Thursday, November 13, 2014

Kehamilan - Biaya persalinan di Rumah Sakit

Memasuki usia kehamilan 34 minggu, saya dan suami mulai menghitung estimasi biaya persalinan di Rumah Sakit. Waktu melahirkan Arfan, saya berencana lahir di bidan tapi karena ada permasalahan dalam persalinan dan awalnya berniat untuk operasi sectio caesara, akhirnya saya di rujuk ke Rumah Sakit Asri. 

Alhamdulillah, saya gagal operasi cesar karena pembukaan sudah lengkap sesampainya di ruang persalinan. Bidan Rumah Sakit memang tidak menyarankan untuk dilakukan operasi karena kondisi kepala bayi sudah terlihat dan persiapan operasi yang hampir 2 jam bisa menyebabkan bayi tidak selamat. Alhamdulillah Arfan lahir spontan dengan vacuum.

Nah, biaya persalinan spontan dengan vacuum (perawatan selama 4 hari) di kelas 1 Rumah Sakit Asri ketika Arfan lahir, saya harus bayar tagihan sebesar 14juta sekian. Mahal bingit kan, untung separuhnya dibayarin mertua dan 10%nya diganti sama ASKES, hehe. Tapi ya masa mau minta dibayarin mertua lagi, malu dong ah. Kalau Arfan sih masih wajar ya dibayarin, wong cucu pertama dan ayah Arfan saat itu juga belum maksimal kerja setelah kecelakaan. Insha Allah untuk kelahiran anak kedua ini, saya dan suami sudah menabung untuk biaya bersalin. 


Kemarin saya sempet nanya ke Asri mengenai biaya persalinan tahun ini. Menurut mereka, estimasi kenaikannya 20%, aje gile dah. Berarti harus punya tabungan 17-20jutaan untuk biaya persalinan di kelas 1 dan biaya persalinan dengan operasi cesar di kelas 1 sekitar 37juta (sepupu suami minggu lalu lahiran di Asri). Hal ini bikin saya dan suami memikirkan ulang lahiran disana. Sebenarnya sih bisa aja langsung pindah ke bidan atau pakai BPJS, tapi ya mengingat riwayat lahiran Arfan dulu yg big size, saya tidak berani di bidan/puskesmas. Saya khawatir nanti di rujuk lagi ke RS. Jujur, saya agak takut dengan proses rujukan, namanya bersalin itu kan hidup atau mati, prosesnya harus sesegera mungkin. Jadi, saya lebih memilih melahirkan langsung di RS dan sayangnya saya belum menemukan RS (partner BPJS) yang cocok.

Back to topic, karena estimasi biaya persalinan yang sudah wow banget. Akhirnya saya menanyakan biaya persalinan ke beberapa RS di Jakarta. Berikut biaya persalinan beberapa RS di Jakarta :

1. RS Bedah Asri
    Jalan Duren Tiga No. 20, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12760
    Telp. (021) 7992211

    Estimasi biaya persalinan dengan penyulit kelas VIP B sekitar 20jutaan
    Estimasi biaya persalinan dengan penyulit kelas 1 sekitar 17jutaan
    Estimasi biaya persalinan dengan penyulit kelas 2 sekitar 15jutaan
    Estimasi biaya persalinan dengan penyulit kelas 3 sekitar 12jutaan
    Estimasi biaya persalinan dengan operasi kelas 1 sekitar 37jutaan

2. RSIA YPK Mandiri
    Jl. Gereja Theresia 22, Menteng Jakarta Pusat
    Telp. (021) 3909725 (hunting)
 
    Paket Bersalin Kelas utama + Vacuum (diluar Penambahan obat) IDR 14.500.000
    Paket Bersalin Kelas 1 + Vacuum (diluar Penambahan obat) IDR 12.500.000
    Paket Bersalin Kelas 2 + Vacuum (diluar Penambahan obat) IDR 10.500.000
    Paket Bersalin Kelas utama operasi sesar (diluar Penambahan obat) IDR 24.000.000

3. Kemang Medical Care
    Jl.Ampera Raya No.34 Jakarta 12550
    Telp. (021) 27545454 /27545400

    Paket Bersalin Kelas 1 (diluar Penambahan obat) IDR 17.100.000
    Paket Bersalin Kelas 2 Vacuum (diluar Penambahan obat) IDR 15.000.000.

