Wednesday, August 28, 2013

Buka bersama dengan gorengan sehat (SunCo dan KEB)

Lagi-lagi karena kesoksibukan saya selama Ramadhan kemarin, saya hampir tidak sempat menulis di blog (meski selama bulan Juli kemarin, saya bisa menulis 5 artikel di akhir bulan). Tapi, late better than never. Jadilah hari ini, saya melanjutkan menyelesaikan menulis reportase mengenai Buka Bersama dengan Minyak Goreng SunCo.

Bulan lalu, tepatnya hari selasa tanggal 23 Juli 2013 SunCo mengadakan Buka Bersama dengan tema "Buka bersama dengan gorengan sehat" dan adapula cooking demo bersama Chef Billy. Pukul 4 sore, para undangan mulai memenuhi bagian samping Cafe Rolling Stone Indonesia yang berlokasi di Kemang. Para undangan yang hadir merupakan anggota dari beberapa komunitas. Saya sendiri hadir dalam acara ini karena undangan dari Kumpulan Emak-Emak Blogger (KEB). Selain anggota KEB, ada juga komunitas Langsung Enak dan komunitas lainnya. Tapi dari kesemua komunitas yang diundang lebih banyak emak-emak dibanding bapak-bapak, hehe.

Waktu sudah menunjukkan pukul 5 sore tapi acara belum juga dimulai. Akhirnya acara dimulai juga jam setengah 6 sore, dibuka dengan sapaan dari MC yang berbalut kaftan merah dan berparas cantik (Maaf, saya lupa namanya). Acara dimulai dengan menginformasikan syarat dan ketentuan untuk lomba livetweet. Para undangan diharuskan memfollow akun twitter SunCo yaitu @SunCo_ID dan menggunakan hastag #BukberSunco untuk mengikuti livetweet.

Chef Billy naik ke atas panggung untuk menyapa para undangan sebelum memulai cooking demo. Meski Chef Billy itu gantengnya bukan main tapi ya para undangan malah asik ngetweet karena lomba livetweet sudah dimulai, Hehe. Untuk mengalihkan perhatian, jadilah Chef Billy banyak melakukan interaksi dengan tanya jawab. Sampai akhirnya Chef Billy memanggil para undangan dengan Ibu-Ibu SM (apakah itu?). Ternyata kesibukan para undangan terutama Emak-Emak yang asik ngetweet selama interaksi berlangsung membuat Chef Billy menyebutnya sebagai Ibu-Ibu Sosial Media alias SM. Sebutan tersebut berhasil memancing perhatian para undangan, terbukti dengan terdengarnya tawa dari para undangan.

Chef Billy dan MC cantik (mirip Chef Marinka ya ^^)
Menu pertama cooking demo bersama chef billy adalah dada ayam selimut keju. Karena temanya gorengan sehat, maka dipilihlah menu ini. Chef Billy meminta bantuan para undangan untuk bisa membantunya memasak menu pertama. Volunteer pertama berasal dari komunitas Langsung Enak. Untuk menu ini, Chef Billy memilih menggunakan dada ayam karena dada ayam banyak mengandung protein dibandingkan paha ayam yang banyak mengandung lemak. Sambil memasak menunya, Chef Billy juga memberikan tips untuk memilih dada ayam yang segar dan tips memasak dada ayam agar matangnya merata. 
Tips memilih dada ayam segar : dada ayam ditekan dengan jempol dan apabila ada sobekan dam berwarna merah, berarti ayam tersebut masih segar.
Agar dada ayam matang dengan rata, dada ayam dipukul-pukul sampai tebalnya rata. Umumnya dada ayam tidak sama tebal, sehingga harus diratakan terlebih dahulu jika menginginkan matang yang merata.
Pendapat umum : gorengan itu makanan tidak sehat karena banyak mengandung kolesterol. Tapi itu semuanya tergantung menggorengnya. Membuat gorengan sehat dengan yang lain adalah menggunakan Minyak Goreng SunCo karena mengandung asam lemak dan hasil gorengannya lebih cepat matang, krispy serta berwarna keemasan.

Adzam magrib berkumandang, acara dihentikan sejenak dan para undangan dipersilahkan untuk membatalkan puasanya.  Cafe Rolling Stone Indonesia menyediakan es buah segar, kurma dan aneka makanan lainnya sebagai tajil.

Setelah menu pertama selesai dimasak, pastinya boleh dong dicobain alias icip-icip. Rasanya sih biasa aja tapi hasil gorengannya memang krispy. Sambil icip-icip, para undangan dipersilakan menikmati jamuan makan. Sambil menikmati jamuan makan malam, pihak penyelenggara yang diwakili oleh Ibu Anita mempresentasikan Minyak Goreng SunCoMinyak Goreng SunCo dibuat dengan teknologi mutakhir dengan melalui 5 tahapan proses yakni 3 kali proses pemurnian dan 2 kali proses penyaringan sehingga menghasilkan minyak goreng yang baik. 3 (tiga) Keunggulan Minyak Goreng SunCo yaitu :
  1. BENING. Rahasia beningnya Sunco berasal dari buah kelapa sawit segar yang langsung diolah. Warna bening adalah bukti minyak goreng yang baik karena tidak cepat hitam atau teroksidasi sehingga meminimalkan risiko kanker. 
  2. TIDAK MUDAH BEKU. Dibandingkan dengan minyak goreng sawit yang lain Sunco tidak mudah beku. Ini membuktikan bahwa Sunco adalah minyak goreng dengan kandungan asam lemak jenuh terendah sehingga meminimalkan peningkatan kolesterol (LDL Kolesterol). 
  3. KARAKTERNYA SEPERTI AIR. Kualitas minyak goreng dapat dibuktikan dengan uji organoleptik*. Sunco diolah dari buah kelapa sawit segar maka Sunco karakternya seperti air, tidak lekat, dan tidak menyerap berlebih di makanan. Makan lebih nyaman tanpa rasa gatal/serik di tenggorokan. *Uji organoleptik dilakukan untuk membuktikan kualitas minyak goreng yang baik secara sensorik.  
Begini seharusnya minyak goreng yang baik
 merupakan tagline Minyak Goreng SunCo.  

