Monday, September 2, 2013

Persiapan mengikuti Penerimaan CPNS 2013


Sejak minggu lalu, saya banyak menerima broadcast message (BM) yang berisi pengumuman penerimaan CPNS 2013. Jujur, saya agak kesal juga dengan BM tersebut karena info yang diberikan itu tidak valid. Tujuan awalnya memang bagus, mereka ingin memberikan informasi. Tapi kok jadinya malah bikin bingung, ya karena link yang mereka berikan juga tidak memberikan informasi yang jelas bahkan ada beberapa link yang tidak memberikan informasi.

Akhirnya hari ini saya iseng-iseng buka semua link yang ada dalam BM, sekaligus ingin memvalidkan informasi yang beredar. Dari sekian banyak alamat website yang diberikan, hanya beberapa yang mengumumkan penerimaan CPNSnya melalui website resmi mereka (Berdasarkan pengamatan saya untuk penerimaan CPNS 2010, sedangkan untuk penerimaan CPNS 2013 belum ada pengumuman resmi dari instansi yang bersangkutan).


Dari hasil googling, akhirnya saya menemukan SEMENPAN yang memberikan pedoman untuk jadwal pelaksanaan penerimaan CPNS dari tenaga honorer maupun pelamar umum (link SEMENPAN ada disini). Untuk pengiriman listing tenaga honorer paling lambat minggu keempat bulan Agustus (berarti minggu ini ya), sedangkan untuk keputusan penetapan formasi, pengumuman penerimaan, pendaftaran pelamar dan seleksi administrasi untuk pelamar umum dimulai dari tanggal 1 September 2013 sampai dengan 28 September 2013.  


Umumnya waktu pendaftaran berlangsung selama 2 minggu. Waktu yang cukup singkat tersebut biasanya digunakan untuk mengurus dokumen-dokumen yang diperlukan. Supaya waktu yang cukup singkat tersebut bisa digunakan secara maksimal, sebaiknya dokumen-dokumen tersebut dipersiapkan dari sekarang. Berdasarkan pengalaman saya mengikuti penerimaan CPNS 2010, berikut adalah dokumen yang umumnya dilampirkan sebagai persyaratan untuk mengikuti seleksi administrasi penerimaan CPNS :

  • Pas Foto berwarna (2x3, 3x4 dan 4x6)
  • Fotokopi KTP (khusus untuk PemProv DKI Jakarta, umumnya harus memiliki KTP Jabodetabek)
  • Fotokopi Ijazah yang sudah dilegalisir/surat keteragan lulus asli dari Perguruan Tinggi 
  • Fotokopi transkrip nilai / daftar nilai yang telah dilegalisir (IPK minimal 2,60 -lulusan PTN- dan IPK minimal 3,00 -lulusan PTS- atau nilai rata-rata ijazah SMA minimal 7,00)
  • Fotokopi ijazah/sertifikat Akta IV yang telah dilegalisir (khusus kelompok pendidikan)
  • Fotokopi ijazah/sertifikat profesi yang telah dilegalisir (khusus profesi) 
  • Fotokopi Sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris (Nilai EPT min.400, TOEFL Prediction min.400, IELTS min.5,00 atau TOEIC min.600)
  • Fotokopi surat keterangan sehat jasmani dari Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas Kecamatan
  • Surat keterangan bebas pemakaian narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah/Badan Narkotika Nasional/Kepolisian 
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian (POLRES) yang masih berlaku (biasanya menggunakan Fotokopi yang dilegalisir)
  • dan yang paling penting adalah Surat Lamaran dan Surat Pernyataan

Pengalaman saya mengikuti penerimaan CPNS bisa dilihat di link Perekrutan CPNS DKI 2010. Untuk info lebih lanjut mengenai pengumuman penerimaan CPNS 2013 bisa dilihat di website resmi instansi terkait. Tahun lalu, ada lowongan palsu di surat kabar, harap waspada lowongan CPNS Palsu.

Saat ini yang sudah membuka pendaftaran CPNS adalah Kementerian Keuangan,Pendaftaran CPNS Kemenkeu dilaksanakan secara online melalui website http://rekrutmen.kemenkeu.go.id/ mulai tanggal 6 September 2013 sampai dengan tanggal 20 September 2013.

Sedangkan untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum ada pengumuman resminya. menurut informasi yang saya dapatkan, BKD DKI akan mengumumkan secara resmi pada minggu kedua bulan September 2013, Jadi bersiaplah *kedips*. Untuk info lebih lanjut bisa lihat di website resmi BKD Pemerintah Provinsi DKI Jakarta http://bkddki.jakarta.go.id, sedangkan untuk website penerimaan CPNS http://www.rekrutmen.jakarta.go.id/

Sent from my BlackBerry 10 smartphone.

10 comments:

  1. kadang info2 yg diterima suka gak valid, ya. Makanya emang hrs cek n ricek lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak. Saya sampai geregetan, udah gitu yang BC malah marah pas saya tanyain webnya valid ato ga. --"

      Makanya saya seringnya cek ke webnya dulu sebelum BC supaya beritanya valid. hihi

      Delete
  2. Infonya bermanfaat sekali mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya kalo bermanfaat, Mak ^^

      Delete
  3. wah kebetulan sekali thn ini mau coba buat ikut,,mg2 diberi kemudahan..
    makasih banyak infonya :))

    salam EPICENTRUM
    jangan sungkan buat mampir juga ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin
      Sama2, Mas

      Sudah mampir. Keren artikel Mahameru ^^

      Delete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...