Monday, December 28, 2015

Tumbuh Kembang Aysha 0-12 bulan

Bu Ibu suka perhatikan artikel yang ada di Baby book anak-anaknya ga? Kalau saya mah seringnya fokus di jadwal imunisasi supaya tidak terlambat jadwalnya, hehe. Tapi belakangan ini, saya membaca artikel tumbuh kembang di Baby book. Setelah membaca artikel-artikel tersebut, saya baru mengetahui bahwa tumbuh kembang anak dikelompokkan ke dalam 9 kelompok usia, yaitu usia 0-3 bulan, 4-6 bulan, 7-9 bulan, 9-12 bulan, 12-18 bulan, 18-24 bulan, 2-3 tahun, 3-4 tahun dan 4-5 tahun. Dalam artikel tersebut juga membahas mengenai perkembangan mental berdasarkan kelompok usianya (baik itu gerakan-gerakan kasar & halus emosi, sosial, perilaku, bicara), ada pula yang dilengkapi dengan tips untuk mendampingi tumbuh kembangnya. 

Jujur, saya bukan ibu yang selalu mencatat tumbuh kembang anak. Saya lebih suka mengabadikan melalui foto. Oleh karena itu, saya jadi lupa kapan tepatnya Arfan atau Aysha pertama kali tumbuh gigi (Semoga nanti setelah anak ketiga lahir, saya bisa lebih rajin mencatat tumbuh kembangnya. Aamiin). Sebelum terlambat lupa, akhirnya saya mencoba mengingat kembali tumbuh kembang Aysha dan menuliskannya dalam artikel ini. 

0-3 bulan 
Aysha lahir dengan berat 3.975 gram (Alhamdulillah tidak lebih dari 4.000 gram, sehingga saya tidak perlu melahirkan dengan cara operasi). Sejak dilahirkan Aysha memang tidak terlalu sering menyusu, meski saya seringkali membangunkannya untuk menyusu. 

Di usia 2-3 bulan, Aysha seringkali terbangun di malam hari. Saya terpaksa menidurinya di ruang tamu karena disitulah dia bisa tertidur lelap dan tidak rewel. Aysha sudah bisa bereaksi terhadap bunyi, menatap orang dengan tersenyum, mengoceh dan pastinya sudah mengenali saya sebagai ibunya (Emotional Bonding antara saya dan bayi adalah saat menyusui. Ini terlihat ketika dia ingin menyusu, dia pasti langsung mengarahkan mulutnya ke arah saya. Tapi kalau ayahnya yg mendekati, dia pasti langsung menangis karena haus, hehe). 

Aysha-2d
4-6 bulan
Aysha sudah bisa tengkurap dan balik sendiri. Aysha juga sudah bisa duduk sendiri tanpa disandarkan ke dinding ataupun bantal. Tumbuh kembang Aysha terbilang cepat ketimbang Arfan, mungkin karena Aysha jarang sakit (Arfan seringkali sakit dan di usia 2 tahun baru berkurang sakitnya). Aysha juga sudah mengenali lingkungan luar rumah dan senang sekali diajak jalan keluar rumah. Aysha sudah bisa main dengan boneka dan lebih banyak mengoceh. Di Usia ini, Aysha sudah punya cara sendiri untuk mengekspresikan perasaannya (perkembangan mental).

Aysha sedang tengkurap-4m17d


7-9 bulan 
Aysha sudah mampu berdiri dengan disandarkan ke dinding. Aysha suka sekali mengigit jempol (baik jempol tangan maupun jempol kaki). Dia juga mulai turun dari tempat tidur sendiri (tempat tidur saya tidak menggunakan dipan-hanya kasur saja-). Saya pernah mencoba untuk ikutan casting bayi, namun dia belum sadar kamera, sehingga saya perlu mengajaknya bercanda supaya dia tertawa di depan kamera (casting pertama dan terakhir alias belum berhasil dan tidak ingin mencoba lagi, hehe). Dia juga sudah mulai mencoba merangkak meskipun masih mundur bukannya maju. 