Bukti ketika dimasukkan kedalam lemari pendingin bersuhu 3°. 
SunCo tidak mudah beku (botol yang dipegang Ibu Anita)

Setelah dijelaskan mengenai produk Minyak Goreng SunCo beserta keunggulannya dibandingkan minyak goreng lain. Chef Billy melanjutkan memasak menu kedua yaitu Fried Banana Split. Sekali lagi Chef meminta bantuan kepada para undangan untuk menemaninya memasak. Kali ini dengan semangat Emak-Emak, pengen dong anggota KEB membantu chef, jadilah Mak Dwina Yusuf yang maju membantu chef. Eh, ada kejadian lucu nih, Chef memanggil Mak Dwina Yusuf dengan sebutan kerudung hijau, padahal Mak Dwina Yusuf kan menggunakan kerudung Merah. Sontak saja para undangan langsung berseru ramai mengkoreksi Chef.

Chef Billy dan Mak Dwina Yusuf

Setelah kenyang makan dan cemal-cemil hasil masakan Chef Billy, para undangan ditantang melakukan uji organoleptik. Uji organoleptik adalah pengujian menggunakan panca indera untuk menilai mutu bahan. pengujian organoleptik Minyak Goreng SunCo adalah dengan cara diminum. Saya sendiri tidak melakukan uji organoleptik karena undangan yang mencoba tantangan ini sudah banyak. Tapi dari teman-teman yang mengikuti tantangan ini, mereka bilang Minyak Goreng SunCo seperti air biasa, tidak lengket, kesat bahkan langsung mengalir ditenggorokan dan tidak membuat gatal tenggorokan.

Selesai menantang para undangan, Minyak Goreng SunCo bagi-bagi hadiah dan mengadakan games. Sebenarnya sih tiap kali rehat, Minyak Goreng SunCo memberikan pertanyaan sambil bagi-bagi hadiah. Selain memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada para undangan, ada juga games pantun. Nah kali ini Emak Waya komala dari KEB ikutan games. Berdasarkan hasil voting para undangan maka pemenang games pantun sudah pasti dan tidak bukan adalah Emak Waya komala dari KEB. Hadiahnya besar juga lho! Jadi mupeng saya, hehe.

Dalam setiap games yang diberikan, emak-emak sangat bersemangat menjawab setiap pertanyaan. Tapi ya karena bapak-bapaknya banyak yang diam, akhirnya diadakan games khusus bapak-bapak. Sebenarnya pertanyaannya gampang yaitu tagline Minyak Goreng SunCo tapi bapak-bapak malah bingung jawabnya. Pokoknya seru banget deh acaranya. Saya juga kebagian hadiah Minyak Goreng SunCo ukuran 1 liter dan sabun harmony karena bisa menjawab pertanyaan dengan benar (ahey :D). Pihak penyelenggara juga tidak tanggung-tanggung dalam memberikan hadiah, ada voucher Minyak Goreng SunCo selama 1 tahun lho dan banyak hadiah menarik lainnya.

Ohya, ternyata Ibu Ria dan Ibu Anita berulang tahun di bulan ini. Sehingga ada surprise dari MC dan Chef Billy. Makin meriah aja acaranya. "Selamat Ulang Tahun untuk ibu Ria dan Ibu Anita"

Sebelum diumumkan pemenang livetweet dibuka sesi pertanyaan. Pertanyaan yang terpilih dan bagus mendapatkan hadiah menarik dari Minyak Goreng SunCo.

Sebelum acara ditutup, Minyak Goreng SunCo mengumumkan pemenang lomba livetweet. Agak kaget juga saya terpilih sebagai juara 2 livetweet. Alhamdulillah ya pertama kali ikutan kopdar (alias kopi darat) dan bukber (buka bersama) dengan KEB langsung jadi pemenang Livetweet yang diselenggarakan oleh Minyak Goreng SunCo. Apa aja yang saya kicauan sehingga bisa jadi pemenang, bisa baca di link ini ya.


Credit to : Mak Fitri Rosdiana
Pemenang #Livetweet : Mak Sumarti Saelan, Saya dan Asha Keira
Kopdar itu tidak lengkap rasanya kalau tidak ada foto bersama dong. Selesai acara ditutup, para emak-emak yang cantik nan kece berkumpul di depan panggung untuk foto bersama. Selesai foto bersama, jadilah emak-emak mengerubuti Chef Billy untuk foto bareng. Selepas cupika cupiki, saling berpamitan, saatnya pulang ke rumah masing-masing. Sampai jumpa di acara berikutnya ^^

Credit to : Mak Fitri Rosdiana
Tidak afdhol kalau tidak ada foto bersama :D


4 comments:

  1. emang selalu seru kalo udah kopdaran bareng KEB diacara-acara keren yah mak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak.
      Pengen banget ikutan lagi, tapi acaranya pas jam kerja. T,T

      Delete
  2. Halo... Kami dari Greenpack ingin beritahu info .. Jika ada restoran yang butuh Kotak Makanan bisa menghubungi kami.. Terima kasih.. :)

    ReplyDelete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...