Friday, December 18, 2015

Pengalaman menggunakan Nursing Room di Mall

Weekend adalah waktu yang ditunggu oleh saya dan anak-anak. Karena kesibukan saya dan suami bekerja di Weekday, jadilah kami hanya punya waktu libur di Weekend. Selain itu, hanya di Weekend, kami bisa bersama seharian. Menjelang weekend, biasanya si abang mulai merengek minta main ke Mall. Kalimat yang sering dia gunakan ketika merengek adalah "Bunda, bunda, aku capek nih, mau ke Mall." (Dimana-mana namanya orang capek itu istirahat di rumah, tapi ini si abang malah mau main ke Mall. Mungkin maksudnya itu bosan kali ya, hehe)

Sebenarnya saya juga suka pergi ke Mall bersama anak-anak, tapi yang sering bikin males adalah bawa perlengkapan lenong alias baju salin dkk milik anak-anak. Meskipun saya baru memiliki 2 anak, tapi perlengkapan yang dibawa setiap kali pergi itu buanyak banget. Apalagi kalau perginya sampai seharian, maka banyak pula yang dibawa. Kalau kata Mamah, "Kamu sudah seperti mau pindahan rumah aja, bawaannya banyak banget". Saya mah cuma bisa nyengir aja :).

Berikut daftar barang bawaan yang wajib masuk ke tas untuk pergi :
  1. Baju salin untuk si abang dan adek Ai.
  2. Diapers untuk adek Ai.
  3. Produk Cussons Baby andalan (Bedak, hand gloves, cologne, lotion, cream)
Ini tas yang biasa dipakai dan produk Cussons Baby yang sering dibawa

Dari sekian banyak Produk Cussons Baby andalan, yang saya suka adalah Cussons Baby hand gloves, karena saya tidak perlu bawa waslap lagi, hehe. Kalau Adek Ai demen banget sama cologne (maksudnya demen berantakin di kasur, jadinya kasur wangi semerbak, haha).

Adek Ai lagi main di kasur dengan Cussons Baby
Berhubung saya itu Ibu yang sayang sama anak (lebay, haha), jadinya setelah semua yang diperlukan selama pergi sudah masuk ke dalam tas, saya mengajak anak-anak pergi ke Mall. Saya tidak selalu menuruti keinginan abang untuk pergi ke Mall tapi tidak ada salahnya sesekali mengikuti anak. Kadang saya harus bersikap tegas ketika abang merengek sesuatu dan menolak untuk menurutinya. Buat saya, anak itu harus tumbuh dengan cinta tapi bukan berarti selalu menuruti keinginannya.

Kalau sudah berada di Mall, kami bisa menghabiskan waktu hampir seharian. Itu artinya anak-anak tidak mandi sore. Padahal kalau sudah main seharian di Mall, badan pasti lengket. Solusi yang biasa saya pakai adalah mengganti baju anak-anak di nursing room. Tapi sayangnya ada beberapa Mall yang tidak menyediakan  nursing room. Ini juga jadi satu hal lain yang bikin males pergi ke Mall karena ketiadaan nursing room. Padahal Pemerintah sudah menerbitkan Peraturan Pemerintah No. 33 tahun 2012 tentang pentingnya fasilitas nursing room di area publik untuk mendukung komitmen Ibu dalam memberikan ASI Eksklusif hingga enam bulan.

Dari beberapa Mall yang sering kami kunjungi, ada 1 Mall di kawasan Jakarta Selatan yang tidak memiliki nursing room. Mungkin karena bukan termasuk Mall besar. Jadinya, kami tidak terlalu lama berada disana, karena kasian anak-anak kalau sudah lengket dan tidak bisa ganti baju.

Dari beberapa Mall besar yang pernah kami kunjungi dan memiliki nursing room. Ada satu Mall di kawasan Kebayoran Lama yang memiliki nursing room yang cukup besar, bersih dan bagus tapi sayangnya tidak ada AC di ruangannya (mengandalkan AC central saja sepertinya tidak cukup karena ruangan jadi agak panas-menurut saya-). Dalam nursing room tersebut, ada dua kamar tertutup berukuran kecil yang berisi sofa, ruang tengah yang cukup lebar, wastafel, alas tidur bayi, tissue basah dan tissue. Semoga saja ketika nanti saya kesana lagi, nursing room-nya sudah berudara cukup dingin. Jadi, tidak perlu menyusui sambil kipas-kipas, haha. Karena ruangan yang cukup besar, saya juga bisa leluasa ganti baju si abang selain menyusui adek.

