Monday, November 5, 2012

Karakter dan gaya berkomunikasi golongan darah "O"

Terinspirasi dari blognya mbak echa (golongan darah AB)...Jadilah saya juga ikut-ikutan posting artikel golongan darah (tentunya golongan darah saya)..hahahah...
Tapi jujur saja, saya memang suka mengikuti blog-blog mbak echa.. Bahkan terkadang membuat copasnya, maklum saja saya kan memang terobsesi dengan mbak echa (lho,kok jadi curcol,haha).. Tenang aja mbak, saya cuma ikutan blognya lho bukan kepribadian..hehe...

Lanjut... mengenai golongan darah... ada cerita menarik dibalik golongan darah saya. Sejujurnya saya baru mengetahui golongan darah ketika akan harus membuat surat keterangan sehat beberapa bulan yang lalu, itupun karena saya penasaran dengan golongan darah yang sebenarnya... Selama ini, saya berasumsi golongan darah saya itu AB (menurut si emak karena si papah AB, tapi saya belum pernah kroscek langsung ke papa,hehe.. Tapi maklum juga neh karena saya lahirnya dibidan jadul yang belum ada pemeriksaan golongan darah..)


Sebenarnya waktu SD ada sih pemeriksaan golongan darah dari sekolah, tapi ya saya kabur pas hari H (maklum saya dulu kan takut jarum suntik,haha)..Pas SMK, saya ikut PMR, nah pas harus donor darah, karena masih takut, jadinya tidak ikut donor.. hehe... Kemarinpun waktu melahirkan masih dengan PDnya bilang golongan darah AB, hehe.. Alhamdulillah tidak terjadi apapun waktu lahiran, sehingga tidak perlu transfusi darah, tapi lagi-lagi jadinya saya tidak tahu golongan darah sebenarnya.. Tapi Alhamdulillah ya sekarang sudah tahu pas cek dipuskesmas kantor, murah lho sodara-sodara, pokoknya dibawah 10ribu (maaf neh saya lupa, kalo tidak salah sih 3.500)..


Nah, sekarang waktunya membahas karakter berdasarkan golongan darah, check it out :

Karakter Orang Bergolongan Darah ‘O’
Orang-orang dengan golongan darah O adalah mereka yang tidak banyak ambil pusing, penuh semangat dan memiliki jiwa sosial yang tinggi. Mereka adalah orang yang paling fleksibel di antara semua golongan darah yang ada. Mereka akan dengan cepat memulai sebuah proyek namun mengalami masalah ketika melanjutkannya dan tidak jarang banyak juga yang dengan mudah menyerah di tengah jalan. Mereka terkadang bertingkah dan tidak terlalu dapat dijadikan sandaran. Mereka selalu mengatakan apa yang ada di pikiran mereka secara langsung. Mereka selalu jujur. Mereka menghargai pendapat orang lain dan suka menjadi pusat perhatian. Selain itu, orang-orang bergolongan darah O ini memiliki rasa percaya diri yang sungguh kuat. Di Jepang, golongan darah ini merupakan golongan darah rata-rata orang disana.

Gaya Komunikasi dengan Orang Bergolongan Darah O
Ketika berhadapan dengan orang bergolongan darah O yang penuh semangat dan percaya diri, terus terang, optimistis, terkadang egois dan kreatif, hal-hal berikut dapat dijadikan pedoman:
  • Berbicaralah dengan semangat dan penuh vitalitas. Karena mereka kurang menyukai orang-orang yang terkesan lemah, letih, lesu, lemas, letoy, dan loyo yang dianggap tidak dapat mengikuti ritme mereka yang penuh dengan energi.
  • Jangan gunakan kata-kata negatif dan pesimis karena kelompok kata itu tidak terdapat dalam kamus mereka yang penuh dengan semangat positif dan optimis.
  • Ketika mengikat sebuah kontrak, pastikan dengan tegas bahwa mereka komit dengan apa yang telah disepakati dan dapat bertanggung jawab atas penyelesaiannya.
  • Berkatalah dengan jujur karena mereka juga demikian adanya. Sekali kebohongan terdeteksi, mereka tidak akan percaya lagi pada lain kesempatan.
  • Tunjukkan bahasa tubuh yang penuh keceriaan dan semangat.
  • Orang dengan golongan darah O paling suka berkomunikasi dengan mereka yang penuh semangat. Orang-orang yang tidak memiliki semangat hidup yang baik sulit menjadi teman dekat orang golongan ini. Karena mereka selalu semangat sejalan dengan vitalitas yang mereka miliki. Mereka akan dapat berkomunikasi berjam-jam dengan orang yang cocok dan dapat mengikuti ritme bicara mereka yang sangat optimistis dan motivatif.
Silahkan pelajari dengan saksama seluruh karakter dan gaya komunikasi orang berdasarkan golongan darah masing-masing. Semoga kita akan menjadi ‘penjahit’ yang luar bisa dengan jahitan yang sesuai dengan ukuran seseorang. Semoga!


