Tuesday, July 23, 2013

Gedung Baru UPBJJ-UT Jakarta (Universitas Terbuka - Jakarta)

UPBJJ-UT Jakarta - Credit

Sejak tanggal 10 Juli 2013, UPBJJ-UT Jakarta pindah alamat ke :
Jl. Ahmad Yani No.43, Jakarta
Ph.:021.29613751, 29613753, 29622070, 29622059
Email : jakarta.ut.ac.id

Jum'at kemarin (19/07/2013), saya mengunjungi gedung baru UPBJJ-UT Jakarta. Suasana memang berbeda sekali dengan gedung yang lama (gedung lama UPBJJ-UT yang di dalam kampus UNJ Rawamangun). Mulai dari cara pelayanan hingga hawa dingin dari AC ruangan. 


Perbedaan ini ada yang terasa menyenangkan dan ada pula yang sedikit menyebalkan. Menyenangkannya karena gedung baru, otomatis segala hal yang ada dalam gedung ini merupakan barang baru. Berbeda dengan gedung yang sebelumnya, kita bisa merasakan hawa dingin dari pendingin ruangan di gedung baru (gedung lama, kita juga bisa merasakan hawa dingin dari angin sepoi-sepoi di selasar depan loket pelayanan, hehe). Sayangnya, saya belum sempat mengunjungi toiletnya, kalau toilet di gedung lama, jangan ditanya ya, hehe.

Yang menyebalkannya karena cara pelayanan yang lama di gedung baru. Sehingga saya yang hanya meminta lembar tagihan untuk registrasi TAP (Tugas Akhir Program. Di Universitas lain dinamakan skripsi.red) harus menunggu selama ±1 jam. Padahal saya hanya dilayani selama ±15 menit di meja pelayanan.  

Kenapa bisa lama? Karena setiap mahasiswa yang datang ke meja pelayanan, mendapatkan konsultasi dan penyuluhan mengenai permasalahan yang mereka hadapi. Sebenarnya cara ini memang efektif untuk memberikan informasi yang jelas dan lengkap kepada mahasiswa. Namun cara tersebut kurang efisien karena meja pelayanan digabung untuk semua registrasi kuliah baik itu mahasiswa baru, mahasiswa lama maupun registrasi TAP. Kalaupun pelayanan tetap digabung, pihak UT bisa memberikan waktu maksimal pelayanan untuk setiap mahasiswa (Misalnya 15 menit/mahasiswa).

Di Gedung lama, loket pelayanan dan laboratorium komputer ada di lantai 1. Ada 3 loket pelayanan untuk registrasi (yang saya tahu, jarang sekali dilakukan konsultasi ataupun tanya jawab dalam tenggat waktu lebih dari 15 menit) dan ada 1 loket pelayanan khusus Tutorial Tatap Muka (TTM) dan TAP. Ketatausahaan ada di lantai 2 dan ruang perkuliahan menumpang di gedung FIS UNJ.

Di Gedung baru, ada 4 petugas yang berada di balik meja pelayanan. 2 orang petugas yang melayani mahasiswa, 1 orang petugas yang memanggil nomor antrian dan 1 orang petugas yang menerima berkas antrian. Di samping meja pelayanan, ada meja untuk tata usaha (ada 1 orang petugas). Di ruangan sebelah tata usaha, ada meja pelayanan untuk TTM dan TAP (ada 2 orang petugas). Nomor antrian dapat diambil di meja satpam depan pintu masuk gedung.

Ilustrasi ruangan di gedung baru UPBJJ-UT Jakarta. dok-pribadi

Sayangnya, tidak ada fasilitas ATM di gedung baru. Sehingga pembayaran lembar tagihan registrasi harus dibayarkan di luar lingkungan gedung. Kemarin saya melakukan pembayaran di Bank Mandiri Cabang Pramuka, padahal semester lalu bisa melakukan pembayaran via ATM (gedung lama).

Kemarin waktu kunjungan kedua (Senin, 22/07/2013), saya sempat bertanya kepada petugas mengenai ruangan perkuliahan di gedung baru. Menurut petugas, gedung ini hanya diperuntukkan untuk gedung administrasi. Namun ruang perkuliahan tetap ada, cuma jumlahnya hanya 3 ruangan.