Kalau ketiadaan nursing room di Mall, saya pikir masih termasuk wajar ya. Karena Mall memang bertujuan komersial, ibaratnya 1 nursing room bisa jadi penghasilan jika disewakan, hehe. Sedangkan Mall-mall besar yang dalam usahanya memiliki tanggungjawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR), mereka pasti menyiapkan minimal 1 nursing room didalam Mall. Biasanya mereka juga mendesign ruangan yang nyaman. Berbeda sekali nursing room dengan yang berada di Rumah Sakit, banyak yang kurang nyaman.

Dari beberapa Rumah Sakit yang pernah saya kunjungi (termasuk Rumah Sakit tempat saya cek kehamilan ataupun melahirkan), nursing room kurang nyaman. Malahan ada pula Rumah Sakit yang terkesan memaksakan keberadaan nursing room. Rata-rata memang tidak menggunakan AC Central tapi AC tersendiri di ruangan tersebut. Tapi yang membuat kurang nyaman adalah ukuran ruangan yang terbilang kecil dan tidak ada wastafel ataupun tissue. Semoga saja ya Rumah Sakit lebih meningkatkan pelayanannya dengan cara mendekorasi ulang nursing room.

Btw, Bu Ibu sudah pada tahu belum kalau Cussons mengadakan lomba foto dan video Cussons Bintang Kecil 4 yang berhadiah total Rp. 1 Miliar. Buat Bu Ibu yang memiliki anak usia 0-6 tahun bisa mengikuti lomba ini lho. Dengan mengikut lomba ini, Cussons baby akan mendonasikan Rp 500 untuk setiap anak yang mengikuti kompetisi CBK4. Dana donasi akan digunakan untuk membangun nursing room di lokasi umum.

Yuk, ikutan Cussons Bintang Kecil 4


#CBK4 / Cussons Bintang Kecil 4 adalah lomba foto dan video yang diselenggarakan oleh PZ Cussons ("CUSSONS"), dimana para orang tua mengirimkan foto dan video buah hati mereka yang bertema "Tumbuh dengan Cinta". Kompetisi ini menyediakan hadiah total Rp 1 Miliar.

Info lengkap bisa dilihat dibaca pada sosial media berikut :
Syarat dan ketentuan bisa dilihat disini : http://cbk.cussonsbaby.co.id/user/connect
Website : http://cbk.cussonsbaby.co.id/

17 comments:

  1. Beneer, Mak.
    Lebih nyaman nursing room di mall. Di RS mah, ampun dah

    ReplyDelete
  2. Pengalamanku juga di RS ini kalah nyaman drpd yg d mall. Apa krna gak disponsorin kali ya? Heehe

    ReplyDelete
  3. bener banget maaak, apalagi nursing room AEON yaampun kece bangeeet!

    ReplyDelete
  4. Aku baru aja bw ke blognya siapa ya tadi ngomongin nursery room juga. Aku sih suka nursery roomnya grand galaxy park. So private.

    ReplyDelete
  5. Aku baru aja bw ke blognya siapa ya tadi ngomongin nursery room juga. Aku sih suka nursery roomnya grand galaxy park. So private.

    ReplyDelete
  6. Wihhhh adeknya lucuuuu gemes, wajahnya cantik yaaa ayu hihi. Di RS eka sih enak kok mak, ada dispensernya hihihi. Kalo di mall hmmm belum tau ya, tapi di PIM ada kloset kecil, membantu banget :D

    ReplyDelete
  7. Wuaahhh tertarik ma lombanya :D

    ReplyDelete
  8. Di rumah sakit sempit banget, ada dua mamak aja udah full tuh

    ReplyDelete
  9. Di rumah sakit sempit banget, ada dua mamak aja udah full tuh

    ReplyDelete
  10. Tapi masih lebih enak mall di Indonesia menurutku, beberapa lah masih ada yg nyediain nursing room. Kalo di Suly, manalah ada -____-
    Btw itu baby hand glove kayak apa sih? Jadi penasaran :)))

    ReplyDelete
  11. ooh baru tahu nih mbak ada pengalaman nursing di Mall. jarang2 ya ada fasilitas demikian di public place. Makasi info kerennya.

    ReplyDelete
  12. Dede Ai udah gede ajaa. Makin seger, cantiiik. . .

    ReplyDelete
  13. penting banget nursing room kalau lagi jalan2 niih...lega banget kalau anak rewel nemu ruangan ini

    ReplyDelete
  14. Gemes lihat ade Ai deh mak

    Nursing room memang penting ya

    ReplyDelete
  15. Gemes lihat ade Ai deh mak

    Nursing room memang penting ya

    ReplyDelete
  16. Wah perlengkapan ke mall-nya komplit! ^_^ Aku juga pake Cussons lhoo

    ReplyDelete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...