Friday, October 9, 2015

Tips melancarkan hasil perahan ASI

Setiap Ibu menyusui pasti pernah mengalami hasil perahan ASI yang menurun drastis. Bukan hasil produksi lho ya, karena hasil produksi ASI kan tergantung kebutuhan bayi. Sedangkan hasil perahan bisa dipengaruhi oleh sarana dan prasarana untuk memerah ASI. Beberapa waktu lalu saya mengalami penurunan hasil perahan yang signifikan. Sedih banget deh, apalagi #BabyAi sempat kesulitan MPASI, jadilah sempat tergoda oleh rayuan susu formula tapi Alhamdulillah belum tergoda, hehe.

Kiri : Hasil perahan ketika seret dari dua PD, 30-50 ML
Kanan : Hasil perahan normal dari dua PD, 120-180 ML


Ketika saya mengalami masa sulit dimana hasil perahan ASI menurun jauh sampai ke level paling bawah alias sekali perah hanya dapat 30 ML. Saya sedih pakai banget, tapi saya bertekad tetap harus ASI apapun yang terjadi. Jadilah, masa sulit itu, saya banyak bertanya kepada teman-teman yang berhasil ASI sampai 2 tahun dan teman yang bayinya seumuran dengan Ai. Dari hasil obrolan dengan teman-teman pejuang ASI, mereka memberikan dukungan agar saya tidak patah semangat.

Masa sulit
Alhamdulillah saya masih tetap semangat perah meskipun hasilnya masih sedikit. Lambat laun, Alhamdulillah hasil perahan ASI kembali normal dan saya makin semangat perah. Selain karena dukungan dari suami dan keluarga serta teman-teman seperjuangan, ada beberapa hal yang saya lakukan agar bisa meningkatkan hasil perahan ASI. 

Hasil perahan setelah mengalami masa sulit (hasil perahan ASI menurun)

Tips memperlancar ASIP ala saya :
1. Pilih breastpump yang nyaman Anda gunakan. Jika dana terbatas untuk membeli breastpump baru, Anda bisa memerah secara manual menggunakan tangan (tanpa bantuan breastpump).

Dari jamannya menyusui Arfan, saya memang mempunyai dua breastpump (manual dan elektrik). Tapi saya lebih memilih menggunakan breastpump elektrik dua corong agar bisa memaksimalkan dua payudara. Ketika hasil perahan menurun, saya tidak bisa mengandalkan breastpump elektrik, karena ASIP sama sekali tidak keluar. Makanya saya beralih mengunakan breastpump manual. Meski hasil perahannya tidak naik signifikan, tapi setidaknya ada perbedaan sekitar 10-30 ML ketimbang menggunakan elektrik. Kalau memerah manual dengan tangan, saya malah tidak keluar sama sekali (mungkin teknik perahnya salah kali ya, karena pernah dapet cerita dari temen, katanya dia perah pakai tangan bisa sampai 200ML. Wow banget kan). Sebenarnya kalau masalah kenyamanan perah denganalat atau tangan. Yang paling penting adalah sugesti juga (kan hormon oksitosin merupakan salah satu hormon yang mempengaruhi produksi ASI).

Breastpump Elektrik andalan saya

Breastpump manual yang saya gunakan 
2. Pilih makanan atau minuman yang bisa meningkatkan produksi ASI. 
Katanya sih, sebenarnya semua makanan dan minuman tidak terlalu berpengaruh ke dalam produksi ASI. Yang paling berpengaruh adalah hormon prolaktin dan oksitosin. Tapi kalau setelah meminum minuman tersebut, perasaan jadi happy, berarti kan meningkatkan hormon oksitosin, hehe. 

Dari hasil cari di om Google, akhirnya saya menemukan susu almond (yang katanya bisa meningkatkan produksi ASI). Susu Almond mengandung kalsium, asam lemak baik, vitamin E dan asam folat (sehat banget kan). Rasanya enak dan tidak berbau (berbeda dengan susu kedelai, yang baunya bikin saya tidak suka, hehe). Selain itu, proses pembuatannya tidak melalui pemanasan sehingga berbeda dengan susu sapi ataupun kedelai.

Selama mengkonsumsi susu almond, Alhamdulillah hasil perahan ASI meningkat. Makanya sugesti saya mah, susu almond pengaruh banget terhadap kelancaran ASI.

Almond Milk - ASI Booster
Selain susu almond, saya juga rutin mengkonsumsi suplemen ASI. Sebenarnya sejak saya melahirkan Ai, dokter memang meresepkan suplemen ASI (di awal melahirkan, hasil perahan saya kan memang buanyak banget, makanya sugestinya bisa meningkatkan hasil perahan). Tapi ketika suplemen ASI habis, saya tidak membelinya lagi. Makanya ketika hasil perahan menurun, saya mencoba mengkonsumsi suplemen ASI. Alhamdulillah ya berhasil meningkatkan hasil perahan. 

Suplemen ASI 

Dari dua tips melancarkan hasil perahan ASI, intinya sih semuanya kembali kepada sugesti ke diri sendiri. Niatnya harus kuat untuk tetap ASI. Semangat ya emak-emak menyusui. ;)

5 comments:

  1. dukungan dari orang sekitar emang ngaruh banget ya mak,saya baru tahu yang susu almond..baiklah,catet hehehe..makasih mak sharingnya^^

    ReplyDelete
  2. Sugesti tetep nomor satu sih yaaa. Mau pakai apa juga kalau udah ga yakin, susaahh

    ReplyDelete
  3. semangat busui
    sugesti positif ya
    bisaaaaa sampe 2 tahun

    ReplyDelete
  4. maaak, saya juga br aja ngalamin..stok asi di freezer udah abis pula..akhirnya baru aja nyoba konsumsi susu almond..smoga bs lancar amiin..gudluck for us, maak :))

    ReplyDelete
  5. yup, di samping 2 hal itu memang yg paling utama kudu bersugesti positif dlu ya mak

    ReplyDelete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...