Friday, July 25, 2014

Buka Puasa Bersama SunCo

Minggu lalu, twitter @SunCo_ID (+minyak goreng sunco / Minyak Goreng SunCo) memang sudah woro-woro akan mengadakan acara Buka Puasa Bersama. Saya memang berniat ikut dalam acara tersebut seperti tahun lalu. Alhamdulillah, saya diberikan kesempatan untuk ikut bergabung dalam acara tersebut oleh Kumpulan Emak-emak Blogger

Ini adalah tahun kedua saya mengikuti buka puasa bersama Minyak Goreng SunCo. Tahun lalu, acara buka puasa bersama Minyak goreng sehat berlangsung di sebuah Cafe di bilangan Ampera dan diisi dengan demo masak oleh Chef Billy Kalangi. Tahun ini, acara buka puasa bersama berlangsung di Dapur Solo dan diisi dengan hijab tutorial oleh Selebtwit Mbak +Putri Sam'ani (@Utiwitu). 

Meski kamis lalu, saya sempat galau karena tiba-tiba turun hujan. Saya tetap berangkat menuju lokasi Buka Puasa Bersama. Sampai di lokasi, saya diminta panitia untuk melakukan registrasi dan mengambil nomor doorprise. Tempat acara masih sepi, untungnya sudah ada Mak Waya Komala. Tidak lama kemudian datanglah Mbak Novi dan Mak Oline.

Tahun ini, peserta tidak sebanyak tahun lalu. Masih sepi.



Ketika registrasi, panitia menginformasikan bahwa ada lomba kontes foto selfie. Panitia juga sudah menyiapkan tempat untuk foto serta atributnya. Berhubung masih sepi, saya dan teman-teman foto-foto selfie dulu dong. Setelah puas foto-foto selfie, kami duduk dan mulai mengobrol karena acara belum dimulai.

Foto Selfie akoh, difotoin sama Mbak Oline
Alhamdulillah menang lomba foto selfie \^^/
Tempat duduk sudah mulai penuh terisi oleh peserta buka puasa bersama tapi acara belum dimulai. Berdasarkan undangan yang saya dapat dari KEB, acara akan dimulai pukul 16:30. Tapi kalau melihat timeline Sunco, acara akan dimulai pukul 17:00.  Akhirnya acara dimulai juga dengan ramah tamah dari pihak panitia. Acara buka puasa bersama kali ini memang lebih akrab ketimbang tahun lalu. Mungkin karena tidak ada jarak antara panitia dengan peserta, sehingga acara lebih homie. Ketika acara ramah tamah berlangsung, peserta dari sebuah komunitas yang bernama Ibu Juju memberikan hasil produk olahan rumah tangga menggunakan Minyak Goreng SunCo. Sayangnya, saya tidak kebagian icip-icip, hehe (ngarep.com).


Setelah ramah tamah dari panitia, Ibu Lina dari pihak SunCo memaparkan produk Minyak Goreng SunCo. Berbeda dari tahun lalu, kali ini Ibu Lina lebih banyak menjawab pertanyaan-pertanyaan dari peserta (acaranya memang diarahkan untuk tanya jawab karena memang pastinya peserta sudah mengenal SunCo). Ada pula sharing dari peserta mengenai pengalamannya menggunakan SunCo. Salah satu sharing peserta adalah tidak adanya keluhan gatal di tenggorokan anaknya selama menggunakan SunCo, berbeda dengan sebelum menggunakan SunCo.

Menurut Ibu Lina, sebaiknya minyak goreng digunakan sebanyak 2 kali. Yang dimaksud 2 kali adalah ketika kita sudah menyimpan minyak goreng setelah penggunaan pertama. Contohnya : Ketika akan menggoreng kerupuk 1 kg, tidak mungkin menggoreng 1 kali untuk kerupuk 1 kg. Pastinya penggorengan akan dilakukan berulang. Penggorengan ini masih dalam penggunaan 1 kali karena masih dilakukan berulang sampai selesai. Setelah menggoreng kerupuk, minyak goreng disimpan. Beberapa saat kemudian, minyak goreng tsb digunakan untuk menggoreng ayam, inilah yang disebut penggunaan sebanyak 2 kali. Selain itu, Ibu Lina juga menginformasikan bahwa sebaiknya minyak goreng disimpan dengan suhu ruangan, jangan disimpan ke dalam kulkas karena lemaknya akan mengendap dan tidak bagus untuk kesehatan.