Semoga kedepannya, bukan hanya gedung baru nan megah dan dingin tapi pelayanan dan fasilitasnya bisa terus meningkat. Tidak ada lagi mengantri lama dan adanya ATM bisa mempermudah pelayanan. Ohya, jangan lupa tempat fotokopi

Semoga bermanfaat ^^










75 comments:

  1. Replies
    1. UPBJJ adalah Unit Program Belajar Jarak Jauh.

      (Sumber : http://www.ut.ac.id/upbjj-ut.html)

      Delete
  2. Mau tanya dong, cara mendaftar dan persyaratan masuk universitas terbuka gimana yah, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendaftaran bisa langsung datang ke UPBJJ setempat, Mas. Isi formulir dan register mata kuliah.
      Kalau dulu sih pas saya daftar, saya beli katalog UT lalu isi formulir pendaftaran dan isi formulir untuk registrasi. Nah, sekarang katalog UT sudah tersedia di website ut.ac.id (bisa download katalog dan kalender akademik).

      Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di link ini :
      http://www.ut.ac.id/tentang-ut/sistem-registrasi/persyaratan.html

      Untuk rencana mata kuliah yg diambil bisa dilihat di link fakultas yang dituju : http://www.ut.ac.id/fakultas-a-program.html

      Delete
  3. Replies
    1. Sama2, Mas.^^

      Semester ini pendaftaran sudah tutup per tgl 2 Agustus. Tapi bisa mendaftar di semester depan. Krna UT menerima mahasiswa di setiap semester ;)

      Delete
  4. Mba saya mau tanya, UPBJJ UT Jakarta yg baru ini ancer-ancer nya apa ya disitu, saya mau kesana mau urus perubahan data pribadi dan ambil KTPU. Saya tadinya UPBJJ UT palembang tapi pindah ke pamulang, saya blm ngerti nih ke sana mesti naik angkutan apa ? Makasih info nya mba:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo naek busway, turun di halte bea cukai ahmad yani ato UNJ yg belakang, Mbak. Cuma emang harus jalan sih, karena gedung nya ada diantara kedua halte tsb.
      Kalo dari arah rawamangun, gedung nya ada disebelah kanan setelah jalan belakang UNJ. Kalo dari arah cawang, gedung nya sebelah kiri setelah bea cukai ahmad yani (bea cukai ada di sebelah kanan).

      Semoga jelas ya, Mbak

      Delete
  5. Sore mba, saya mau cari info tentang pokjar di daerah jakarta untuk FEKON Manajemen. Sekarang saya baru semester 3.Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi, Mbak Alia.

      Maaf baru dibalas.

      Waduh, saya malah ndak pernah ikutan pokjar, jadina ga tau infonya. Mohon maaf ya.

      Delete
  6. gedung baru itu saia yang bangun lho, hehe

    ReplyDelete
  7. kalau dari stasiun jatinegara naik apa yah mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik Transjakarta aja dari stasiun Jatinegara.

      Turunnya di bea Cukai Ahmad yani atau utan kayu rawamangun. Dari halte transjakarta jalan dikit, Mbak. Karena posisi gedungnya berada diantara Bea Cukai Ahmad yani dan Utan Kayu rawamangun.

      Kalau dari arah stasiun jatinegara, adanya sebelah kiri jalan.

      Delete
  8. Klo mau tanya2 jam pelayanan nya kpan saja? Sabtu / minggu buka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelayanan hari Senin-Jumat dari jam 8 pagi sampai jam 2 siang.

      Sabtu-minggu tutup

      Delete
  9. Mbak, gedung yang baru ini lokasi tepatnya dimana ya? kl dari blok m ada gak angkutan umum yang lewat situ?

    ReplyDelete
  10. Deket bea cukai Ahmad Yani.
    Naek transjakarta aja. Kalau angkutan umum lain, saya ga hafal.

    ReplyDelete
  11. kalau mau ke UPBJJ naik busway transjakarta turun di halte mana ya ?
    Trus dari halte ke tempat UPBJJ-UT di rawamangun dekat gak ?