Aysha sedang ikut casting iklan-7m15d

9-12 bulan 
Memasuki usia 1 tahun, semakin banyak hal yang dilakukan oleh Aysha. Ketika sudah mulai bisa makan, dia sering kali mengenggam makanan di telapak tangan. Sekarang dia sudah bisa memegang makanan dengan kedua jari (kalau bahasa saya, bisa jumput makanan). Dia juga sudah bisa memindahkan barang dari tangan yang satu ke tangan yang lain. Aysha sudah mulai lancar merangkak tapi masih belum bisa berjalan sendiri (baru mau ditatu alias berjalan dengan dibantu). Dia suka sekali mengambil barang-barang/mainan yang berada di lantai. Saya sering memberikannya sesuatu yang berbunyi seperti plastik, contohnya ketika saya membuat video ini (Aysha suka sekali mengambil produk cussons baby yang masih di box karena ketika produk tersebut diambil maka akan menimbulkan bunyi pada box-nya), Hal ini juga merangsang perkembangan motoriknya. 

  
Link video youtube : https://youtu.be/hOTd3mpuaKg 
 
Sejak Aysha dapat mengenali orang-orang disekitarnya, dia menjadi sangat ekspresif. Dia akan mencium pipi neneknya ketika nenek selesai memandikannya. Bahkan dia bisa acuh kepada nenek ketika nenek tidak sempat menggendongnya. Dia juga sudah bisa mengucapkan kata “AYAH” dengan fasih. Selain itu, dia suka sekali mengucapkan kata “Aca”. Aysha juga bisa melakukan perintah sederhana dan meniru gerakan, seperti menirukan gerakan geregetan.

Pada usia ini, biasanya sifat egosentris sangat dominan dimana bayi merasa pandai melakukan sesuatu tanpa bantuan. Sifat ini juga terlihat ketika Arfan memainkan sesuatu, Aysha pasti merebutnya dan seringnya setelah itu terjadi pertengkaran kecil karena Aysha pasti tidak menggembalikannya. Dia juga suka memainkan mainannya tanpa dibantu Arfan. 


Akhirnya, saya bisa flashback dan menuliskan tumbuh kembang Aysha. Semoga ke depannya bisa terus menuliskannya supaya tidak lupa seperti waktu Arfan lalu.

Bu Ibu udah tau belum, kalau Cussons mengadakan lomba Cussons Bintang Kecil 4. #CBK4 / Cussons Bintang Kecil 4 adalah lomba foto dan video yang diselenggarakan oleh PZ Cussons ("CUSSONS"), dimana para orang tua mengirimkan foto dan video buah hati mereka yang bertema "Tumbuh dengan Cinta". Kompetisi ini menyediakan hadiah total Rp 1 Miliar.

Untuk kategori video baru diadakan di season 4 ini lho! Videonya juga tidak harus video professional, bisa video rumahan yang bisa diambil dengan kamera ponsel. Yang terpenting adalah video tersebut harus bertemakan "Tumbuh dengan Cinta". Video Aysha yang ada dalam artikel ini sudah diikutkan dalam #CBK4 (link video Aysha sudah masuk moderasi dan dipublish di webiste #CBK4).




Info lengkap bisa dilihat dibaca pada sosial media berikut :
Syarat dan ketentuan bisa dilihat disini : http://cbk.cussonsbaby.co.id/user/connect
Website : http://cbk.cussonsbaby.co.id/

14 comments:

  1. Aysa bul ebanget sih jadi gemessss

    ReplyDelete
  2. Aysa lucu banget. Wajahnya kamera face

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya ga lolos casting, mak, hehe

      Delete
  3. Wah, Mbak makasih banget ya Mbak untu info tubuh kembang Aysha. Setidaknya bisa saya cocokkan ke Ghifa yang saat ini sudah 3 bulan 16 hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tumbuh kembang tiap anak beda2 tapi kalau ada pedomannya, minimal jadi paham usia segitu bisa apa, hehe.

      aku juga kebetulan dapat dari buku kesehatan anak2, Mak.

      Delete
  4. anaknya lucu ya... sama donk ank ku skrang usianya satu tahun.... pengen sih ikutan...

    ReplyDelete
  5. Aysaaa... Lutchuu... Cepat besar cepat pintar yaaah..

    ReplyDelete
  6. Halo, boleh minta alamat emailnya? Saya Ricka (ricka.shintayu@wearepinnacle.com) dari PT Valuklik ingin menawarkan kerjasama, terimakasih

    ReplyDelete
  7. Halo, boleh minta alamat emailnya? Saya Ricka (ricka.shintayu@wearepinnacle.com) dari PT Valuklik ingin menawarkan kerjasama, terimakasih

    ReplyDelete
  8. Di buku KIA ada juga klasifikasi berdasar umur. Tapi, pnjelasannya detil yg di blog ini. Hahaha

    Itu pipinya nyempluuuk bangeet!

    ReplyDelete
  9. Asya nduuut. Lucu cakep banget siiih. Gemeez :*

    ReplyDelete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...