Thursday, July 30, 2015

Tradisi keluarga yang menjadi bisnis keluarga

Bakso Urat - Bakso Tiga Saudara (ini porsinya edisi diet, haha)


Siapa sih yang tidak suka bakso?
Tua, muda bahkan anak-anak suka dengan bakso.

Dari jaman saya kecil sampai saya punya anak kecil, tiap sore pasti ada aja anak kecil yang lagi disuapi Nasi dengan lauk bakso (termasuk anak saya yang besar, doyan banget bakso, makanya pipinya sudah seperti ngemut bakso, hehe). 

Bakso adalah makanan wajib di setiap acara Keluarga Besar suamiku (jadi tradisi di keluarga), Ibarat iklan produk Teh
"Apapun acaranya, makanannya tetep Bakso" 


Jamannya dulu masih pacaran, KangMas suka buatin bakso menjelang lebaran. Makanya stok bakso di Rumah lumayan banyak ketika lebaran. Malahan dulu saya pernah jualan bakso mentah kepada teman kantor (Pesannya harus 5 Kg ya, karena giling dagingnya minimal 5 Kg). Setiap ada yang datang kerumah ketika lebaran, yang ditanya bukannya ketupat tapinya bakso. Bakso sudah jadi favorit deh kalau lebaran.

Sayangnya KangMas sudah terlalu sibuk kerja. Jadinya semenjak menikah malah jarang banget buat bakso sendiri ketika lebaran. Sekali-kalinya buat bakso sendiri, kayanya lebaran tahun kemarin. Kalau lebaran tahun ini, KangMas sudah superbusy. Hari terakhir menjelang cuti bersama, dia masih sibuk di kota bagian mana gitu, hehe. Meski KangMas sibuk, bakso mah tetep ada, karena pas malam takbiran dikirimin mama mertua lewat adik ipar, hehe.

Lebaran tahun lalu, KangMas buat bakso sam arfan
Buat saya, bakso itu emang paling favorit dan makanan paling enak. Yang bikin terasa enak, bukan hanya baksonya yang kenyal dan berasa dagingnya tapi juga racikan kuah baksonya. Selama ini, bakso buatan keluarga mama emang tiada duanya, tamu yang bertandang ke acara keluarga kami juga mengakui keenakannya.

Kalau menurut saya, bakso buatan keluarganya KangMas itu emang jempolan. Mungkin yang membuat bakso ini enak adalah proporsi bahan untuk membuatnya. Proporsi bahannya adalah 1:5, yaitu 5 Kg daging dicampur dengan 1 Kg bahan lain, makanya berasa daging banget (glekkk, nahan ludah dan kepengen makan bakso, haha). Arfan aja bisa makan bakso sampe 10 buah kalau buatan keluarga KangMas. Apalagi kalau yang buat bakso itu ayahnya, dijamin makan bakso terus tuh anaknya (kan pake resep Cinta, jadinya makin sedap, haha).

Berangkat dari banyaknya testimoni orang yang menyatakan bakso buatan keluarga kami itu enak. Bulan Juni lalu, keluarga KangMas akhirnya membuka warung bakso di daerah Cakung. Warung bakso ini dinamakan Bakso Tiga Saudara Pak Minto. Kenapa Tiga Saudara? karena ini memang usaha keluarganya KangMas, bahasa kerennya bisnis keluarga, hehe (Mama mertua beserta adik-adik almarhum Papa mertua).

Meski menu andalannya bakso tapi yang ngehits di warung ini adalah Mie Ayamnya. Meski malam belum menjelang, mie ayamnya selalu habis dan laris manis setiap harinya. Berhubung saya belum sempet nyobain mie ayamnya, jadi penasaran dengan rasanya (ngiler banget). Menurut keterangan dari Lek Parlan (adiknya almarhum Papa mertua), mie ayam ini laris manis karena kuahnya menggunakan kuah bakso, tidak seperti kebanyakan mie ayam yang dijual di kawasan itu.

Mie Ayam Bakso Tiga Saudara
dapet kiriman foto dari kakak ipar, bikin ngiler :(
Yang mau nyobain, bisa dateng ke Warung Bakso Tiga Saudara Pak Minto yang terletak di Ruko Jalan Kayu Tinggi Cempaka 1 (rukonya persis di Sebelah Jalan Cempaka 1). Bisa juga menggunakan angkot merah Nomor 21 dari arah Pulogadung. 

Warung Bakso Tiga Saudara Pak Minto

Welfie dulu ah bersama keluarga :D

31 comments:

  1. Aku mak, salah satu orang yang gak doyan bakso :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, aku baru nemu nih ada yg ga suka bakso.

      Selama ini mah seringnya ketemu org yg suka bakso tapi ga suka makan daging, hehe

      Delete
  2. perbandingannya lumayan juga, 5 kg daging 1 kg bahan lain...kebayang enaknya,ndaging bangetttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mak Zwan.

      Makanya jadi favorit di tiap acara keluarga, hehe

      Delete
  3. pantes enak ya mba, proporsi dagingnya banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mak.

      kan jadi lebih bergizi :)

      Delete
  4. Aku suka baksooooo :D dan emang kayaknya bakso populer banget yah, selalu laku kalo dijual, apalagi kalo baksonya ada inovasi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Hits banget itu si bakso, hehe

      Delete
  5. aku sukaaaa bakso mak, nanti tgl 17 bawain bakso ya hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Mak Lid mah mampir aja sih ke warung, hahay

      Delete
  6. Bakso favoritku dan duo bocah maak. Keren ik kang mase bisa buat bakso

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan yang doyan ke dapur malah si Kang Mas, haha

      Delete
  7. aku juga suka banget bakso..apalagi hbs lebaran eneg makan yang bersantan2 trs mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak.

      Kalau lebaran idul fitri itu yang dicari ya bakso, makanya tukang bakso ga mudik. Tapi kalau lebaran haji, ga laku, jadina pada mudik, haha

      Delete
  8. Foto yang pertama lucu banget lihat ekspresi kucing yang kelihatannya ngiler ngelihatin bakso hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu pas difoto aja ngeliatin, dibalik itu, itu kucingnya harus diusir dulu karena mau jilatin adonan, haha

      Delete
  9. Wuah aku doyan bakso
    Tapi ngga bisa bikin bakso

    Pengen deh nyobain bakso emak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama. aku juga ga bisa bikin, haha

      hayuk atuh mampir :D

      Delete
  10. nendang banget pasti baksonya... aku mauuuu

    ReplyDelete
  11. Waaah bakso memang selalu bisa bikin jreng kalau lagi nggak enak badan & nggak doyan makan. Sedap nih

    ReplyDelete
  12. Aku termasuk yg suka bakso krn segeeer! :D
    Alhamdulillaah jdi rejeki ya, Kak.

    ReplyDelete
  13. udah lama ga makan bakso nih jadi ngiler dah

    ReplyDelete
  14. siang siang gini enak kayanya bakso
    hmmm bikin ngiler aja :)

    ReplyDelete
  15. Gara2 bakso jadi pacar gitu mak maksudnya? hihi.. mamaku pintar banget bikin bakso, sayang gak nular ke anaknya. Hiks..

    ReplyDelete
  16. Mau donk di racikin baso sama mbaknya....

    ReplyDelete
  17. saya penggemar berat bakso. Coba deket sini, Mak. Bakalan serng saya mampirin kayaknya :D

    ReplyDelete
  18. seneng yaa bisa bisnis sama sama keluarga :) ..

    ReplyDelete
  19. aku salah satu dari pencinta bakso mba hehehe
    sukses terus ya mba bisnis nya :)

    ReplyDelete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...