Friday, February 20, 2015

The Body Shop : produk expired diganti dan dilayani dengan maksimal

Adakah yg pernah mengalami membuang produk kosmetik karena sudah kadaluarsa? 
Kalo saya sudah beberapa kali membuang produk kosmetik. 

Kok bisa sampai kadaluarsa? 
Pertama, produk tersebut jarang dipakai seperti blush on/eyeshadow (pemakaian hanya untuk menghadiri resepsi pernikahan). 
Kedua, saya suka beli produk lebih dari 1 buah untuk persediaan.


Selain produk Makanan, saya jarang banget mengecek tanggal kadaluarsa. Makanya beberapa kali terpaksa membuang produk kosmetik. Maklumlah lapar mata, suka beli tapi jarang pakai.

Nah, kemarin hampir saja saya kembali membuang kosmetik karena ternyata bulan depan produk tersebut kadaluarsa. Tapi Alhamdulillah pihak produsen bersedia mengantinya. Pasti penasaran  kan "Kok bisa?". 


Di tahun 2015 ini, saya sudah satu kali membuang produk kosmetik. Produk yg dibuang adalah night cream yang sudah kadaluarsa sejak 2014. Inilah keteledoran saya karena saya tidak menggunakannya sejak pembelian. Sayapun menyadari produknya sudah kadaluarsa ketika wajah saya memerah, haha (parah banget kan). Sebenarnya saya tidak pernah menggunakan night cream. Kemarin mau dipakai karena setelah melahirkan wajah saya sedikit bermasalah, jadinya mau pakai cream wajah pagi dan malam. Ternyata malah produknya sudah kadaluarsa. Untung belinya buy one get one, jadinya tidak rugi-rugi amat, hehe. Dan ini kali pertama saya membuang produk skincare. Sebelumnya saya hanya membuang blush on, eye shadow, maskara dan lipstick, tapi itupun sudah dipakai, jadinya tidak menyesal banget, hehe. 

Ohya, saya kan mau cerita tentang produk kadaluarsa yang diganti oleh The BodyShop (TBS), begini ceritanya.

Minggu lalu, saya membeli produk skincare (TBS) berupa nutriganics drop of youth (pre-serum), nutriganics smoothing night cream dan natural lip roll on. Karena nutriganics drop of youth (pre-serum) masih ada 1/4 botol, jadinya yang baru saya simpan untuk persediaan nanti. Sebelum menyimpannya, saya sempatkan untuk mengecek tanggal kadaluarsa (mengingat sudah 1x membuang produk skincare, jadi ceritanya lebih teliti, hehe). Selain mengecek produk yg dibeli, saya juga mengecek dua buah nutriganics smoothing serum yang dibeli 25 Nov lalu. Dan ternyata saya menemukan salah satu produk tersebut akan kadaluarsa bulan depan.

nutriganics smoothing serum TBS expired 03/2015
Saya langsung panik mengetahui produk tersebut kadaluarsa bulan depan. Gimana tidak? Saya membelinya untuk persediaan karena serum yang lama masih ada. Sehingga rasanya sayang kalau harus dibuang mengingat harganya juga lumayan.

Pertama kali membeli nutriganics series bulan September 2014, SPG TBS menginformasikan bahwa nutriganics drop of youth (pre-serum) bisa digunakan sampai 3 bulan dan nutriganics smoothing serum bisa digunakan selama 1 bulan (penggunaan dalam kondisi normal, sehari digunakan 2 kali). Tapi nyatanya sudah lebih dari 5 bulan kedua produk tsb masih bisa digunakan,  nutriganics drop of youth (pre-serum) masih 1/4 botol dan nutriganics smoothing serum baru saja habis.

Berhubung nutriganics smoothing serum baru dibeli 25 Nov lalu (hampir 3 bulan) dan akan kadarluasa bulan depan. Jadinya saya  mencoba untuk menghubungi pihak TBS via twitter. Nah Berikut screenshot DMan saya.