Saya dan suami kebetulan memiliki golongan darah yang sama, yang membedakan hanya rhesus.. Nah,saya dan Arfan memiliki golongan darah maupun rhesus yang sama.. Mungkin yang menyebabkan karakter maupun gaya komunikasi orang bergolongan darah hampir sama karena awalnya mereka memiliki garis keturunan yang sama.. (CMIIW)..


Moral of this artikel :

  1. Sebenarnya karakter dalam diri manusia itu dibagi menjadi dua yaitu karakter baik dan karakter buruk.. Dengan mengkombinasikan keduanya maka akan menjadi manusia dengan kepribadian yang mumpuni
  2. Golongan darah sama memungkinkan adanya persamaan karakter karena mungkin asal muasalnya memiliki hubungan keluarga (dalam hal ini dibawa oleh gen, lebih lengkapnya coba googling pembentukan watak anak)
  3. Golongan darah O memiliki sifat positif yaitu bersemangat, optimis dan motivatif, hal ini diimbangi juga dengan sifat negatif yaitu mudah menyerah dan kadang tidak dapat diandalkan
  4. Jujur dan suka berbicara apa adanya bisa menjadi kelebihan apabila ditempatkan dalam situasi dan kondisi yang benar (pengalaman saya sih,,sulit memposisikan dalam sikon yang benar,hehe)







19 comments:

  1. wah saya golongan darah o jugaa.
    nice posting mbak! saya setuju kayaknya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih...

      welcome to O community... hehe

      Delete
  2. sering banyak denger tenteng darah O,tp baru dnger soal gaya bahasa..
    nice postingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...saya juga baru tau...

      iya,,smoga bermanfaat ya...

      terima kasih untuk kunjungannya ;)

      Delete
  3. Boleh kok ikutin mbak echa tapi jangan sampai ikut2an suka dngan orang yang sama yah :) #kabur

    Sebelum kabur, salam kenal dulu yah ^._.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mas fadly...

      LOL...ye enggalah,saya kan udeh punya suami,lagipula saya bukan tipe "temen makan temen".

      Makasih ya sudah mampir..

      Delete
    2. Haiah... (‾ ‾")

      Ab mampir kemari hihihi

      Delete
  4. mbak darah aq O tpi koq gak kyak gtu ya??????

    ReplyDelete
  5. Ye kan ga slalu sama mbak...hehe
    Itu kan kebanyakan begitu..^_^

    ReplyDelete
  6. samaaa dong

    toss

    eh katanya kebanyakan orang di pulau jawa emang golongan darahnya O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduh, ini komen terlewat, maafkeun ya, Mbak.

      tos dulu ah :D

      moso tho? Wah, mungkin juga karena masih satu keturunan, sama2 keturunan jawa. Hehe

      Delete
    2. tak kirain yang banyak golongan B

      Delete
  7. Terima kasih atas informasi yang telah diberikan, sangat sama dengan sifat dan karakter saya..

    ReplyDelete
  8. Tosss... aku juga O, maak...Makasi artikelnya ya :)

    ReplyDelete

  9. Sangat bermanfaat sekali informasinya,saya juga memiliki informasi seputar Psikologi,berikut linknya http://www.leppsi.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...