Monday, February 9, 2015

Arfan : Nonton di Bioskop

Arfan itu suka banget nonton kartun. Tapi tidak semua kartun jadi favoritnya. Yang paling dia suka adalah nonton oggy and the cockroaches, Tom and Jerry dan Penguins Madagascar. Ketiga kartun tersebut tidak pernah bosan ditontonnya.

Nenek bilang, cara mudah bikin Arfan diam itu adalah nyalakan televisi, pilih Channel kartun favoritnya dan kasih cemilan. Dia tidak bakal keluar kamar dan serius nonton kartun. 

Selama ini Arfan memang belum pernah nonton di bioskop. Bubun emang jarang nonton di bioskop karena males juga ninggalin Arfan di rumah dan belum berani mengajak Arfan ke bioskop. Nah, bulan lalu waktunya tepat banget. Anaknya lagi doyan nonton Penguins of Madagascar dan ternyata ada filmnya juga di bioskop. Jadi, saya coba mengajak Arfan nonton di bioskop.


Sebenarnya dari pas tayang perdana, saya ingin mengajak Arfan nonton tapi Kang Mas lagi sibuk banget (Sabtu aja masih kerja --"). Jadinya, setelah lama tertunda, tanggal 14 Desember lalu, saya dan Kang Mas mengajak Arfan nonton di bioskop.

Jadwal tayang Penguins of Madagascar ternyata tidak banyak alias cuma di putar 3 kali di beberapa bioskop. Jam tayangnya juga kurang pas dengan waktu anak-anak (menurut saya lho :D). Setelah mempertimbangkan jam tayangnya, akhirnya kami memutuskan untuk menonton di Hollywood XXI (Kartika Chandra). Selain karena jadwal tayangnya 5 kali, harganya juga lumayan terjangkau yaitu IDR 35.000 (bioskop lain rata-rata IDR 60.000). Saya khawatir ditengah jalan Arfan minta keluar studio, makanya cari yang murah tapi tidak murahan, hehe (emak-emak tidak mau rugi :D). Ohya, Hollywood juga dipilih karena dekat dengan rumah.

Saya tidak hanya mengajak Arfan, tapi saya juga mengajak adik dan keponakan. Maksudnya sih supaya Arfan ada temannya dan bisa anteng.

Selepas shalat magrib, kami berangkat menuju Hollywood XXI. Alhamdulillah jalanan tidak macet sehingga tidak sampai setengah jam, kami sudah sampai di lokasi. Suasana dalam lobby Hollywood tidak begitu ramai (nah, ini juga salah satu alasan kenapa saya nonton disini, karena tempatnya sepi, hehe). Saya lantas membeli tiket Penguins of Madagascar untuk pertunjukan pukul 7:15 malam. Saya masih memiliki waktu 45 menit sebelum pertunjukan dimulai. Arfan sepertinya menikmati suasana lobby bioskop, mungkin karena dia memang menyukai kartun tersebut sehingga antusias dengan pertunjukan ini, biasanya dia suka minta pulang.
Arfan dan Mbak Icha sedang menunggu di lobby bioskop
sebelum film di mulai
Pukul 7 malam, pintu teater dibuka. Kami langsung memasuki teater dan menempati tempat duduk yang telah dipilih sebelumnya. Arfan duduk diantara saya dan Kang Mas. Biasanya sih Arfan tidak pernah rewel kalau dekat dengan ayahnya. 

Sebelum film dimulai, Arfan asik makan cemilan sambil melihat tayangan iklan. Begitu film akan dimulai dan suara soundsystem mulai cetar membahana, dia mulai ketakutan. Untunglah ada Kang Mas yang menenangkan. Di awal film, dia  masih sedikit ketakutan karena ruangan gelap dan suara soundsystem yang keras. Tapi lama kelamaan dia menikmati filmnya.
wefie dulu sebelum film dimulai
Setelah film selesai diputar, Arfan bilang ke Bubun kalau dia tidak mau lagi nonton di bioskop karena takut. Tapi setidaknya malam itu, Untuk pertama kalinya Arfan nonton di bioskop. Learning by doing, nanti lama-lama juga biasa dengan kondisi di bioskop.