Seperti yang saya sudah tuliskan di twitter, saya agak wondering juga "Kenapa produk skincare yang 3 bulan lagi mau expired masih dijual di store?"  Apalagi ternyata produk tersebut saya gunakan selama 5 bulan (entah saya yang terlalu irit pakainya atau emang bisa sampai 5 bulan, entahlah, hehe).

Oleh karena itu, saya memberanikan diri untuk Kirim DM ke twitter TBS. Karena ini pertama kalinya membeli produk kosmetik yang akan kadarluasa, rata-rata produk kosmetik yang saya beli masih 1-2 tahun masa berlakunya. Meskipun demikian, saya tidak terlalu berharap banyak karena saya juga melakukan kesalahan karena tidak melakukan pengecekan tanggal kadaluarsa ketika membeli. Jadi, nothing to lose lah.

Alhamdulillah, DM saya dibales oleh TBS

Pukul 17:10, pihak TBS menelpon saya. Saya menanyakan berapa lama produk masih bisa dijual sebelum expired dan menceritakan kejadiannya. Customer care TBS yang menelpon saya bernama Rani. Dengan suara lembut dan keramahannya, dia menjawab pertanyaan saya. Rani berkata bahwa produk skincare yang dijual biasanya memiliki masa berlaku 1 tahun sebelum expired. Dia juga akan membantu saya untuk bisa mendapat kan pengganti. Dia juga menawarkan pilihan tempat untuk mengambil produk pengganti. Saya memilih outlet di Kota Kasablanka dan Plaza Semanggi (dekat dengan rumah). Dia bilang akan menelpon lagi untuk memberitahukan hasilnya, apa bisa diganti atau tidak.

Pukul 18:13, Customer care TBS menelpon saya. Tapi Arfan sedang rewel, jadi saya minta ditelpon lagi nanti. 

Pukul 18:39, saya ditelpon lagi oleh customer care TBS, kali ini yang menelpon bukan Rani melainkan Erlin. Sama seperti Rani, Erlin juga ramah dan bersuara lembut, mungkin ini memang standar pelayanannya. Tapi saya suka karena menunjukkan bahwa customer itu Ratu, hehe. Erlin menyampaikan bahwa saya bisa mengambil produk pengganti dengan masa berlaku 2017 di Plaza Semanggi karena produk dengan masa berlaku 2017 tidak ada di Kota Kasablanka. 

Rasanya senang banget bisa dapet produk pengganti. Harga ga bohong ya. Kualitas produk okeh, Pelayanan Purna Jual pun okeh punya. Oh ya, karena saya  sudah menjadi member TBS, jadinya saya tidak perlu membawa struk pembelian. Nah, Enak banget kan! 

Biasanya jika mau retur barang, Kita harus menyiapkan struk pembelian. Selain itu, waktu boleh meretur kan juga terbatas. Alhamdulillah rejeki Anak sholehah.

Di outlet TBS Plaza Semanggi, saya langsung menanyakan serum penggantinya. Kasir menyiapkan produknya dan meminta saya menandatangani formulir penerimaan barang. Menurutnya, ini pertama kali terjadi di TBS, selama ini paling cuma kesalahan kode lipstik ataupun bedak. 

ini produk pengganti dari TBS, makasih TBS
Dari pengalaman ini, saya dan pihak TBS mendapat satu pelajaran yaitu Cek tanggal kadaluarsa produk

Dan Akhirnya saya mendapatkan pengganti produk expired dari TBS dan dilayani dengan maksimal.

