Friday, November 1, 2019

FRIDAY HOLIDAY : 2D1N Menginap di pelosok hutan Cianjur - The Jhons Cianjur Aquatic Resort

The Johns Cianjur Aquatic Resort - penginapan di tengah hutan Cianjur
The Johns Cianjur Aquatic Resort

FRIDAY HOLIDAY (FH) merupakan ulasan tentang liburan Bubun bersama keluarga. Artikel ini dipublikasikan di hari jumat (berhubung belum bisa konsisten mempublikasikan artikel di blog ini, setidaknya Bubun mau fokus di 2 tema yaitu ulasan toko daring untuk hari Rabu dan ulasan liburan / penginapan untuk hari Jumat. Meski tidak bisa publikasi setiap minggu). FH ditulis supaya Bubun punya variasi tema, jadi tidak hanya sebatas mengulas toko daring saja tapi juga mengulas itinerary liburan dan hotel yang pernah di kunjungi. Bubun juga akan memberikan rating diakhir artikel, tapi ini rating berdasarkan kepuasan pribadi ya (bisa jadi Bubun bilang puas, pembaca bilang tidak). Let's start friday holiday (yeay!).

Bulan lalu, Bubun menghadiri acara keluarga di daerah Cianjur. Acaranya berlangsung pada hari Sabtu pagi hingga sore. Bubun khawatir dengan keadaan Pak Suami yang sudah menyetir semalaman karena Jam 01.00 baru sampai di Cianjur. Sejak seminggu sebelumnya, Bubun sudah mencari tempat menginap yang dekat dengan lokasi acara. Ternyata penginapan di daerah Cianjur tidak sebanyak di Puncak / Cisarua. Meski begitu, Bubun menemukan penginapan dengan fasilitas waterpark di The Johns Cianjur Aquatic Resort.


Salah satu pertimbangan Bubun dalam memilih penginapan adalah kolam renang dan playground. Bubun punya 3 anak yang suka main gadget (maafkan Bubun yang belum bisa keras untuk urusan gadget T,T), jadi harus mencari tempat dimana mereka bisa bebas bermain tanpa gadget kalau liburan/staycation. Berhubung anak-anak suka main air, maka kolam renang selalu jadi pertimbangan utama dalam pemilihan penginapan. 

Dari sekian banyak penginapan di daerah sekitar Cianjur, hanya The Johns Aquatic Resort yang memiliki fasilitas kolam renang dengan beberapa permainan air (waterpark). Selain waterpark, penginapan ini juga memiliki fasilitas outbound dan beberapa kandang hewan (anak-anak juga bisa memberikan makan hewan).

Bubun memesan kamar Family Executive Mountain & Pool View karena Bubun tidak hanya pergi bersama suami dan anak- anak tapi juga keluarga suami. Dalam pandangan Bubun, kamar untuk keluarga biasanya identik dengan sebuah villa dengan ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi dan ruang keluarga. Sayangnya, kenyataan tidak sesuai dengan harapan, tapi ini juga kesalahan Bubun karena tidak membaca rincian kamar ketika memesan.
villa 2 kamar
Family Executive Mountain & Pool View
Untuk kamar Family Executive Mountain & Pool View terdapat 2 kamar dengan konsep lantai bawah dan lantai atas. Jadinya, Bubun memaksa 3 keluarga ke kamar ini (Mohon maaf, kelakuan Bubun jangan diikuti ya karena maksimal kamar ukuran ini adalah 4 tamu). Tadinya Bubun mau tambah 1 kamar standar, tapi lokasinya jauh dari kamar ini (khawatir anak-anak malah susah kumpul untuk bermain). Kalau tambah 1 kamar Family Executive Mountain & Pool View¸ nantinya ada 1 kamar yang tidak terpakai. Akhirnya Bubun dan keluarga memanfaatkan kasur tiup dan kasur tipis yang dibawa dari rumah (Bubun emang selalu bawa kasur tiup karena prinsip hemat supaya tidak nambah extra bed, jadi cukup nambah breakfast aja, hahaha. Sedangkan adek ipar memang selalu bawa kasur tipis untuk anak-anaknya tidur di mobil.). Alhamdulillah tidurnya kayak ikan asin dijemur aja, demi sebuah penghematan, hahaha. Mungkin ke depannya, Bubun pesan 2 kamar Family Executive Mountain & Pool View dengan mengajak ortu dan adeknya Bubun juga, sehingga 1 kamarnya bisa terpakai, hahaha. 
Kamar tidur Utama
Kamar Tidur Utama


