Wednesday, September 21, 2016

Birth announcement - Poster Kelahiran bayi

Birth Announcement
Birth Announcement Arfan, Ai dan Rae dipajang di kamar

A baby announcement or Birth announcement is a notice traditionally sent to friends and family by the parents of a baby within the first year of the baby's birth for the primary purpose of alerting friends and family to the birth of the baby. (Sumber : Wikipedia

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa tujuan dibuatnya birth announcement adalah untuk mengingat dan menginformasikan kelahiran bayi kita kepada keluarga ataupun teman (semacam pengumuman kalo ada bayi lahir). Birth announcement biasaya memuat informasi berupa nama dan foto bayi, berat badan dan tinggi badan bayi, tempat bayi dilahirkan, nama orang tua dan saudara kandung bayi, nama dokter kandungan dan bidan ataupun undangan untuk syukuran atas kelahiran bayi.

Saya pertama kali mempunyai birth announcement ketika melahirkan Arfan. Saya mendapatkan birth announcement tersebut ketika akan pulang dari RS. Agak kaget juga ketika buka bingkisannya ada birth announcement karena baru kali ini mendapat perhatian khusus dari pihak RS seperti ini (ternyata di beberapa RS besar, birth announcement termasuk hal yang biasa. Bahkan adapula RS yang memberikan birth announcement dan ucapan terima kasih yang ditandatangani oleh pemilik RS yang notabenenya orang terkenal di Indonesia. Ketahuan banget saya norak banget deh, haha).

Birth announcement
Birth announcement Arfan
Birth announcement berisi foto dan informasi mengenai kelahiran Arfan. Birth announcement dibingkai bagus dan sampai sekarang masih terpasang di Kamar. Ketika melahirkan Ai, saya berpikir bahwa saya akan mendapatkan lagi birth announcement karena sebelum pulang dilakukan sesi pemotretan bayi dan keluarga (sama seperti waktu kelahiran Arfan). Namun sayangnya, tidak ada Birth announcement dari RS. Saya hanya mendapat foto Ai berukuran 4R beserta bingkainya.

Saya merasakan sedikit kecewa dengan tidak adanya Birth announcement Ai.  Padahal ya, saya dan suami niat banget foto ketika foto kelahiran bayi Ai. Suami malah menyuruh Arfan pakai baju yang warnanya sama dengan beliau biar warnanya seragam (ini niat foto studio gratisan, haha). Kami juga memilih lokasi di luar ruangan (depan kamar) agar hasilnya lebih bagus. Kami akui, hasil fotonya memang lebih bagus dari foto Arfan karena fotonya lebih hidup di luar ruangan dan formasinya juga lengkap (ada Pak Suami dan Arfan. Karena suami tidak ikutan foto ketika bayi Arfan). Tapi yang paling parah itu ketika melahirkan Rae, saya sama sekali tidak foto di RS (ini efek lahiran menjelang weekend, jadinya tidak ada fotografernya dan sekarang malah saya yang tidak sempat foto di RS, haha).

Saya menyadari bahwa saya akan kehilangan moment foto untuk Birth announcement Rae. Namanya anak bayi, wajah berubah dengan cepat dan pastinya akan berbeda hasil fotonya. Untunglah saya dan suami sempat memfoto Rae dan saya memang berniat mau buat Birth announcement di luar RS.

Selama cuti melahirkan, saya memang suka sekali membeli barang secara online. Instagram menjadi salah satu pilihan untuk belanja secara online. Mamah sampai marah-marah karena tiap hari ada aja kurir yang mengantarkan barang, haha. Ya mau bagaimana lagi, saya memang malas untuk keluar rumah selama cuti. Apalagi anak sudah 3, mau keluar rumah tanpa suami itu rempong, haha.