    ReplyDelete
  12. sistem penilaian matakuliah seperti gimana ya ? Katanya ada yg bilang ikut tutorial online, kerjain tugas online dan ikut tatap muka. Apakah itu benar ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Evaluasi hasil belajar = UAS + TTM/Tuton

      UAS = memiliki kontribusi 50%
      TTM (Tutorial Tatap Muka) = kontribusi 50%
      Tuton (Tutorial Online) = kontribusi 30%
      TTM/Tuton termasuk 3 kali tugas.
      Lebih jelasnya bisa baca di katalog UT bagian "Evaluasi Hasil Belajar"

      Delete
  13. Mbak untuk pendaftaran gelombang pertama sampai kapan? Saya mau daftar gimana caranya yah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk masa registrasi 2014.1 dari tanggal 02-15 Januari 2014
      untuk masa registrasi 2014.2 dari tanggal 02-15 Juli 2014

      info lengkapnya bisa cek disini http://www.ut.ac.id/mahasiswa-dan-alumni/kalender-akademik.html

      Delete
  14. Mbak itu pendaftaran untuk masa registrasi 2014.2 dari tanggal 02-15 Juli 2014 untuk mahasiswa baru bisa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak.

      coba lihat di kalender akademik di ut.ac.id.
      Jika memang belum yakin, bisa telpon ke UPBJJ setempat

      Delete
  15. Mba, saya mau tanya..
    saya rencana mau register jdi mahasiswa baru di UT jur non pendas untuk 2014.2, hanya saja saya lihat dari history tanya jawab.pelayanan hanya buka senin-jumat jam 8-2 siang. Saya status bekerja dan hanya ada waktu libur sabtu dan minggu.
    Untuk registerasinya apakah bisa via online saja ? atau pasti nanti saya harus datang ke UT nya mb ?

    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru dibalas, Mbak

      untuk mahasiswa baru harus registrasi ke UPBJJ setempat, Mbak. Kalau sudah jadi mahasiswa, baru bisa registrasi online.

      Delete
  16. mba kalau naik angkutan umum dari arah senen naik apa y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik busway aja atau naik patas. Tapi saya lupa nomor bus patas brp. *maaf*

      Delete
  17. klo dari UNJ kira2 berapa km ??seandainya kita turun di UNJ...




    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, UNJ sebelah mana neh? kalau dari UNJ yg jalan protokol alias jalannya 4 lajur, kira-kira 2 KM.

      kalo UNJ yang jalan ke arah pasar sunan giri, ga sampe 1 KM

      Delete
  18. Maaf mba saya mau tanya, kalo biaya UT brpa ya fakultas ekonomi? Soalnya saya ga ngerti yg di online

    ReplyDelete
    Replies
    1. biaya apa neh?

      tabel biaya pendidikan bisa dilihat di link ini http://www.ut.ac.id/tentang-ut/sistem-registrasi/biaya.html

      Delete
  19. Mba sy mau tanya. Gmn cara klu saya mau integrasi dari kampus ut? Apakah itu pengurusanya di kampus yang di daerah atau mengurusnya di ut jakarta? Mohon di jawab..... terima kasih

    ReplyDelete
  20. Mba sy mau tanya. Gmn cara klu saya mau integrasi dari kampus ut? Apakah itu pengurusanya di kampus yang di daerah atau mengurusnya di ut jakarta? Mohon di jawab..... terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, maksudnya gimana neh?

      maksudnya pindah UPBJJ-UT? setau saya sih, ke UPBJJ lama dulu untuk mengurus kepindahan.

      Delete
  21. Mba saya mau tanya cara buat e ktm bagaimana cara dan persyaratanya mba?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf, Mas Satria. Saya kurang paham, karena saya sampai lulus ga punya e ktm.

      Delete
  22. mbak masih buka pendaftaran mahasiswa baru bagi lulusan SMA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah tutup. biasanya pertengahan Januari dan Juli. :D

      Delete
  23. Mbak, klo ke UT dr gedung UNJ depan terus arahnya kemana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari gedung UNJ depan agak jauh, Mbak.
      mending naek angkot aja ke arah jatinegara/prumpung.
      kalo dari jalan belakang, lumayan juga sih.