Kamar Mandi di Kamar Tidur Utama
Kamar mandi di kamar tidur utama

Kamar Family Executive Mountain & Pool View tidak seperti villa pada umumnya, kamarnya minimalis. Kamar tidur utama sekaligus ruang tamu ada di lantai bawah (1 double bed, sofa, TV, kulkas dan kamar mandi). Kamar mandinya terbuka sebagian (sepertinya pakai konsep menyatu dengan alam). Ada Bathtub dan shower juga. Bubun suka kamar mandinya karena bisa berendam di bathtub sambil relaksasi, meski kemarin tidak sempet berendem karena pintunya tidak bisa dikunci (Tidak ada kunci, jadinya harus ada yg nunggu depan kamar mandi biar tidak ada yang nyelonong masuk, hahaha). Untuk kamar tidur lantai atas, ada 2 single bed dan kamar mandi tertutup. Untuk kamar tidur lantai atas menggunakan kipas angin sehingga siang hari itu HOT banget. Sayangnya beberapa perabot seperti tidak terawat dengan baik (AC dan kulkasnya tidak dingin dan teko listrik pemanas air yang bentuknya sudah karatan). Alhamdulillah kran air panasnya lancar jaya, mandi pagi tidak kedinginan.
Kamar tidur lantai atas dengan kipas angin
Kamar tidur di lantai atas. Pintu itu adalah pintu kamar mandi

Untuk fasilitas kolam renang, penginapan ini memiliki 2 lokasi kolam renang yaitu kolam renang dewasa dan kiddy pools (kolam renang anak). Anak-anak juga bisa menyewa ban pelampung untuk meluncur di water slide (harga sewanya Rp.30.000,00 kalau Bubun tidak salah ingat). Untuk anak-anak dengan tinggi dibawah 100meter atau batita, Bubun menyarankan untuk bermain air di kiddy pools karena tinggi kolamnya hanya 50cm. Sedangkan di kolam dewasa, tinggi kolamnya minimal 90cm. Meski kolam renang di buka sampai Jam 21.00, tapi air di wahananya sudah mati ketika jam 17.00. Hal ini mungkin disebabkan karena sudah tidak ada pengunjung lewat dari jam 17.00, jadi lebih baik dimatikan. Entah kenapa Bubun merasa kiddy pools kurang terawat dengan baik, toilet dan kamar bilaspun terlihat masih dalam perbaikan (mungkin karena Bubun berkunjung diluar liburan sekolah, jadilah bisa menggunakan toilet dan kamar mandi bilas di kolam renang utama).

Kolam renang utama dan Kolam renang anak (Kiddy Pools)
Kolam Renang Utama dan Kiddy pools


Untuk lokasinya memang cukup jauh dari jalan utama, jalannya sempit dan rusak (ada beberapa bagian jalan yang pinggirnya jurang). Bubun juga sempat putar arah karena salah satu jalan akses ke lokasi sedang diperbaiki. Ketika Bubun lihat sekeliling jalan, sepertinya tidak ada penerangan jalan yang cukup baik di malam hari. Beberapa tanda di pinggir jalan menuju lokasi, menunjukkan bahwa kawasan ini merupakan salah satu Hutan Wisata di Cianjur. Dikarenakan kondisi jalan yang tidak memungkinkan untuk perjalanan di malam hari. Akhirnya Bubun dan keluarga memutuskan makan malam di penginapan saja.

