Monday, October 27, 2014

Melawan Lupa dan Be positive

Selamat Hari Blogger Nasional, Blogger!

Sebenarnya saya masih malu-malu mengaku sebagai blogger, bukannya apa-apa wong saya juga jarang posting. Postingan juga tergantung mood (tutup muka).

Mengenal Blog
Saya pertama kali ngeblog tahun 2008. Siapa yang mengenalkan, sayapun lupa, hehe. Tapi awal menuliskan di blog bertujuan untuk melawan lupa. Saya itu orangnya mudah sekali lupa, setiap kali dapat informasi yang bermanfaat, besoknya juga sudah lupa. Makanya waktu mengenal blog pertama kali, saya sebatas mengcopypaste artikel yang dibaca. Kan tujuannya "Melawan Lupa". Selain itu, isi blog juga import dari notes FB. Saya juga buta banget dengan blog, alhasil semuanya dipelajari sendiri secara otodidak. 


Mengenal Komunitas Blogger
Tanpa disadari, sebenarnya saya sudah sering berkunjung ke blog orang. Tapi saat itu, saya belum memahami apa itu blog ataupun blogger, sehingga baru tahunya pas bikin blog sendiri. Saya pun belum mengenal istilah Blogwalking (BW), menulis di blog hanya sekadar "Melawan Lupa". Blogger yang paling sering saya kunjungi yaitu blognya Mbak Echa. Itupun karena saya sudah mengenal secara nyata alias bukan sebatas teman dunia maya, sehingga saya sering berkunjung blog lain. Sebenarnya banyak juga blog yang saya kunjungi tapi lagi-lagi low memory, jadinya cuma inget Mbak Echa doang, hehe (siap dikeplak).

Berawal dari kunjungan ke blog Mbak Echa, saya sering sekali melihat banner komunitas blog yang diikuti Mbak Echa. Nah, saya itu kan memang orangnya suka ikut-ikutan, jadilah saya ikutan bergabung ke Komunitas Emak-emak Blogger (KEB). Selama beberapa bulan tidak aktif, bahkan tidak tahu syarat dan ketentuan menjadi anggota (siap ditimpuk pisang goreng sama Makmin :D). Akhirnya saya mulai aktif di group FB, dari situlah saya mengenal Komunitas Blogger khususnya KEB. Baru gabung, saya sudah sok ikutan srikandi blogger, haha. (saya pernah menuliskannya di artikel Terinspirasi Komunitas Emak-Emak Blogger )

Ohya, kenapa KEB, karena saya sudah emak-emak, haha. Selain itu, dari sini saya banyak mengenal bermacam-macam Emak Blogger dengan berbagai macam latar belakang kehidupan. Blog mereka, so inspiring, sampai-sampai blog roll saya panjang banget, haha. 

Kalau diajak gabung dengan komunitas blogger lain, mohon maaf saya tidak mau. Bukannya sombong, tapi saya tidak mau hanya sekedar ikut-ikutan (lagi). Setidaknya saya lebih fokus dalam mengikuti apa yang ada di komunitas. *gaya* :D

Kumpulan Emak-Emak Blogger
Selama bergabung dengan KEB, saya semakin menikmati menulis di blog. Dapet banyak inspirasi dari anggota KEB lain, tapi ya tetep aja yang dipublish cuma sebagian dikit, hehe. Asiknya KEB tuh karena diisi anggota dari berbagai macam blogger, jadinya tidak hanya terfokus mengenai resep masakan atau parenting. Di KEB juga ada yang membahas travelling, review buku ataupun produk, pokoknya lengkap banget deh. 

Selain dapat inspirasi dari Emak Blogger, saya juga bisa mengikuti undangan acara-acara yang hits bingits. Salah satu diantaranya adalah buka puasa bersama dengan Sunco, saya mengikuti kegiatan ini selama 2 tahun berturut-turut (setidaknya semenjak aktif di KEB). Dari dua kegiatan itu pula, saya memenangkan lomba livetweet dan Selfie. Dari kegiatan itu, tidak hanya sekedar buka puasa bersama aja, tapi juga dapat ilmu mengenai masak memasak yang baik ataupun memilih minyak goreng yang sehat. 

Waktu menang selfie - BukBer SunCo 2014
Alhamdulillah dapet voucher MAP 200ribu

Blogging
Ketika saya sudah berkecimpung di KEB, melihat berbagai macam blog Emak Blogger. Saya berada dalam satu kesimpulan yaitu Blogging adalah kegiatan menulis atau berbagi cerita melalui media blog yang bisa memberikan manfaat kepada para pembacanya. Kalau dalam bahasa KEB, ngeblog adalah terapi jiwa. Bahkan dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan sesuatu kebaikan.

Selain itu, dari KEB pula, saya banyak belajar mengenai etika blogging, hak cipta penulisan ataupun custom RSS. Pokoknya banyak ilmu yang saya dapat dari blogging dan bergabung di KEB.

Saya sendiri memiliki tagline "Be Positive and you will get positive result". Maksudnya adalah setiap pemikiran positif akan menghasilkan sesuatu yang bernilai positif pula. Semenjak itu pula, saya berusaha semaksimal mungkin untuk mengisi blog dengan cerita positif, karena saya berharap bisa bermanfaat untuk pembaca. Kalau sesekali nulis negatif di blog, itu karena sudah terlalu penuh di hati, kan ngeblog adalah terapi jiwa, *kaga konsisten ini*, haha.



Sekian cerita cinta saya.
Selamat Hari Blogger Nasional
#KEBloggerNasional

14 comments:

  1. Saya kenal mak Novi jg dari KEB.. :)

    ReplyDelete
  2. karena KEB juga kita ketemu ya mak..

    pokoe selamat hari blogger
    sukses buat emak niy

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mak Nchie.

      sukses juga buat mak Nchie :*

      Delete
  3. Berkat ngeblog aku kenal dirimu. Selamat Hari Blogger Nasional! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. senengnya kenal sama, CikGu.

      Banyak dapet ilmu dari blognya :*

      Delete
  4. Suka banget tulisan tangan makna ngeblognya mak :)
    aku follow blogmu ya mak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ish, jadi enak difollow sama Mak nengNong yg followersnya ribuan, hehe.

      Aku juga suka puisi2nya Mak Irma :*

      Delete
  5. Replies
    1. iya, Mak. tapi masih menyampah dulunya, hehe

      Delete
  6. Sama kita ya mulai dari tahun 2008 heheheee. Malu tapinya kalau lihat tulisan dulu. Meskipun smp skrg tetep masih banyak curhatnya, tp yg pertama-tama dulu enggak banget, kayak bikin undangan arisan RT

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kan yg sekarang mak Lusi dah oki bingits itu.

      saya aja sampe iri karena blm sampe tahap itu, hehe

      Delete
  7. met hari blogger... jadi banyak namaku dipostingannya ini hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayooo sini bayar aku.. dah banyak banget itu backlinknya :P

      Delete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...