      Delete
  24. malam mba Novia,mau tanya kalo pas TTM itu jadwalnya weekend ato hari biasa ya? kalo weekend bisa ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. TTM emang jadwalnya selalu weekend, Mbak

      Delete
    2. itu biasanya pagi siang apa malam. trus sabtu aja apa minggu aja. apa dua2nya?

      Delete
    3. @mbak asi: biasanya jadwal ttm itu dari hari sabtu siang sampe sabtu sore dan dari minggu pagi sampe minggu sore

      Delete
    4. Kalo TTM biasanya di kampus yang mana ya mba? sesuai jurusan atau yang di kampus ahmad yani?

      Delete
  25. salam kenal mba novia. apakah mba tau untum alur pendaftaran alih kredit? terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek di artikel saya mengenai alih kredit ya.

      Delete
  26. Maf mba mau tanya kalo untuk pendaftaran lagi kira"dibuka kapan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 Juni - 12 Juli 2016 utk masa registrasi 2016.2

      Delete
  27. Mbak novia saya mau nanya.
    UT itu ada sangkut pautnya sama universitas yang lain nggk, contoh kya UT UNJ, dibawah unj atau UT UI dibawah UI
    soalnya ada yang nanya sama saya begitu mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba asih, UT itu sama statusnya dengan UI dan UNJ yaitu sama2 PTN. Jadi UT tidak dibawah UNJ ato dibawah UI melainkan langsung dibawah kemenristekdikti mbak

      Delete
    2. betul tuh kata Mas Anton.

      UT berdiri sendiri dan langsung dibawah kemenristekdikti.

      Delete
  28. Maf mba asih berarti setiap semester itu selalu ada pendaftaran baru ita

    ReplyDelete
  29. Assalamualaikum mba ya mau tanya gmn cara mendaftar di ut saya ga bisa dunia computer mohon infonya makasih ya mba assalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal datang langsung ke upbjj terdekat kang aang

      Delete
    2. sekarang sudah bisa registrasi online. coba cek di website UT untuk langkahnya.

      Delete
  30. assalamualaikum mbak maaf mau tanya untuk jadwal pendaftaran mahasiswa baru UT saat ini itu kapan ya? trimakasih

    ReplyDelete
    Replies

    1. 1 Juni - 12 Juli 2016 utk masa registrasi 2016.2

      bisa cek kalender akademik di link ini http://www.ut.ac.id/kalender-akademik

      Delete
  31. Assalamualaikum mba, apakah mba tau alamat upbjj daerah Depok ?
    Maaf, klau 'Kopjar' itu singkatan apa ya ? Trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya, Depok itu masuk ke UPBJJ Jawa barat.

      KopJar = Kelompok Belajar yang terdiri dari kumpulan mahasiswa UT

      Delete
  32. mau tanya... mau minta sertifikat akreditasi BAN PT dilegalisir dimn ya... terus bisa diambil jam berapa sd jam berapa dan harinya sampai hari apa... terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. download aja di http://www.ut.ac.id/2015/tentang-ut/sistem-jaminan-kualitas/akreditasi-ban-pt.html

      Delete
  33. Selamat sore mba. Saya mau tanya, kebetulan saya baru terdaftar sbg mahasiswa UT 2016.2. saya mau tanya gimana cara tahu waktu dan tempat ttm? Kalo dikampus biasa kan jadwal ruangan sudah disediakan pihak kampus, nah di ut bagaimana? Soalnya saya pekerjaan saya kadang hari Sabtu juga masuk setengah hari

    ReplyDelete
  34. Omg mbak! I've been in here. Soo crowded ya... apalagi pas di last minute. Tapi so far memang masih bagus ya mbak. Beda waktu saya dulu UT UNJ. Kaget juga pas mau nerusin tetiba itu tempat registrasi yg di UNJ udah kayak rumah hantu...hahahaha... eh gak taunya udah pindah ya... jadi lebih keren...
    tapi sayangnya karena saya dateng last minute jadi nomer antrian udah 700 an. Baiklah klo begitu, registrasi 2017.1 sajah...

    ReplyDelete
  35. Mbak mau tanya, kalo dari cileungsi ke upbjj ut naik apa ya ?

    ReplyDelete
  36. Klo kuliahnya pengin di ut pusat gimana caranya?

    ReplyDelete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...