Thursday, May 16, 2013

Inspirasi dalam perjalanan

Percaya atau tidak, ide bahkan menjadi untaian kalimat selalu muncul ketika saya sedang mengendarai sepeda motor. Entah mengapa, semua kata itu mengalir begitu saja. Sayangnya tiap kali sampai di tempat tujuan, saya malah tidak bisa menuliskannya (jangankan ditulis di blog, tulis di kertas saja tidak bisa). Ini juga jadi satu kelemahan saya, saya itu memang pelupa akut. 

Kalau dulu tiap kali saya lupa, saya sering kembali ke tempat awal ketika saya sedang memikirkan sesuatu. Misalnya ketika saya sedang di halaman belakang, saya ingin memberi makan kelinci. Lalu saya kembali ke dalam rumah untuk mengambil makanan kelinci, nyatanya saya ke dalam rumah untuk nonton televisi. Selama menonton tv, saya sepertinya melupakan sesuatu, alhasil saya kembali ke halaman belakang. Nah, barulah saya ingat harus memberi makan kelinci. Hal seperti seringkali terjadi dalam kehidupan sehari-hari saya. Apakah ada yang merasakan hal sama? Pelupa begini?


Kalau seperti halnya lupa di atas, saya mungkin bisa kembali ke tempat awal. Bagaimana dengan untaian kata yang mengalir sepanjang perjalanan ke kantor ataupun kembali ke rumah? Jujur, saya harus berusaha dengan keras mengingat semua kata-kata tersebut, karena saya tidak bisa menulis sambil mengendarai motor kan? Tiba-tiba jadi terpikir untuk merekam semua kata-kata selama perjalanan (mendadak ide ini muncul ketika sedang menulis artikel ini). Bahaya tidak ya? Mengingat selama perjalanan, hal ini bisa membuat saya tidak fokus.

Biasanya tiap kali muncul kata-kata di perjalanan, saya mencoba mencatat benang merah ataupun minimal judul ketika sampai di tempat tujuan. Beberapa kali berhasil jadi artikel, selebihnya teronggok di draft tanpa kejelasan penyelesaian. Contoh artikel yang terinspirasi selama perjalanan Joki 3 in 1, apa maumu? , jangan pakai rok , petugas kebersihan itu mulia , pengendara motor yang arogan, atau tips aman berkendara dengan anak

Kalau inspirasi saya selama perjalanan? dari mana inspirasi kalian, blogger?
Apakah ada yang memiliki solusi supaya saya bisa menuliskan untaian kata selama perjalanan?
Sayang juga kalau untaian kata-kata tersebut menguap terbawa angin...

^^

15 comments:

  1. inspirasiku biasanya kalo lihat airr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kalo liat air malah pengen berendam mak.

      Tapi inspirasi itu emang aneh ya mak ^^

      Delete
  2. Novia, tentang bagaimana mencari ide coba klik ling milik mbak Haya Aliya Zaki ini: http://www.hayaaliyazaki.com/2011/12/mencari-dan-menggali-ide-di-sekitar.html

    Kalo bunda begitu ide menghampiri, langsung tak ketik walaupun semrawut, gak usah dipeduliin deh pokoknya tulis aja apa yang ada dalam benak. Nanti setelah itu baru kita baca lagi, kita rangkum, kita perbaiki. Begitu. Selamat mencoba dan selamat jalan-jalan ke link-nya mak Haya Aliya Zaki ya.
    Mengenai lupa, gimana supaya jangan lupa? Nah inget-inget aja supaya kita gak lupa, hahaha... Banyak membaca ya Novia supaya kalo lupa gak keterlaluan tuh ampe kelincinya gak makan, malah nonton tv. Oalaaah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru artikel ini terinspirasi dari Artikel mbak Haya nih bunda..
      Nah, setelah kunjungan langsung dipraktekkin.hehe

      Maunya sih gitu, yang penting ditulis dulu. Tapi masalahnya waktu ga memungkinkan. Kalo sampe kantor, langsung melakukan rutinitas pekerjaan. Kalo sampe rumah, langsung urus anak.hehe

      Iya, kayanya udeh lama ga baca buku. Keseringan buka Internet neh --".

      Iya bunda, aku emang lupanya suka keterlaluan. Ah, jadi malu nih ma bunda. Aku masih muda udeh pikun :(

      Delete
    2. Mak Novi dan Bunda Yati, keren banget inspirasinya. Jangan lupa, ide langsung dicatat. Biar rempong dikit, ga apa-apa. Nanti begitu ada 'me time' di depan lapy, kita udah ga blank-blank amat mau nulis apa hihi.

      Delete
    3. Mak Novi dan Bunda Yati, keren banget inspirasinya. Jangan lupa, ide langsung dicatat. Biar rempong dikit, ga apa-apa. Nanti begitu ada 'me time' di depan lapy, kita udah ga blank-blank amat mau nulis apa hihi.

      Delete
    4. iya mak...
      Sekarang langsung diketik di notes BB judulnya..hehe

      makasih kunjungannya ^^

      Delete
  3. inspirasi sy kebanyakan dr anak2 sy
    dan cara menyimpannya pernah sy tulis di sini
    http://bundabelajarmenulis.blogspot.com/2013/01/menulis-hanya-dalam-waktu-15-menit.html

    ReplyDelete
  4. aku bgt itu mbak. idenya suka datang tak diundang, pulang tak diantar
    #jelangkung kalee. hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak..
      sebel juga sih,, tapi mo digimanain lagi,, harus bisa diungkapin kata2 juga kan :D

      Delete
  5. Hahaaa, kelincinya nunggu mpe beruban hahaa... Sama seperti aku tuuu...ide selalu muncul ketika melakukan perjalanan. Dan terpentok jadwal show yang berlebihan jadi lupa...hahaaaa *memang banyak tulisan muncul dari ide sederhana.Inspirasiku sederhana, dari kata yang kudengar, dari benda yang kulihat atau dari kegalauan yang melandaaa...ciaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak..

      kata mak haya sih dari yang dilihat, didengar dan dirasakan..

      kalau kata mak myra, ditaruh di bank ide bukan didraft..hehe

      Delete
  6. ide bisa dtg darimana saja,mb.bisa saat di perjalanan, saat menjemput anak sekolah,..kl aku pas mood bagus kyknya apa saja bisa dijadikan ide tulisan..kl lg bad mood yaa tidur aja biasanys hehehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampun, ternyata komennya Mbak Enny masuk spam, makanya telat dibales.
      Maaf ya, Mbak

      iya, Mbak. Emang bisa darimana aja, tapi ya itu tergantung mood, hehe

      Delete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...