Saturday, June 6, 2015

Happy Mommy Healthy Baby - Transpulmin dan Kamillosan

Pas dateng, masih sepi. Jadinya bisa foto stagenya.

Minggu lalu, saya menghadiri acara "Happy Mommy, Healthy Baby" yang diselenggarakan oleh Transpulmin BB Balsam dan Kamillosan atas undangan dari mommiesdaily. Acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 30 Mei lalu, bertempat  di Hongkong Cafe  (Jalan Sunda No. 5, Thamrin, Jakarta Pusat). Acara ini dimulai pukul 08.30 sampai dengan pukul 13.00.

Pukul 08.15, saya sudah hadir di lokasi dan melakukan registrasi. Konsep acara ini seperti baby shower dengan dekorasi yang sangat cantik.  (Baby shower adalah tradisi perayaan menjelang kelahiran bayi, dimana calon ibu diberikan masukan/saran merawat bayi serta dukungan sebelum melahirkan).


Setelah melakukan registrasi, saya berfoto dulu di booth cantik yang telah disediakan. Kemudian saya dipersilahkan untuk masuk dan duduk di tempat yang telah disediakan. Saya duduk dua baris di depan stage dan berada di posisi tengah agar bisa menyimak dengan baik.

Foto di Photo booth
Tadinya saya mau membawa anak-anak untuk datang ke acara ini, tapi saya khawatir anak-anak bosan karena terlalu lama. Akhirnya malah menyesal tidak bawa anak-anak karena ternyata disediakan Kids Corner. Jadi, selama mengikuti acara ini, anak-anak bisa bermain di Kids Corner.

Photo from twitter @kehangatanIbu

Pukul 08.30, para undangan sudah memenuhi ruangan. MC membuka acara dengan menyapa para undangan. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari pihak Transpulmin BB Balsam dan Kamillosan yang diwakili oleh Mbak Verra selaku Product Manager Transpulmin BB Balsam dan Kamillosan. 

Mbak Verra Oktavianti (Product Manager Transpulmin-
Balsam-Kamillosan) memberikan kata sambutan.
Dalam acara ini, ada dua pembicara yang mengisi, yaitu Ibu Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Psi, Psikolog (psikolog anak dan keluarga) dan Dr. Elizabeth Yohmi, SpA, IBCLC (Ketua Satgas ASI IDAI).

Pembicara pertama yaitu Ibu Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Psi, Psikolog yang lebih akrab dipanggil Mbak Nina memberikan materi tentang "Percaya diri, pondasi orang tua bahagia".

Mbak Nina on stage
Menurut goodman, dkk (2011), Ibu yg alami depresi menjadikan anak cenderung alami gangguan psikologis.

Kondisi ibu yang tidak bahagia akan menjadikan ibu mengalami stress bahkan depresi. Jika Ibu mengalami depresi maka anak berpotensi mengalami gangguan psikologis. Gangguan psikologis dapat berupa gangguan emosional.

Tanda ibu depresi adalah tidak napsu makan terus-menerus ataupun sebaliknya makan terus-menerus (perubahan pola makan). Bisa juga ditandai dengan perubahan pola tidur yang signifikan. Apabila tanda-tanda ini berulang dan terjadi secara terus menerus selama lebih dari 2 minggu, sebaiknya harus segera dicek. Karena kemungkinan mengalami gangguan. Ibu juga harus mengetahui kondisinya, jangan sampai dibiarkan.

Orang tua yang mengalami gangguan psikis akan mengakibatnya kurang memonitor anak sehingga anak dapat cenderung mengalami gangguan psikis ketika remaja.

Jika orang tua mengalami gangguan psikologis apakah bisa bahagia? Tapi bukan berarti Ibu yang tidak bahagia tidak mampu menjadi orang tua yang baik. Semua orang pasti mampu menjadi orang tua yang baik, yang penting terus berusaha dan belajar menjadi orang tua yang baik.

Dalam kesempatan ini Mbak Nina membuat games dengan meminta undangan yang hadir menuliskan hal-hal positif dari orang tua yang baik di sebuah postcard. Postcard tidak diberi nama dan dikumpulkan dan kemudian dibagikan kembali kepada para undangan secara acak.

