Saturday, April 13, 2013

Belajar Twitter yuks ;)

KEB benar-benar menginspirasi saya untuk menulis. Semenjak aktif di grup, banyak hal yang terlihat biasa namun bisa menjadi ide untuk menulis. Perbincangan mengenai twitterpun menjadi ide menulis untuk saya. Setelah semalaman memikirkan ide tanpa bisa menguraikan menjadi kata-kata. Akhirnya ditengah kesibukan jaga Arfan dan batuk-batuk yang sedang melanda, saya ingin berbagi info dasar twitter.

Siapa sih yang tidak tahu twitter? Minimal pasti pernah sign-up meski setelahnya malah bingung harus apa... Itulah kesan pertama mengenal twitter tanggal 7 Agustus 2009 silam. Sama seperti ketika sign-up sosial media lainnya, saya memandang layar tanpa bisa berbuat apa-apa. Kalau sudah mentok begini, jadilah saya bertanya kesana kemari. Setelah dapat info yang cukup, akhirnya coba  ngetweet dan alhasil malah jadi asik sendiri.



Yang jadi bahaya dalam ngetweet adalah kadang tweet yg ambigu bikin orang tersinggung (curcol :p) dan suka lepas kendali (apa aja ditwit meski ga penting. Curcol -lagi- :p). Tapi saya memang suka (pake "banget") dengan twitter, suka berkicau ambigu bahkan ga jelas (liat aja tuh hasil kicauan saya mencapai 28.148 dan saya yakin banyak yg ga penting,hehe). Tidak seperti diFacebook, kalau kebanyakan status dan penuhin home bisa dimaki-maki atau parahnya unfriend. Ditwitter, anda bebas update ngetwit (mau sesering mungkin juga tak apa) dan memang lebih diperuntukan untuk kicauan. Toh, kalaupun ada yg sampai tersinggung, paling jadi twitwar (perang tweet). Kalau sampai twitwarnya jadi panjang, paling saling unfollow dan block. Yang penting tweps (panggilan untuk para twitter mania) dalam dunia perkicauan, kita lebih bijak dalam ngetwit (jahhhh,kaya saya bener aja,hehe).

Lho kok jadi melebar dan OOT? Back to the basic of twitter. Dalam twitter itu setidaknya ada 4 menu yang harus dipahami :
  1. Timeline (seperti fungsi home diFB, biasanya ikonnya berbentuk Rumah ataupun logo aplikasi yg digunakan. Contoh : ikon U hijau untuk pengguna ubersocial). Timeline adalah news feed kicauan terbaru dari akun kita sendiri dan akun twitter yang difollow. Dari sini pula kita tau apakah ada notifikasi mention ataupun direct message untuk kita.
  2. Mention (ikonnya berbentuk huruf A keong (@)). Mention itu seperti memanggil (bener ga tuh bahasa indonesia?--") akun orang lain. Pada intinya dimenu @ ini, isinya balasan twit ataupun Retweet dari akun twitter lain. Mention bisa dilakukan dengan mengetik simbol @namauser dan terpublikasikan ke seluruh pengguna twitter.
  3. Direct message (ikonnya berbentuk amplop ). Direct message (DM) adalah jaringan pribadi atau pesan pribadi antar sesama pengguna twitter. DM bisa dilakukan apabila saling memfollow dan tidak bisa dilakukan apabila akun yg akan diDM belum follow akun kita.
  4. Profile : berisi profile si empunya akun.

Setelah membahas menu dasarnya. Sekarang akan dibahas opsi-opsi yang ada di twitter. Opsi tersebut sebagai berikut :
  1. New tweet : untuk menulis kicauan terbaru
  2. Reply : membalas kicauan dari orang lain. Kalau ada beberapa orang dalam 1 twit, biasanya ada 2 pilihan : reply to user(hanya untuk membalas ke 1 orang) dan reply to all (untuk membalas ke semua orang)
  3. Retweet atau yg sering disingkat menjadi RT merupakan pengulangan kicauan, mungkin lebih tepatnya seperti forward diemail (teks yg sudah dikirim digunakan lagi sebagai histori). Ada 2 macam RT, yaitu RT original (tidak mengedit kicauan) dan RT new / with comment(kata dalam twit tsb diedit-ditambah/dikurangkan-)
  4. Following : akun yang kita follow atau ikutin. Dengan klik follow ditwitter profile maka kita bisa melihat kicauan terbaru akun tsb di Timeline.
  5. Followers : akun yang memfollow kita. Kalau kita tidak follback (alias follow akun tsb) maka kita tidak melihat kicauan terbaru akun tsb
  6. Mute : fungsinya sama kaya hidden diFB, menyembunyikan kicauan akun yg difollow. Jangka waktu menyembunyikan bisa diatur. Selain itu, jangan asal klik, hati-hati ketika melakukan mute, kalau tidak jeli, anda bisa saja mengirimkan notifikasi ke akun tsb.
  7. Favorite : fungsinya mengarsipkan twit kita ataupun orang. Sehingga memudahkan kita untuk melakukan pencarian twit tsb.

Hmmm...sekian pembelajaran tentang twitter hari ini. Mohon maaf tidak menampilkan gambar,kurang paham kalo attach gambar dengan pengaturan via aplikasi blogspot diandroid..hehe.(ngeles aja neh).

Semoga artikelnya bermanfaat dan tidak menggurui...kalau ada yang ingin menambahkan,monggo tulis dikolom komentar, nanti saya tambahkan diartikel...

selamat belajar dan mencoba ^^

4 comments:

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...