4. Brawijaya Women and Children Hospital
    Jl. Taman Brawijaya II No. 1 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
    Telp. (021) 7211337, 7210756

    Paket Bersalin Deluxe Room sekitar IDR 19.200.000
    Paket Bersalin Operasi Cesar Deluxe Room sekitar IDR 35.500.000

5. RSB Asih
    Jl. Panglima Polim I No. 34 Melawai Kebayoran Baru Jakarta Selatan DKI Jakarta
    Telp. (021) 2700609
    



Dari hasil telpon-telpon beberapa RS itu, akhirnya saya dan suami memutuskan untuk beralih ke RSB Asih. Alhamdulillah senin kemarin, saya dan suami juga sudah konsultasi dengan dokter kandungan disana dan melihat ruang perawatan dan kamar bayi (sayangnya lupa foto-foto ruangannya, hehe). Ternyata tidak sespooky tampilan foto di websitenya lho! hehe (Karena bentuknya rumah dan di websitenya fotonya keliatan spooky, saya sempet takut juga ke RSB Asih, tapi ternyata itu cuma foto saja. Aselinya bagus banget)

Postingan berikutnya, saya mau cerita mengenai kunjungan ke beberapa dokter kandungan.

Semoga infonya bermanfaat ya.

17 comments:

  1. Biaya persalinan sekarang emang amazing. Butuh persiapan dan perencanaan dana sejak awal.

    Waktu hamil Maira, aku mau di bidan. Tp gak jadi karena kata bidan, kalo ada apa2 harus dirujuk ke rumah sakit. Bidannya khawatir krn anak kelima. Rujuk merujuk gitu gak berani jg aku. Akhirnya tetap di rumah sakit tempat biasa kontrol kehamilan. Dan ternyata harus sesar.. Gak kebayang kl waktu itu mutusin tetap di bidan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia Mak. alasannya sama kaya saya, ga berani di bidan karena riwayat melahirkan anak pertama :(

      iya, harus nabung dulu ini

      Delete
  2. Mahaalll maaak...., postingan manfaat banget buat bumil yang cari ifo buat persalinan..

    ReplyDelete
  3. ketiga anakku semua lahir di Budi Kemuliaan, nggak terlalu mahal, waktu yang nomor 2 dan 3 dilahirkan, tempatnya sudah bagus, tetap masih terjangkau :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mak.

      Malahan dulu kan budi kemuliaan kerjasama dengan askes juga ya. Tapi agak jauh dari rumah dan rawan macet, jadina ga memilih disitu :)

      Delete
  4. Kedua anakku di RS mitra keluarga, wawww....banget ya biaya melahirkan skg. Sean si bungsu udh 10 tahun...jd bengong jg nih liat biaya melahirkan skg ... ckckck mihilll

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mak.

      sekarang biaya bersalin mehong bingits. padahal setelah melahirkan kan ada biaya lainnya, hehe.

      Delete
  5. woowwwww .... mihil bingittt. maap mak, aq tinggal di daerah, jd bengong lihat harga segitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga ikutan bengong liat estimasi biaya bersalin yg makin amazing :D

      Delete
  6. Biaya persalinan oh biaya persalinan.... semoga kita selalu punya rejeki ya maaak... aamiin

    ReplyDelete
  7. Sudah mau awal 2016 nih mba, harga nya masih sama gak ya hehehe.. Btw thanks atas info nya ya :))

    ReplyDelete
  8. Klo di budi kemuliaan yg di cover bpjs harus yg operasi ya? Klo normal ga di cover

    ReplyDelete
  9. Klo di rs asri duren tiga bisa pke bpjs apa gk ibu2...sialnya kmarin saya udh ke klinik tmpat rujukan dan rsia duren tiga masuk dftar bpjs tp blm online..
    Mohon penerangan ibu2..

    ReplyDelete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...