Menurut Mbak Nina, tidak ada yang kebetulan. Postcard yang didapatkan para undangan secara acak adalah karakter positif sebagai orang tua (baik itu yang disadari ataupun tidak). Maksud dari games ini adalah para undangan sudah memiliki konsep sebagai orang tua yang seperti apa. Contoh : saya mendapatkan....

Selain games menuliskan karakter positif sebagai orang tua, ada pula kejutan dari Mbak Nina. Kejutan itu ada dibawah bangku masing-masing undangan. Sama seperti halnya postcard tadi, kertas yang ada dibawah bangku adalah karakter positif yang ada dalam diri para undangan. Jika bukan, berarti para undangan kurang mengenali karakternya sendiri.

Postcard yang saya tulis (biru), Postcard yang saya dapat (kuning), dan
kejutan dibawah bangku dari Mbak Nina (kertas putih-tulisannya "Pemurah") 
Games postcard dan kejutan dibawah bangku ini bisa dijadikan kekuatan tambahan supaya kita percaya diri menjadi orang tua. Semakin baik menjadi orang tua dan anak-anak bisa lebih bahagia lagi.

Menurut penelitian ada 4 hal yang bisa menjadi kunci bahagia, yaitu sehat, tercukupi, bersyukur  dan percaya diri. Sehat merupakan salah satu modal awal untuk menjadi bahagia, dengan sehat kita dapat melakukan berbagai macam aktifitas. Tercukupi, bukan berarti harus bermewah-mewah, yang dibutuhkan dapat terpenuhi.  Bersyukur itu berarti cukup untuk diri sendiri serta memaknai apa yang dimiliki. Sedangkan percaya diri adalah yakin bisa mencapai sesuatu.

Tidak percaya diri, banyak sekali kasusnya. Contohnya adalah ketika Ibu menyusui sedang merasa khawatir, maka ada hormon jahat yang akan menghambat hormon oksitosin. Sehingga dapat menghambat ASInya.

Dalam konteks percaya diri ini, saya sharing pengalaman menyusui. Anak pertama dicampur susu formula karena saat itu stok ASIP tidak mencukupi, sedangkan anak kedua bertekad untuk full ASI. Alhamdulillah anak kedua masih ASIX dan stok ASIP berlebihan, semoga bisa ASI sampai 2 tahun. Jadi, Ibu harus mempunyai keyakinan dalam pemberian ASI. Dari cerita saya ini, Mbak Nina bilang kepercayaan diri yang saya miliki menjadi saya bisa memberikan ASI dengan baik.

Percaya diri sebagai orang tua yang baik dapat dilakukan dengan mengenali, mengakui dan memperhatikan sisi positif yang ada dalam kita masing-masing.

Ilmu tentang kepercayaan diri menjadi orang tua yang baik sudah didapat dari Mbak Nina. Setelah itu, Dr. Elizabeth Yohmi, SpA, IBCLC (Ketua Satgas ASI IDAI) berbagi ilmu seputar "ASI dan menyusui adalah anugerah, baik bagi Ibu dan Bayi".

Pentingnya ASI baik bagi ibu maupun janin (menciptakan bonding, memberikan gizi terbaik, menjadi kontrasepsi alami bagi ibu dsb). Saat ASI lancar tidak menutup kemungkinan adanya problem menyusui (Puting payudara lecet dsb). Tindakan yang perlu dilakukan agar menyusui lancar.

Menurut penelitian terakhir, Tingkat pemberian ASI Eksklusif di Indonesia masih tergolong rendah sekitar 15-30%. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang manfaat ASI.



Dokter Yohmi
ASI Eksklusif adalah bayi hanya diberi ASI saja tanpa tambahan cairan lain, seperti air putih, madu ataupun makanan lain.

ASI mengandung faktor kekebalan tubuh dan komposisinya berubah setiap saat sesuai kebutuhan. Seperti diawal menyusui, warna ASI kekuningan yang disebut colostrum. Colostrum mengandung antibodi yang sangat tinggi untuk masa awal kehidupan bayi di luar rahim. ASI yang keluar pada awal menyusui biasanya encer tapi lama kelamaan mengental jika ibu sudah memberikan ASI kepada bayi.

