Monday, April 1, 2013

Berbuat baik ke wanita hamil

Ilustrasi by Me (Novia)
Buat saya, berbuat baik ke wanita hamil itu WAJIB hukumnya...kenapa eh kenapa? Karena eh karena wanita hamil (yg akan saya sebut disini "bumil") itu hormonnya lagi tidak stabil, sehingga menyebabkan bumil lebih sensitif dan lebih mudah terpancing emosi.

Tulisan ini sebenarnya dilatarbelakangi dari pengalaman pribadi. Waktu hamil kemarin, Alhamdulillah semua memperlakukan saya dengan baik. Tiap pulang saya diberi tebengan sama Pak Bos. Kalau naik busway juga selalu diberikan duduk, malahan saya dikawal terus sama Isra (temen sekantor)...hehe.. Tapi namanya juga bumil hormon tidak stabil, sensitifnya kumat deh. Mana waktu hamil, ada masalah dikeluarga saya, sehingga mempengaruhi pola pikir saya. Lagi sensitif begitu, ada aja yang nuduh saya menjahati orang (baca di artikel ini ->; saya itu orang jahat). Dari pengalaman saya tersebut, saya ingin supaya orang disekitar bumil memikirkan terlebih dahulu tindakannya kepada bumil.



Cerita pengalaman lagi nih, dulu secara tidak sengaja pernah melakukan sesuatu yang akhirnya berujung negatif pada 2 orang bumil (Mungkin karena itu pula ada orang yang memperlakukan saya tidak baik ketika hamil :P). Karena tingkah laku saya, bumil pertama harus berpisah dengan keluarganya. Kalau bumil kedua, perlakuan saya menjadikannya stress (Mohon maaf ya untuk kedua ibu tersebut, saya benar - benar tidak bermaksud). Saat itu, ketika saya berbuat sesuatu yang negatif kepada bumil, saya berpikir bahwa apa yang saya lakukan itu benar dan tidak akan berdampak negatif ke bumil maupun ke jabang bayi. (Tapi itulah pikiran seorang wanita muda yang belum pernah hamil dan tidak mengerti bagaimana rasanya jadi orang hamil). Saya baru menyadarinya apa yang saya perbuat di masa lalu ketika hamil (itupun karena suami bilang "mungkin kamu tidak sadar berbuat salah ke orang"). Dari kejadian itu pula saya menyadari pentingnya menuliskan ini.

Hormon Kehamilan Progesteron

Hormon ini berfungsi untuk membangun lapisan di dinding rahim untuk menyangga plasenta di dalam rahim. Juga dapat berfungsi untuk mencegah gerakan kontraksi atau pengerutan otot-otot rahim, sehingga persalinan dini bisa dihindari. Hormon ini juga membantu menyiapkan payudara untuk menyusui.


Dampak
Hormon ini dapat "mengembangkan" pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah, itu penyebab mengapa Anda sering pusing saat hamil. Hormon ini juga membuat sistem pencernaan jadi lambat, perut menjadi kembung atau sembelit. Hormon ini juga mempengaruhi perasaan dan suasana hati ibu, meningkatkan suhu tubuh, meningkatkan pernafasan, mual, dan menurunnya gairah berhubungan intim selama hamil.
Jadi, hormon progesteronlah yang menyebabkan perasaan dan suasana hati bumil menjadi tidak stabil, quote ini dikutip dari website bidanku.com

Nah, karena hormon tersebut tingkah laku kelabilan bumil harus bisa diterima sekitarnya. Kita yang berada disekitar bumil harus bisa menjaga perasaan bumil. Disinilah pentingnya orang sekitar memahami dan memposisikan diri sebagai bumil. Kalau saya sih suka beliin makanan yang diidamkan bumil. Saya juga terkadang terlewat overprotective dengan bumil. hehe. Tapi yang paling saya sukai berhadapan dengan bumil adalah membagi info seluas-luasnya yang saya ketahui berdasarkan pengalaman ataupun artikel yang saya baca. ^__^

Moral of this artikel :
  1. Pesan suamiku "apa yang kita perbuat adalah apa yang diperbuat orang lain ke kita". Jadi banyak berbuat baik, pastinya orang lain juga akan melakukan hal yang sama kepada anda. (wah, kayanya suami harus minta hak paten dari pesan ini, karena saya tulis terus diblog, haha)
  2. Banyak belajar memahami dan mengerti sikon bumil supaya mengetahui cara menghadapi kelabilannya (Tapi baiknya bukan cuma bumil tapi sikon orang lain, supaya tidak salah bersikap)
  3. Khusus untuk bumil, jangan mentang-mentang hormonnya labil jadinya tidak bisa jaga emosi (jangan sampai kepancing kaya saya waktu hamil :P). Bumil juga harus mengetahui kondisinya dan lebih bersikap santai supaya tidak stress dan menganggu kehamilannya.

nobody's perfect, begitu juga dengan saya. saya cuma manusia biasa yang kadang juga salah..
Semoga bermanfaat ^__^

7 comments:

  1. saya lagi hamil niiiih, bumil minta kirimin pulsa gratisan dooong #ingat berbuat baik pada bumil berpahala xixixi Kabuuuur

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiahaha,,,jangan-jangan emak yang sering kirimin saya sms minta pulsa ya,, haha...

      Kalo saya biasanya suka nurutin ngidamnya bumil terutama wiskul..seperti dirumah, kakak saya yang ngidam, saya kebagian ngabisin makanannya.. hehe

      Delete
  2. iyaa harus baik...sini kasi mbak uang hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. bumil windi njaluk pulsa..
      bumil neng 1 iki njaluk uang...
      sesuk-sesuk ada maneh bumil njaluk rumah? huaaa...saya sing duduk neng pojokan ae sambil nangis... :P

      Delete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...