama suami dalam masa transisi mencari kerja, istri bisa membantu suami mencukupi kebutuhan keluarga.
Kesimpulannya, wanita diharapkan bisa menghasilkan uang sendiri baik untuk penggunaan diri sendiri maupun untuk menambah pundi keuangan keluarga. Selain itu, wanita diharapkan bisa mandiri dan tidak selalu bergantung dengan penghasilan suami. Tapi yang paling penting, uang bukanlah segalanya, uang hanya membantu membuat kehidupan menjadi lebih baik. Jadi, meskipun istri bisa menghasilkan uang sendiri, keluarga tetap harus menjadi prioritas utama dan tetap harus menghargai suami.
Semoga bermanfaat..^_^


15 comments:

  1. Bener banget, Mak. Wanita/istri haruslah mandiri. Harus mampu menghasilkan uang sendiri, selain dari poin2 yang telah Mak Novi uraikan dengan rinci, aku ingin tambahkan satu poin lagi kalo boleh, yaitu untuk persiapan diri dalam menghadapi kehidupan. Karena kita tak pernah tau yang namanya ajal, kapan dia akan menjemput, dan siapa yang akan pergi lebih dahulu, adalah misteri Ilahi. Nah, jika ternyata si dia yang harus pergi lebih dulu, wanita bekerja, tentunya akan lebih mudah untuk melanjutkan kehidupannya dan anak2. Tak akan terpuruk terlalu lama. Jadi, sudah sewajarnyalah jika para wanita, mampu untuk berdikari. Begitu saja tambahannya, Mak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, Mak... kita ga pernah tau ajal...^^

      Makasih tambahan poinnya, Mak ^^

      Delete
  2. betul sekali maakk, saya setuju dengan semua poin2 itu, saya salah satu contoh dari poin 4 di atas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mak.

      Banyak hal yang bisa terjadi di luar kemampuan manusia, Mak.

      Tidak harus bekerja di kantor, yang terpenting adalah bisa memiliki penghasilan sendiri, Mak.

      makasih kunjungannya, Mak ^^

      Delete
  3. Setujuuuh...apalagi bg yg hdp jauh dr kluarga & di negara lain, pasti pnting bgt utk pnya pnghasilan. Skalipun org yg konglomerat swaktu2 bs jd kongmlorot. Mknya bela2in kerja disini walupun krja fisik & lelah tp bs ada yg dihasilkan utk "rainy days fund". Swaktu2 bncana alam bs dtng kaaan. Hiiiy hrs siap sedia...Dan krn gw pribadi hobi nyelamatin anjing kucing jd pingin bisa slalu donasi utk shelter2 hewan disini...yeeeaay

    ReplyDelete
  4. Setujuuuh...apalagi bg yg hdp jauh dr kluarga & di negara lain, pasti pnting bgt utk pnya pnghasilan. Skalipun org yg konglomerat swaktu2 bs jd kongmlorot. Mknya bela2in kerja disini walupun krja fisik & lelah tp bs ada yg dihasilkan utk "rainy days fund". Swaktu2 bncana alam bs dtng kaaan. Hiiiy hrs siap sedia...Dan krn gw pribadi hobi nyelamatin anjing kucing jd pingin bisa slalu donasi utk shelter2 hewan disini...yeeeaay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, Bu Rika.
      Life likes wheels. We never know about future ^^

      Tugas mulia itu. Lanjutkan!!

      Makasih kunjungannya, Bu Rika. Kangen ^^

      Delete
  5. Ya setuju... tp bwt aku yg minim informasi bingung juga utk usaha apa. ..? Apalagi anak masih kecil. Gimana nov solusinya?

    ReplyDelete
  6. Ya setuju... tp bwt aku yg minim informasi bingung juga utk usaha apa. ..? Apalagi anak masih kecil. Gimana nov solusinya?

    ReplyDelete
  7. Ya setuju... tp bwt aku yg minim informasi bingung juga utk usaha apa. ..? Apalagi anak masih kecil. Gimana nov solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak hal kok yang bisa dijadikan uang. Yang penting niat. Yang pasti disesuaikan dg minat. ^^

      Kalo aku pribadi, lebih milih buka onlineshop krna ga perlu tempat fisik tapi yang penting punya teman banyak. ^^

      Delete
  8. setuju bgetvmakk

    banttu sodara itu seneng dgn uang sendiriii..

    syang sy blom bisaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mak Hana.

      Gapapa, Mak. kan membantu bukan hanya masalah uang, bisa dengan bentuk bantuan lain. Yang penting saling membantu ^^

      Makasih, Mak ^^

      Delete
  9. setuju,,,,menjadi wanita mandiri itu penting emak,,,
    biar kalo pingin apa-apa ga bingung nunggu uang dari suami
    *padahal belum punya suami nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh.

      Iya, ga semua kebutuhan istri harus dipenuhi oleh suami. apalagi kalau suka shopping kaya saya. hehe

      kan buat bekal kalau nanti punya suami. ^^

      Delete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...