Dari pengalaman ini, ada sedikit tips dari saya ketika pertama kali mengajak anak ke bioskop, yaitu 

  1. Pilih tontonan / film yang disukai anak, sehingga dia dapat menikmati filmnya dan pastinya tidak akan minta pulang.
  2. Pilih lokasi bioskop yang dekat dengan rumah, sehingga tidak lama dijalan karena terjebak macet yang bisa menyebabkan anak bosan atau capek di jalan.
  3. Pilih jam tayang yang bukan jam tidur anak. Biasanya anak-anak akan lebih mudah ngambek kalau kurang tidur. Makanya saya lebih memilih film yang jam tayangnya antara Jam 3 sore sampai Jam 7 malam, karena Arfan biasanya sudah bangun tidur siang dan bakal melek sampai jam 10 malam. 
  4. Pilih bioskop yang harga tiketnya tidak terlalu mahal, sehingga jika anak tidak betah atau tidak suka dengan film yang ditonton, Anda bisa keluar dan mengajak anak pulang (ini sih penting untuk emak-emak yang irit, jangan sampai uang terbuang percuma karena anak minta pulang)
  5. Ajak orang yang bisa menenangkan anak, sehingga ada yang menenangkan jika tiba-tiba dia takut atau ngambek (kalau Arfan emang harus ajak ayahnya, kalau sama Bubunnya dijamin jadi makin takut, hehe)
  6. Ajak orang / teman anak. Biasanya anak-anak tuh lebih suka kalau nonton / melakukan kegiatan beramai-ramai. Mungkin mereka lebih nyaman begitu, makanya saya biasanya ngajak adik/keponakan/sepupu biar Rame.

Sekian dulu cerita dan tips dari saya. Semoga bermanfaat.

15 comments:

  1. asyik kalau anak udah bisa di ajak nonton bioskop ya, pascal & Alvin juga suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan aku mupeng liat Mak Lidya bawa Pascal & Alvin nonton di Bioskop, hehe.
      Makanya coba ajak Arfan ;)

      Delete
  2. pengalaman pertama saya ajak Keke dan Nai nonton bioskop juga deg2an. Khawatir mereka gak suka. Tipsnya kurang lebih sama kayak yang di postingan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihiy, kalo tipsnya sama seperti Mak Chi. Berarti tipsnya oke dong, secara Mak Chi kan biasanya tipsnya bagus2, hehe

      Delete
  3. uwaa senengnya,seru ya mak kalo nontos bareng anak2^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, seru dan heboh Preparenya, Mak Zwan

      Delete
  4. jadi pengen juga ngajak anak nonton ini, cuma ayahnya yg sering gamau klo nonton bioskop :(

    ReplyDelete
  5. Ayahnya di rayu aja, Mak.

    Kang Mas juga ga mau diajak nonton tapi kalo anaknya yg minta. Dia mau juga, hehe

    ReplyDelete
  6. Arfan umur berapa mak? Anak saya, Sandya (3th), gak rewel pas diajak nonton. tp terus minta dipangku sama saya, trus bobo pas baru setengah film diputar hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arfan pas nonton kemarin 2y11m.

      Wah, mamanya pegal dong pangku Selama nonton. Smoga nantinya sudah terbiasa Jadina ga minta dipangku lagi deh ;)

      Delete
  7. ahhhh serunya :( pengen juga diajakin hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penguinnya dah ga tayang. Jadina ga bisa ngajak. *alesan :D
      Hayuk atuh Qta nonton ;)

      Delete
  8. Masyaallah itu adik Arfan lucu banget Mak. Gemes lihat pipinya. Sehat selalu ya dek, biar bisa nonton di biskop lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pipi nya minta dicaplok, hehe.

      Aamiin. Makasih, anteu Ika

      Delete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...