Anjuran Pemberian ASI adalah sebagai berikut :

  1. 0-6 bulan, ASI Eksklusif memenuhi 100% kebutuhan bayi
  2. 6-12 bulan. ASI Eksklusif memenuhi 60-70% kebutuhan bayi, perlu makanan pendamping ASI yang adekuat
  3. Lebih dari 12 bulan. ASI Eksklusif memenuhi 30% kebutuhan bayi, ASI tetap diberikan untuk mendapatkan keuntungan ASI lainnya

Dokter Yohmi juga memperagakan bagaimana menyusui bayi dengan baik. Posisi Ibu menyusui bayinya harus nyaman. Ketika menyusui bayi, biasanya akan terjadi bonding antara Ibu dan Bayi. Posisi menyusui yang tepat yaitu :

  1. Posisi muka bayi menghadap ke payudara 
  2. Perut/dada bayi menempel pada perut/dada Ibu
  3. Seluruh badan bayi menghadap ke badan Ibu hingga telinga bayi membentuk garis lurus dengan lengan bayi, leher bayi lurus
  4. Seluruh punggung bayi tersanggah dengan baik (bukan kepala)


Dokter Yohmi memperagakan cara menyusui bayi yang baik

Manfaat menyusui bagi Ibu adalah meningkatkan kualitas hidup Ibu karena perubahan imunologis, neurologis dan metabolisme. Selain itu, ASI juga mengandung anti bakteri dan anti viral serta anti tumor (HAMLET-Human Alpha lactalbumin made lethal to tumor cells).

Langkah-langkah yang akan dialami bayi selama IMD (inisiasi menyusui dini), yaitu setelah bayi dikeringkan dan tali pusat dipotong, bayi akan diletakkan secara tengkurap diatas perut sampai dada Ibu dan menghadap muka Ibu. Kemudian bayi dibiarkan merayap untuk mencari puting Ibu. Keberhasilan IMD dapat merangsang keberhasilan ASI Eksklusif.

Selain keberhasilan IMD, keberhasilan ASI Eksklusif juga bisa dicapai melalui penyuluhan dan pendampingan pasca bersalin. Dimana penyuluhan dan pendampingan tersebut mengenai Manajemen laktasi/ASI Eksklusif, post natal breast care, tumbuh kembang dan perawatan bayi, perawatan di rumah, senam nifas serta terapi sentuhan.

Kapasitas lambung bayi, yaitu :

  1. Hari pertama : 5-7 ml per kali minum, telah dicukupi oleh kolostrum. Kapasitas lambung lebih kecil dari kelereng
  2. Hari ketiga : minum dengan small frequent feeding. Kapasitas lambung mulai membesar dan lebih kecil dari bola bekel
  3. Hari kesepuluh : kapasitas lambung sebesar bola ping-pong.
Metode KB tidak diperlukan, jika tidak menstruasi dan usia bayi kurang dari 6 bulan serta bayi disusui secara eksklusif. Sedangkan penggunaan KB diperlukan jika menstruasi sudah datang atau bayi berusia lebih dari 6 bulan atau sudah diberi makanan pendamping.

Ibu menyusui seringkali mengalami puting lecet. Cara mengatasi puting lecet adalah dengan terus menyusui bayi (perbaiki pelekatan mulut bayi ke payudara). Jika terjadi luka sangat nyeri, berikan obat pereda nyeri dan dorong Ibu memerah ASI untuk memastikan pengosongan payudara agar produksi ASI lebih lancar. Bisa juga mengolesi puting dengan ASI akhir/salep pada kasus tertentu serta rawat kebersihan payudara dengan mencuci areola.


Masalah yang sering dihadapi pasca persalinan adalah sindrom ASI kurang. Salah satunya adalah berat badan bayi tidak naik. Berat badan bayi yang tidak naik dapat disebabkan karena bayi hanya dapat foremilk ASI sehingga bayi tidak mendapatkan handmilk. Solusinya adalah dengan memerah ASI terlebih dahulu sebelum disusui bayi.