Di akhir acara tanya jawab, Ibu Lina berpesan bahwa sebagai konsumen, kita harus cerdas. Jangan terpancing oleh diskon ataupun promo. Setiap kali akan berbelanja suatu produk, sebaiknya terlebih dahulu mengecek tanggal kadarluasa, komposisi serta nutrisinya.

Tutorial Hijab
Acara dilanjutkan dengan tutorial hijab oleh . Tutorial hijab yang pertama menggunakan jilbab square. Mbak   +Putri Sam'ani (@Utiwitu) memberikan tutorial bagaimana membuat hijab semi turban dari jilbab square. Tutorial hijab yang kedua menggunakan Pashmina/Shawl, Mbak  +Putri Sam'ani (@Utiwitu) memberikan tutorial hijab simple dengan sedikit jarum pentul. Berhubung sudah adzan magrib, jadilah tutorial hijab akan dilanjutkan setelah buka puasa.












Dalam acara buka puasa bersama dengan SunCo kali ini, Dapur Solo menyajikan teh manis hangat dengan mug dengan design unik, bermacam es segar (kebetulan saya kebagian es cincau), Serabi Solo dan Nasi Langgi dengan bentuk yang menarik. Rasanya enak bingits.
Teh manis dengan mug bertuliskan
"a taste of Solo" bermotif batik
  
es cincau dengan penampilan gahar,
tapi rasa maksimal *slurp*

Nasi Langgi dengan bermacam lauk pauk yg bikin nagih
*nom nom*
Setelah santap makan dan Sholat magrib, acara dilanjutkan dengan tutorial hijab menggunakan pashmina tanpa peniti. Ternyata bisa lho menggunakan pashmina tanpa peniti. Setelah ilmu bertambah dengan tutorial hijab, panitia mengumumkan pemenang lomba kontes foto di twitter. Tanpa disangka-sangka, saya dan Mbak Echa menang (Sumpah! ini bukan kongkalikong, hehe). Alhamdulillah rejeki anak sholelah, dapet dua voucher belanja MAP.
Para pemenang kuis selfie foto #BukberSunco
Foto milik Mbak Oline

Selain tutorial hijab, ada pula tutorial membuat bingkisan cantik untuk lebaran. Akhrinya acara ditutup dengan pengundian doorprise. Dari sekian puluh peserta yang hadir, terpilih dua orang yang mendapatkan doorprise.

Pihak Sunco juga menyediakan goodie bag yang berisi minyak goreng 1 liter, bolu gulung prima rasa dan jilbab.

Sekian cerita saya mengenai buka bersama dengan SunCo. Semoga bermanfaat dan semoga tahun depan saya ga diblacklist karena 2 tahun berturut-turut bawa pula hadiah terus. Aaamiin

10 comments:

  1. Seru bgtt..nasi langginya bikin ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mak.

      nasi langginya emang enak banget :D

      Delete
  2. Sayang saya gak diajak, hehe. Tinggal di akmpung nun di lereng gunung, di Kecamatan Limbangan, wilayah Garut Utara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak apalah, Mbak. Barangkali nanti bakal diadakan acara Bukber di lereng gunung ato gimana kalo emak aja yg ngundang saya? hehe *ngarep*

      Delete
  3. Bukber itu indah dan lebih nikmat
    Walau lauk sederhana
    Maah aku hadir mendekat
    Bawa salam hari Raya

    ReplyDelete
  4. uwooo itu acaranya bikin ngiler :) Semoga bisa ikutan acara SunCo lagi amiin :)

    ReplyDelete
  5. semoga kalau tahun depan ikut bisa menang lagiii ^_^

    ReplyDelete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...