Tuesday, May 21, 2013

Self Service di SPBU Pertamina

Self service is the practice of serving oneself, usually when purchasing items. Common examples include many gas stations, where the customer pumps their own gas rather than have an attendant do it (sumber : wikipedia)
IMHO, self services adalah melayani diri sendiri . Di Luar Negeri, self services banyak dipraktekkan dalam pengisian bahan bakar di SPBU. Saya sudah mencoba googling kapan SPBU Pertamina memulai self services, tapi tak kunjung menemukan kapan tepatnya program ini dimulai, yang pasti SPBU self services sudah ada semenjak tahun lalu.

SPBU Self Service
Berbagai terobosan dan inisiatif dilakukan PT Pertamina Retail sebagai wujud customer focused, guna memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. Salah satunya mengoperasikan SPBU Self Service, SPBU Self Service pertama di Indonesia, yakni SPBU COCO Mini Azalea, Cikarang yakni SPBU yang memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mengisi sendiri bahan bakar di tangki sepeda motor maupun mobil roda empat. Kedepannya, SPBU Self Service akan mengakomodasi pembayaran menggunakan kartu RFID (Radio Frequency Identification) dan kartu kredit. (Sumber : Pertamina Retail)



Hampir tiap pulang kerja saya melewati SPBU Pertamina Self Service di daerah Palmerah Utara.  Di SPBU ini Self Service hanya untuk kendaraan bermotor roda dua dan khusus premium saja. Meski saya melewati hampir tiap hari, tapi saya belum pernah sekalipun mencobanya, karena motor saya menggunakan pertamax.

Kemarin saya akhirnya mencoba Self Service, karena saya sedang tukaran motor dengan Papah (motor saya harus bayar pajak tahunan, artikel sudah saya posting kemarin di sini). Karena si papah menggunakan premium sekaligus untuk memenuhi rasa penasaran saya mengenai Self Service. Jadilah saya mencoba Self Service untuk pengisian tangki bahan bakar. Agak aneh rasanya harus mengisi sendiri bahan bakar ditambah lagi saya juga masih kagok untuk mengisi sendiri tangki. Selain itu, saya juga sempat memuncratkan premium karena salah mengenggam pengaitnya, hehe. Maklumlah masih neubie. 

Sedikit berbagi pengalaman mengenai Self Service, supaya tidak kelihatan norak seperti saya, hehe. Berikut ini adalah tahapan pengisian bahan bakar dengan Self Service :
  1. Melakukan pembayaran terlebih dahulu kepada petugas SPBU. Setelah dibayarkan, petugas akan memberikan struk (biasanya petugas ada dibagian ujung tiang mesin bahan bakar atau tempat paling depan sebelum mesin).
  2. Melakukan scanning struk yang tadi diberikan petugas. Struk ini berfungsi sebagai alat pengoperasian mesin. (Kalau di mesin non Self Service, biasanya petugas yang memencet tombol angka untuk memulai pengisian bahan bakar. Nah, kalau Self Service, mesin otomatis menampilkan jumlah bahan bakar yang akan diisi)
  3. Memulai mengisi bahan bakar dengan mengarahkan selang ke dalam tangki (setelah scanning struk diterima mesin). Pastikan bahwa sebelumnya selang diangkat dari posisi yang benar. Karena kalau tidak benar, bahan bakar akan memuncrat ketika ditekan selangnya (itu mah kelakuan saya yang agak-agak, hehe).
  4. Meletakkan selang dengan benar. Ketika selang diletakkan ke tempatnya, mesin mencetak struk pembelian.
  5. Jika terdapat selisih antara yang dibayarkan dengan jumlah pengisian, maka mesin akan mengeluarkan dua struk. Struk pertama berisi jumlah bahan bakar yang keluar dari mesin (actual value) dan struk kedua berisi selisih antara pembayaran awal dengan aktual pengisian. Jika terdapat selisih, bawalah kedua struk tersebut ke kasir untuk memperoleh kembalian.
  6. Selesai.. langsung deh gas poll... hehe 
Sekian dulu sharingnya...

Semoga bermanfaat ^^

4 comments:

  1. wah, hebat ya. di Indo skrg mulai ada fasilitas self service. tp teknisnya agak beda ya sama di jepang. kalau di jepang, bayarnya langsung di mesin otomatis, setelah bayar, langsung isi bahan bakar. struk keluar setelah semua proses selesai.
    bagus bagus, semoga semakin banyak fasilitas seperti ini di Indo ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ni mak..

      tapi ini juga belum semua SPBU sudah melayani fasilitas self services.

      makasih kunjungannya mak ^^

      Delete
  2. Replies
    1. iya mak...

      mungkin untuk hemat biaya tenaga kerja dan mengefektifitas SPBUnya

      makasih kunjungannya mak ^^

      Delete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...