Selain masalah tersebut, apakah bisa menyusui ketika hamil? Sebenarnya menyusui selama hamil diperbolehkan, asalkan tidak memiliki riwayat abortus dan tidak ada kontraksi

Penjelasan dari Dokter Yohmi seputar ASI membuat saya makin melek tentang ASI. Alhamdulillah ikut acara ini bisa dapat banyak ilmu, dari menjadi ilmu menjadi orang tua bahagia hingga seputar ASI.

Sebelum acara ditutup, Mbak Verra memberikan plakat kepada dua pembicara yang mengisi acara hari ini.

Pemberian Plakat dari Transpulmin kepada dua narasumber, yaitu
Dokter Yohmi (Kiri) dan Mbak Nina (Kanan)
Acara ditutup dengan jamuan makan siang. Sebelum pulang, para undangan diberikan oleh-oleh berupa boneka beruang lucu, diary mommy yang isinya kece badai karena ada kata-kata bijak dan tata cara merawat bayi, postcard berisi kata-kata dari pembicara serta kamillosan.

Oleh-oleh dari acara ini
Sayangnya nih, saya tidak dikasih oleh-oleh transpulmin BB balsam, *ngarep.com hehe. Ohya, saya juga baru tahu ternyata Transpulmin BB Balsam dapat digunakan ketika bayi dan anak terkena influensa. Manfaatnya dapat meredakan nyeri punggung, sakit kepala dan menghangatkan badan. Pengunaannya dengan cara dioleskan 2-4 kali sehari pada dada, punggung dan leher. Aman untuk bayi dan anak karena tidak mengandung champor dan menthol, jadinya anak tidak merasakan kepanasan. Bahan yang digunakan adalah bahan alami Eucalyptus dan Chamomile (aroma menyegarkan). Jujur, saya menyesal banget terlambat kenal dengan transpulmin BB balsam karena Arfan kan dulu suka sesak nafas tapi tidak pernah pakai balsam (takut kepanasan dan iritasi). Alhamdulillah sekarang pas Arfan sesak nafas ataupun Ai influenza, saya oleskan transpulmin BB balsam. Alhasil, Arfan nafasnya tidak sesak dan Ai juga tidak terlalu rewel karena hangat.

Kemarin dapat oleh-oleh Kamillosan, senang banget deh karena pas banget neh. Soalnya beberapa hari yang lalu, puting saya lecet karena Ai sudah mulai narik puting ketika menyusu. Akhirnya coba pakai Kamillosan, tidak lama nyeri di puting hilang. Selain untuk meredakan nyeri dan peredangan pada puting, Kamillosan juga bisa digunakan untuk ruam popok pada bayi. 

Info lengkap tentang Transpulmin & Kamilosan, bisa dilihat di : 

14 comments:

  1. yang pasti aku seneng ketemuuu kamyuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, senang Bgt bisa ketemuan disana.
      Asikkk besok ketemu lagi (y)

      Delete
  2. Aih, thx sharingnya mbak, saya busui juga soalnya :)

    ReplyDelete
  3. Berarti untuk menghindari anak mengalami psikologis, si ibu harus terhindar dari stres yang berlebih yah mba,.

    ReplyDelete
  4. Hihi senang bertemu dirimu mak.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mak.
      Aku juga senang bertemu dirimu ;)

      Delete
  5. dapet ilmu baru ya kita disana, eh tapi ada ilmu lama juga hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak Lid.
      Ilmu lamanya bikin pro kontra *eh* hehe

      Delete
  6. Ternyata para orang tua punya konsep yang hampir sama tentang prilaku posirif yang harusnya dimiliki ya maak. Tulisan yang di kertas putih itu kecil bihngiits, ga bisa kolik perbesar hihi ambil kacamata sik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak. Dan sebenarnya ortu juga memiliki perilaku positif tsb, hanya saja belum mengenali.

      Sengaja dibikin Tak terlihat krna masih belum pede, hahaha (tulisannya "Pemurah")

      Delete
  7. waah...anak2 ditinggal di rumah, Mbak? Harusnya tak ambil, ya. :D

    Banyak banget materi penting di acara ini. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini acaranya pagi banget. Ga tega bangunin mereka, takut rewel, hehe

      Iya, bermanfaat pula

      Delete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...