Saturday, April 23, 2011

Minggu Pertama diKantor baru

Minggu Pertama diKantor baru

Ditugaskan di Sudin I bersama 3 teman, yaitu : Adan, uthe dan Sari

Hari Pertama :
Hari ini Rabu tanggal 20 April 2011, saya bangun lebih pagi dari biasanya.

Jam 6.30 : saya sudah selesai mandi, sarapan dan bersiap menuju Kantor Walikota Jakarta Selatan. Perjalanan pagi ini agak sedikit tersendat diTendean, tak sampai 25menit, saya sudah sampai dipelataran parkir Kantor Walikota Jakarta Selatan. Saya menemui teman-teman yang sudah berkumpul dilobby Blok B (FYI,Kantor Walikota memiliki 3 Blok, yaitu Blok A, Blok B dan Blok C).


Jam 7.15 : saya bersama ketiga teman sudah berada dilantai 4 (Suku Dinas Pelayanan Pajak I Jakarta Selatan). Saya dkk menemui Ibu Ida untuk memberikan SPMT. Kami diminta untuk bertemu dengan Kasudin. Selama menunggu, kami dipersilahkan menikmati kue lopis serta teh hangat (hari pertama kerja sudah dilayani dengan baik seperti tamu, jadi tidak enak :D). Kami diajak berbincang-bincang oleh para Kasie. Semua Kasie maupun pegawai dikantor ini bersikap ramah. Saya suka sekali berada dikantor ini.

Jam 8.30 : saya dkk bertemu dengan Kasudin. Beliau ramah dan sangat inovatif,beliau juga sangat menghargai pendapat (padahal saya dkk itu masih baru). Beliau menugaskan kami untuk membuat ringkasan pekerjaan selama bekerja diSwasta. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana keahlian kami.

Jam 9.00 : Diikutsertakan dalam sosialisasi Perda baru. Kasudin berharap dengan keikutsertaan kami dalam acara ini, kami bisa mengetahui keluhan-keluhan maupun permasalahan WP bukan hanya mengetahui perda baru (Salut untuk beliau karena memberikan ilmu lewat cara yg bijak).

Jam 11.00 : Membantu bagian penagihan untuk menyiapkan dokumen untuk WP

Jam 12.00 : Makan bersama dengan para kasie dan pegawai. Senangnya bisa berkumpul dan berbincang meski kami adalah anak baru.

Jam 13.00 : membantu mengurus dokumen untuk sosialisasi.

Jam 14.00 : ikut sosialisasi perda baru (lagi). Kali ini beliau meminta kami untuk membantu kelengkapan sosialisasi.

Jam 15.00 : Membantu memilahkan dokumen perKecamatan.

Jam 17.00 : Pulang kerumah. Cukup 10menit untuk sampai dirumah.

Hari Kedua :
Hari ini Kamis tanggal 21 April 2011
Mulai terbiasa bangun pagi,tapi tetep aja jalannya telat. Efek ribet memang tidak pernah hilang dari diri saya.

Jam 7.15 : sudah sampai dikantor. Pagi ini tidak tahu apa yang harus dikerjakan. Jadilah saya membaca buku 'Ketetapan Undang-undang Pajak Daerah'. Lagi asik baca,tiba-tiba dipanggil sama senior. Mereka bilang harus banyak bantu senior yang lagi banyak kerjaan. Okelah kalau begitu.

Jam 9.00 : diajari meneliti dokumen BPHTB untuk validasi oleh mas Dony.Meski bukan lulusan perpajakan dan tidak memahami sama sekali tentang BPHTB,jadilah saya banyak bertanya (Maaf ya mas,saya memang tidak tahu,tapi daripada nanti malah sok tahu :D).mas Dony tidak pelit berbagi ilmu sehingga saya benar-benar memahami cara meneliti BPHTB.Tidak perlu waktu yang lama untuk memahaminya, saya sudah lancar meneliti. Malahan menurut Pak Tarsiman, saya sudah bisa menandatangani kertas kerja tersebut (FYI,saya hanya meneliti,mas Dony yang menandatangani kertas kerja).

Jam 11.30 : pekerjaan menelitipun selesai. Saatnya membantu teman² memilah dokumen untuk dikirim. Lalu lanjut makan siang bersama, siang ini menunya : sayur sop, ikan teri, ati-rampela ayam dan telor dadar. Berhubung sudah kenyang,jadilah pisangnya saya simpan buat cemilan nanti sore.hehe. Setelah itu, saya dkk ke Bank DKI untuk mengurus ATM. Kami sempat bertemu Ibu Erma (Beliau baik sekali dengan kami, Beliau jadi Ibu favorit kami, karena beliau cantik dan sangat modis, Ibu TOP deh. Hehe).

Jam 12.50 : kami sangat memaksimalkan waktu istirahat, sehingga pada jam ini kami mengobrol sebentar dimusholla. Setelah itu, saya dan uthe fotokopi bahan presentasi diLantai 5.

Jam 13.00 : Saatnya bekerja. Jujur saya akui, dinas ini memang benar² sibuk bahkan saya tidak menemukan adanya pegawai menganggur (selayaknya seperti bekerja diswasta). Saya membantu uthe menyelesaikan  pekerjaannya. Lalu membantu Ibu supri mengurus dokumen. 

Jam 15.00 : diajarkan ibu supri menginput data untuk laporan ke sistem. Lalu mengajarkan teman²ku.

Jam 16.30 : waktunya pulang.

Ya اَللّهُ , terima kasih buat semua nikmat-Mu.
Saya sangat bahagia bertemu dengan orang-orang baru yang baik. Mereka yang akan membimbing saya dkk dalam melaksanakan tugas.
Terima kasih buat Kantor baru ini.

Novia Wahyudi - 22/04/2011

No comments:

Post a Comment

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...