Hayo atuh yg belum jadi member TBS, join membernya pasti dapet keuntungan. Saya kan kemarin beli serum juga dapet diskon karena sedang berulangtahun,Hehe. (Ceritanya diskon ulang tahun bisa dibaca Disini)

34 comments:

  1. Aku blm coba tbs mak...penasaran hehe. Untung bisa ditukar ya mak..kl nggak rugilah kta. harganya nggak nguati soalnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobalah, Mak. Hasilnya oke, hehe
      Alhamdulillah bgt bisa ditukar, Mak.
      Harganya emang bikin tutup mata, tapi itu kan buat 5 bulan, Mak

      Delete
  2. Aku blm coba tbs mak...penasaran hehe. Untung bisa ditukar ya mak..kl nggak rugilah kta. harganya nggak nguati soalnya hehe

    ReplyDelete
  3. Kok kita samaan ya Cin.. hehehe.. Aku juga banyak buang produk skincare karna kadaluarsa.. hiks.. Lain kali, kalau nggak bener2 butuh, aku nggak beli aja ah.
    Eh, kalo gitu TBS ini recommended dong buat dibeli.. Kan CCnya ramah dan beneran diganti ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak. Aku skrg yang pokok cuma serum, cream wajah, eyeliner dan lipstik aja.

      Iya, Mak. Pelayanan nya oke bgt. Kalo bahasa OS "recommend seller" "trusted seller", hehe

      Delete
  4. aku belom pernah coba...pelayanan TBS berarti okee punya yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobalah, Mbak. Hehe

      Iya, Alhamdulillah puas bgt.

      Delete
  5. Saya belum pernah pakai tbs mak. Pelayanannya maksimal ya. Keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak.
      Alhamdulillah dilayani dg baik meski sayanya nanya mulu, hehe

      Delete
  6. Kalau pelayanannya baik, sebagai konsumen saya pasti senang dan nggak kapok beli produk dengan merek itu.

    ReplyDelete
  7. Makkk, harga produknya lumayan bingit yaaaa *nganga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emberrr...
      Tapi kan bisa dipakai bbrp bulan, Mak. Kalo dihitung2 ga terlalu mahal sih, hehe

      Delete
  8. dalam memilih kosmetik memang harus lebih teliti dan hati-hati ya mbak,untung itu di ganti ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Harus lebih hati2 neh skrg

      Delete
  9. iyeess! Saya termasuk yang pake TBS juga. Bagus juga service mereka, ya :)

    ReplyDelete
  10. syukurnya masih bisa ditukar...kalo nggak sayang banget.. lihat harganya ratusan gitu...

    sebaiknya seblm beli kita cek dulu eksp..nya.., walau bukan buat dimakan..., wajah memerah gitu serem juga.., thanks infonya mak..

    ReplyDelete
  11. kalau respon cepat dan ramah, tingkat kepuasan konsumen meningkat :)

    ReplyDelete
  12. Aku juga dulu pernah buang-buang make up yang udah lamaaa banget gak kepake :p tapi alhamdulillaah sekarang udah gak pernah lagi, soalnya udah gak pake make up banyak n macem2 :p hehe, *pengiritan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga jarang pake make up, Mak. Paling cuma skincare aja. Beda ga sih make up dg skincare? *ealah malah bingung. Hihi

      Delete
  13. Untungau ditukar mak, kalau engga mahh beuhh mana harganya lumayan ngeri hihihi

    Xoxo
    http://leeviahan.blogspot.com

    ReplyDelete
  14. Kalau TBS biasanya ada produk cacat produksi yang ga bakalan di jual. padahal cuma salah penamaan..nah aku pernah beli tuh sama temen.. dikasih harga miring.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciyus krna salah nama aja?
      Wah, mau bgt.kalo cuma cacat nama. Asal jgn cacat isi aja ya.

      Delete
  15. Wahh service TBS emang ok. Mbak aku tuh punya serum sm bodybutternya TBS,tpi aku jarang bgt pake tiba aku lihat exp.08/15. Sekarang baru awal bulan 8,kira2 aku buang aja atau gimna ya? Soalnya mahal bgt serumnya,sayang dibuang. Hehehe

    ReplyDelete

Please kindly write your comment... Thanks in advance for comment ... wishes my blog inspire you... ^^ |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...