Bubun memesan makan malam melalui room services. Bubun memesan makanan lumayan banyak, Bubun juga memesan paket nasi liwet (4 porsi) dan beberapa menu lain. Khusus anak, Bubun memesankan sop baso tahu. Ada beberapa makanan yang rasanya enak tapi ada juga yang rasanya biasa saja. Dikarenakan Bubun tidak membeli air mineral ataupun cemilan untuk anak-anak sebelum ke penginapan, jadilah malam itu hampir saja kehabisan air minum. Alhamdulillah beberapa karyawan sini baik hati menolong Bubun, mereka membantu Bubun membeli beberapa keperluan di minimarket.

Besok paginya, Bubun sarapan di restorannya. Namun Bubun kurang cocok dengan menu makanannya (kurang kids friendly aja). Umumnya, bubur ayam jadi andalan anak-anak untuk sarapan tapi bubur kacang ijo yang disajikan untuk sarapan (Arfan yang pemakan segala saja, dia tidak mau sarapan bubur kacang ijo, hehehe). Untungnya ada penyelamat sosis goreng, sehingga anak-anak makan nasi dan sosis goreng.

Kandang Burung
Kandang Burung

Setelah selesai sarapan, Bubun mengajak anak-anak berkeliling penginapan. Ternyata ada beberapa permainan luar ruangan yang bisa dilakukan oleh anak-anak, salah satunya flying fox. Karena loket tiket belum buka, jadilah Bubun lanjut berkeliling. Anak-anak berlarian menuju kandang burung, diantara kandang tersebut juga ada kandang kelinci. Setelah puas melihat burung, anak-anak lantas menaiki tangga menuju kandang rusa. Selain rusa, ternyata ada pula hewan kuda dan beberapa ekor bebek. Awalnya anak-anak hanya melihat dari pinggir pagar, tidak lama kemudian Om yang menjaga hewan-hewan tersebut menyuruh anak-anak masuk ke kandang. Anak-anak senang sekali bisa memberi makan dan memegang rusa.

Kandang Rusa dan memberi makan Rusa
Kandang Rusa dan memberi makan Rusa

Setelah puas bermain di kandang rusa, Bubun dan anak-anak kembali ke kamar. Lalu, anak-anak minta berenang lagi. Mereka memang suka sekali bermain air. Setelah mereka selesai bermain air, Bubun dan keluarga lantas siap-siap untuk kembali ke Jakarta.

Daftar harga tiket outbound di The Jhons Cianjur Aquatic Resort
Daftar harga tiket outbound di The Jhons Cianjur Aquatic Resort


Secara keseluruhan, penginapan ini memberikan pelayanan yang sangat baik. Hanya saja memang ada beberapa fasilitas yang harus diperbaharui.

Semoga artikel ini memberikan manfaat ya.

Harga Kamar Family Executive Mountain & Pool View (Traveloka) : Rp.1.596.954 (1hari) 

Rating : 4/5
Kenyamanan : 4
Service : 5
Cleanliness : 5
Food : 4
Location : 3

7 comments:

  1. Saya jadi ingin segera liburan nih untuk mengistirahatkan otak sejenak hehe.

    ReplyDelete
  2. Ternyata jalan yang dilalui cukup sulit dan menantang ya Mbak hehe.

    ReplyDelete
  3. Jadi ingin ke kolam renangnya juga nih Mbak, kayaknya seger banget disaaat panas gini hehe.

    ReplyDelete
  4. Tempatnya nyaman banget ya Mbak, jadi ingin berlibur ke sana juga nih hehe.

    ReplyDelete
  5. Senang banget bisa berlibur dan bersenang-senang bersama keluarga tercinta ya Mbak.

    ReplyDelete
  6. Nuansa kamarnya bagus banget ya Mbak, jadi ingin ke sana juga hehe.

    ReplyDelete
  7. wah unik bangte kamarnya, jadi mau ke sana

    ReplyDelete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...