Saat buka IG, timeline saya dipenuhi iklan, apalagi saya mengikuti banyak akun onlineshop (kalau lagi tongpes, IG ga bakal dibuka, haha). Eh tetiba ada iklan tentang Birth announcement. Lalu, kemudian saya kepoin akun IG @littleroarrrr. Ternyata mereka menerima pesanan Birth announcement dengan design sesuai tema yang diinginkan pembeli. Saya langsung tanya informasinya ke admin via wasap. Yang paling penting itu tanya harga, hehe. Tadinya saya pikir harganya diatas Rp.300,000,00, ternyata tidak. Harganya masih terjangkau, 1 buah Birth announcement dihargai Rp.175.000,00. Harga tersebut sudah termasuk jasa design dan bingkai kaca tapi tidak termasuk ongkos kirim. Kemarin saya menggunakan Go-Send untuk pengirimannya dan ongkos kirim dibayar pas barangnya sampai. Untuk proses pengerjaan ± 2 minggu sejak transfer diterima.

Spontan saya pun langsung memesan 3 buah Birth announcement dengan tema sesuai dengan aktivitas/tokoh favorit anak-anak. Tadinya saya ingin memesan 2 buah saja, untuk Ai dan Rae. Tapi kok ya tanggung, biar sama semua dan tidak ada yang iri jadilah langsung pesan 3 buah.



Selain harganya yang terjangkau, Birth announcement yang dibuat juga memiliki design yang unik dan yang saya suka adalah warnanya colourfull (pokoknya anak-anak banget deh). Karena temanya suka-suka, jadinya saya pilih tema yang sesuai dengan kesukaan anak-anak. Arfan suka sekali dengan segala hal yang berbau kereta, jadilah saya pilih tema kereta. Aysha suka sekali dengan kartun Elmo, dia sering sekali menyanyikan lagu "Elmo's Songs" meskipun belum bisa bicara dengan jelas, makanya saya pilih tema "Playing with Elmo". Sedangkan Adek Raesha, saya minta dengan tema khusus yaitu korea, karena saat hamil Raesha, saya suka nonton serial korea, Hihihi.

Setelah pemilihan tema Birth announcement, Mbak Celerina meminta untuk dikirimkan data-data yang akan dicantumkan dalam Birth announcement seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, dokter dan bidan yang membantu persalinan, berat badan dan tinggi bayi saat lahir serta nama saudara kandung. Selain itu, Mbak Celerina juga meminta data lain seperti apa mainan kesukaan Ai.

Kurang lebih 1 minggu kemudian, saya dikirimkan draft design Birth announcement. Secara keseluruhan saya langsung suka dengan designnya. Keren, colourfull dan sesuai dengan kemauan saya.

Tidak sampai 1 minggu, akhirnya Birth announcement dikirim ke rumah.  Alhamdulillah puas banget dengan Birth announcement ini. Packing-nya aman meskipun bingkai kaca (pakai wrap bubble). Pokoknya Birth announcement kece banget dipajang di kamar tidur, hehe. Nggak nyesel pesen Birth Announcement dari @littleroarrrr.


Info lengkap Birth announcement bisa langsung cek ke:

Instagram : @littleroarrrr
Wasap : 081294052984
Line : Celerina

15 comments:

  1. lucuuu juga ya...dari rs ada seh tapi kalau gini juga lucccukkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo rs ada, mending di rs.. biasanya udah include biaya lahiran,, hehe

      Delete
  2. Dulu enggak kepikiran bikin beginian. Trus sekarang jadi kepingin bikin.
    Tapi enggak harus utk "birth" kan.. untuk "birthday" juga bisa kan?
    Trus sizenya bisa custom enggak ya, kayaknya kok kegedean. Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya ndak bisa deh.. ukurannya standar segitu, Mak.. hehe

      Delete
  3. keren juga ya ada birth announcement seperti ini ya...

    ReplyDelete
  4. Idenya ada aja yaa mba :) lucuu ^^ salam kenal mba

    ReplyDelete
  5. Wah, saya baru tau nih ada Birth Anouncement kayak gini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga baru tau, Mak.. makanya bikin pas anak2 udah gede.. hehe

      Delete
  6. Birth announcement memang lucuuuuuu lucuuuu.. Kalau di sini birth certificate juga ada versi serius, ada versi lucuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini sepertinya juga idenya dari sana ya, Mak..

      Delete
  7. Birth announcementnya lucuuuu.Ah, coba dulu udah ada saat anak-anak saya lahir, ya :)

    ReplyDelete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...